Home » Wisata Asia » Tempat Wisata Di Palembang Untuk Libur Lebaran

Tempat Wisata Di Palembang Untuk Libur Lebaran

Tempat Wisata Di Palembang – Palembang di Sumatera Selatan, memiliki ragam potensi wisata. Ada banyak tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk dikunjungi saat libur lebaran. Bisa didatangi bareng keluarga atau teman-teman sebaya untuk seru-seruan bersama.

Palembang tak hanya identik dengan pempek saja. Bagi Anda yang pulang kampung ke Palembang, saatnya lebih mengenal objek wisata di Palembang yang keren. Dari Pulau Kemaro sampai Amanzi Waterpark. Kalau pulang kampung ke Palembang, jangan hanya berdiam diri di rumah. Menikmati wisata Palembang tentu akan memberi kesan tersendiri sekaligus mengobati rasa kangen akan kampung halaman.

Nah, seperti biasanya untuk mempermudah Anda dalam menyusuri aneka tempat wisata Palembang, Aneka Wisata telap menyiapkan daftar wisata di Palembang yang bisa Anda kunjungi saat mudik ke kota pempek ini. Dilansir dari detikTravel dan berbagai sumber, simak 6 tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran bersama keluarga dan teman dekat berikut.

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : indonesiabestplaces.wordpress.com)

Jembatan Ampera adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : indonesiabestplaces.wordpress.com)

Tepat di pusat Kota Palembang, terbentang suatu jembatan yang merupakan salah satu yang tersohor di Indonesia. Ini dia Jembatan Ampera yang sudah jadi ikon tempat wisata di Palembang bahkan Sumatera Selatan!

Sejarahnya, Jembatan Ampera dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno di tahun 1962. Jembatan ini membentang di atas Sungai Musi yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Untuk soal ukuran, panjangnya 1.117 meter, lebarnya mencapai 22 meter dan tingginya 63 meter.

Untuk menikmati panorama Jembatan Ampera, Anda bisa melihatnya dari Plaza Benteng Kuto Besak. Terlihat jelas, Jembatan Ampera yang gagah dan berwarna merah dan Sungai Musi yang luas.

Belum lagi saat malam hari tiba, Jembatan Ampera bakal terlihat makin cantik. Sekitar pukul 18.30 WIB, jembatannya akan bermandikan cahaya lampu yang menerangi tiang-tiang diatasnya dan ada warna kuning yang terpancar dari tali atau mungkin kabel di atas jembatannya. Serta, ada lampu tembak yang makin menambah elok pemandangan Jembatan Ampera.

Di sekitar Plaza Benteng Kuto Besak, Anda pun dapat berwisata kuliner. Aneka makanan khas Palembang seperti pempek atau tekwan mudah ditemukan di sana.

Satu lagi, cara untuk menikmati Jembatan Ampera adalah dengan naik perahu getek. Dengan kocek sekitar Rp 20 ribu saja, Anda dapat mengarungi Sungai Musi dan melihat Jembatan Ampera dari atas permukaan sungai. Apalagi saat melintasi bagian bawahnya!

2. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : travel.kompas.com)

Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : travel.kompas.com)

Dari Jembatan Ampera, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Kemaro. Suatu pulau yang berada tepat di tengah Sungai Musi, yang memiliki Vihara Hok Tjing Rio dan pagoda berwarna merah 9 lantai yang indah. Seperti sedang berada di Negeri Tiongkok saja.

Di sana pun, terdapat suatu pohon yang unik. Pohon ini lebih rendah dari pohon-pohon lainnya di Pulau Kemaro, serta memiliki banyak batang. Di pohon inilah tersimpan legenda cinta Tan Bun An dan Siti Fatimah yang menjadi asal usul Pulau Kemaro.

Untuk menuju tempat wisata di Palembang ini, Anda harus menyewa perahu getek yang berada di sekitar Plaza Benteng Kuto Besak. Biaya sewanya dari Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Makin banyak orang, makin murah sewa perahu geteknya.

Asyiknya, direkomendasikan datang ke Pulau Kemaro saat senja. Sebab dari dermaga kecil di sana, akan terlihat sunset alias matahari yang terbenam dengan latar Jembatan Ampera. Pemandangannya dijamin indah nian!

3. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : lemabang.wordpress.com)

Bukit Siguntang adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : lemabang.wordpress.com)

Palembang memang terkenal dengan cuaca yang panas. Tenang dulu, Anda masih bisa merasakan kesejukan di sana saat mampir ke Bukit Siguntang. Lokasinya ada di Kelurahan bukit lama, kecamatan Ilir Barat I. Bukit ini adalah puncak tertinggi di Palembang.

Pepohonan yang rimbun dan taman yang asri di sana, menjadi oase di tengah Kota Pelambang. Bahkan, di sana terdapat area rumah makan dan menara yang membuat Anda bisa melihat Kota Palembang dari ketinggian. Harga tiket masuk ke tempat wisata di Palembang ini juga murah, cuma sekitar Rp 5 ribu saja. Tapi selain untuk bersantai, rupanya Bukit Siguntang bukan sembarang bukit lho!

Bukit Siguntang ternyata merupakan komplek makam raja-raja Sriwijaya. Ada 7 makam di Bukit Siguntang, yaitu makan Raja Segentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Raja Baru Api, dan Panglima Jago Lawang. Yang paling terkenal, adalah makam Raja Segentar Alam yang diperkirakan pernah berkuasa di Kerajaan Sriwijaya pada abad ke 6-9.

