Home » Tips Wisata » Tips Cara Menawar Barang Saat Belanja Di Malioboro
Pedagang kaki lima Malioboro
Pedagang kaki lima di kawasan tempat wisata belanja murah Malioboro (foto : www.gopixpic.com)

Tips Cara Menawar Barang Saat Belanja Di Malioboro

Anekawisata.com – Jika Anda berbelanja di kawasan kaki lima Malioboro, maka Anda memerlukan tips cara menawar barang agar mendapatkan harga yang murah dan kualitasnya bagus. Apalagi jika buget Anda pas-pasan, maka tips cara menawar barang ini saya kira akan bermanfaat. Mendapatkan barang dengan harga murah dan kualitas bagus, akan menambah kepuasan Anda dalam wisata belanja di Maliobro. Berikut ini tips cara menawar barang yang perlu anda ketahui ketika belanja barang-barang souvenir dan oleh-oleh di Malioboro, khususnya di pedagang kaki lima.

1. Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Jawa

Tips cara menawar barang di Malioboro yang pertama adalah menggunakan bahasa Jawa saat menawar. Saat belanja di Malioboro, tentu anda akan berkomunikasi dengan para padagang kaki lima yang sebagian besar menggunakan bahasa Jawa. Bahasa saat tawar menawar barang sangatlah penting. Dengan menggunakan bahasa Jawa, maka anda bisa akrab dengan pedagang untuk tawar menawar.

Jangan gugup dan jangan terbata-bata saat Anda hendak menawar dengan bahasa Jawa. Berkomunikasilah dengan baik dan bersuara yang jelas saat negosiasi berlangsung. Hal ini juga akan memberikan suasana yang tenang. Dengan berkomunikasi secara baik, Anda akan menjalin hubungan yang baik pula kepada para pedagang. Lain waktu, jika Anda kembali ke tempat tersebut, bisa saja ada harga khusus untuk Anda. Namun, jika anda tidak bisa bahasa Jawa, maka anda perlu mencoba tips cara menawar barang yang kedua berikut.

2. Ajaklah Teman Asli Jogja

Mengajak teman asli jogja adalah tips cara menawar barang yang kedua untuk berbelanja ke pasar-pasar tradisional dan pedagang kaki lima di kawasan Malioboro. Jika Anda berbelanja sendirian, mungkin para pedagang tersebut akan mematok harga yang tinggi. Dengan mengajak teman asli jogja, Anda akan mendapat harga yang jauh lebih murah. Teman anda akan menawar dengan bahasa Jawa dan dapat membeli barang-barang incaran Anda dengan harga yang relatif murah.

3. Bersikap Ramah Kepada Pedagang

Bersikap ramah dan menghargai para pedagang merupakan tips cara menawar barang yang sering dilupakan oleh para wisatawan. Dengan bersikap ramah kepada para pedagang di Malioboro, berarti akan mendekatkan diri Anda kepada mereka. Siapa pun akan senang apabila ada orang lain yang bersikap ramah kepadanya. Bukan tidak mungkin, dari sinilah awal pertemanan Anda kepada teman baru.

4. Mencari Info Daftar Harga Barang Yang Akan Di Beli

Jangan sungkan mencari info melalui internet atau bertanya kepada orang yang sudah pernah membeli barang di Malioboro. Dengan bekal informasi awal tentang harga barang yang akan anda beli maka anda dapat leluasa saat tawar menawar dengan pedagang sehingga bisa mendapatkan harga yang relatif murah.

5. Menawar Barang Dengan Cara Bertingkat Dari Bawah

Tips cara menawar yang terakhir adalah menawar barang dengan cara bertingkat. Maksudnya tawarlah dengan harga sepertiga atau setengah dari harga yang ditawarkan pedagang kaki lima. Baru nanti kita tingkatkan tawarannya sedikit demi sedikit. Tentunya dengan bahasa yang ramah dan akrab akan mempermudah dalam proses menawar barang. Namun, tidak semua hargaanya bisa di tawar lho… Ada barang seperti kaos dengan harga pas. Semoga tips cara menawar barang yang telah disampaikan dapat membantu anda dalam berbelanja di tempat wisata murah Malioboro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>