Makam-makam di Bukit Siguntang pun terawat dengan bersih dan tiap makamnya berada dalam satu ruangan khusus. Biasanya, makam-makam tersebut ramai didatangi oleh orang-orang yang mau berwisata ziarah. Anda pun bisa mengenal lebih dekat sejarah Kerajaan Sriwijaya.

4. Museum Balaputra Dewa

Museum Balaputra Dewa adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : wikimapia.org)

Museum Balaputra Dewa adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : wikimapia.org)

Palembang punya Museum Balaputra Dewa yang beralamat di Jl Srijaya Negara I No 288. Museum ini menyimpan aneka peninggalan kerajaan Sriwijaya, dari arca sampai perkakas yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat Palembang zaman dulu. Satu hal yang paling menarik di sana adalah Rumah Limas!

Tahukah Anda, gambar Rumah Limas yang ada di pecahan uang Rp 10 ribu? Nah, rupanya Rumah Limas yang ada di gambar tersebut dipotret dari Rumah Limas di Museum Balaputra Dewa ini. Coba potret uang Rp 10 ribu yang bergambar Rumah Limas dengan yang aslinya di sana. Pasti, bentuknya mirip banget.

Rumah Limas di Museum Balaputra Dewa berumur 300 tahun dan masih terjaga keasliannya. Anda pun bisa masuk ke dalamnya, asal ditemani dengan pemandu setempat.

Bagian dalam Rumah Limas adalah ruang tamu, ruang tengah, dan beberapa kamar. Uniknya, di sana juga ada timbangan sebagai bukti kesetian pria dan wanita saat hendak menikah. Bahkan, perabotan seperti tempat tidur, meja dan kursinya masih asli. Tapi ingat, jangan menyentuhnya sembarangan ya.

Menariknya, Rumah Limas ini pernah didatangi oleh Ratu Beatrix dari Belanda dan Pangeran William ditahun 1993. Posisi Rumah Limasnya ada di bagian paling belakang museum. Sedangkan tiket masuk ke tempat wisata di Palembang ini sangat murah, tak sampai Rp 5 ribu.

5. Amanzi Waterpark

Amanzi Waterpark adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : kotawisataindonesia.com)

Amanzi Waterpark adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : kotawisataindonesia.com)

Mau main basah-basahan di Palembang? Datang saja ke tempat wisata di Palembang yang satu ini, yaitu Amanzi Waterpark. Lokasinya ada di kawasan Citra Grand City dengan jam buka dari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

Setiap wahana yang terdapat di Amanzi Waterpark menawarkan suasana yang berbeda. Bangunan utama Amanzi Waterpark dikonsep sebagai sebuah istana dari suku terpencil di pedalaman Afrika. Tampilannya bersifat megah tetapi juga menggemaskan dengan ornamen atap dari daun palem, patung ornament mamut, dan gorila.

Total, terdapat 7 wahana di sana yakni Kolam arus River Nile, Kilimanjaro Tower, The Cyclone, The Velocity, The Raft, The Falls dan Zimba & Cora. River Nile menjadi yang paling favorit di sana karena merupakan Kolam arus sepanjang 500 meter yang dianalogikan sebagai Sungai Nil yang mengalir sepanjang Afrika dan melewati hutan-hutan.

Bagi yang senang dengan tantangan dan ingin merasakan sensasi yang menegangkan, Anda dapat meluncur di wahana The Cyclone yang bentuk luncurannya spiral seperti tornado. Anda akan memakai ban saat meluncur dari ketinggian 15 meter!

Tiket masuk ke Amanzi Waterpark sebesar Rp 50.000 untuk hari Senin sampai Jumat, Rp 75.000 saat hari Sabtu dan Rp 100.000 saat hari Minggu dan hari libur nasional. Ayo, ajak keluarga untuk bermain air!

6. Agrowisata Bina Darma

Agrowisata Bina Darma adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : tekno.kompas.com)

Agrowisata Bina Darma adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : tekno.kompas.com)

Ingin liburan dengan tema ‘kembali ke alam’ di Palembang, maka Agrowisata Bina Darma adalah tempatnya. Lokasi tempat wisata di Palembang ini berada di Jl Raya Palembang-Indralaya, Km 26.

Udara yang sejuk jadi suguhan pertama yang akan Anda rasakan. Terang saja, tempat ini jauh dari pusat kota dan dipenuhi pepohonan. Yang tambah asyik, terdapat aneka wahana permainan untuk buah hati. Ada bebek air, kolam pancing, kolam tangkap ikan, ATV dan naik kuda.

Bukan cuma itu, buah hati juga bisa diajarkan cara bercocok taman. Ini karena Agrowisata Bina Darma juga menyediakan fasilitas bermain bajak sawah.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, dikenai biaya masuk yang relatif murah. Tiket masuknya sebesar Rp 10.000 per orang. Kamu yang membawa kendaraan, juga akan dikenakan biaya tambahan, yaitu Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 2.000 untuk motor.

Agar pengunjung yang datang bisa menikmati banyak permainan, Agrowisata Bina Darma menyediakan tiket terusan seharga Rp 30.000. Dengan membayar sejumlah itu, wisatawan bisa langsung menikmati 6 jenis permainan. Benar-benar asyik dan seru menikmati tempat wisata di Palembang, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>