Home » Wisata Australia » Tempat Wisata Di Australia Sydney Fish Market
Ilustrasi Sydney Fish Market, tempat wisata di Australia khusus ikan dan seafood (foto : restaurant.australia.com)
Ilustrasi Sydney Fish Market, tempat wisata di Australia khusus ikan dan seafood (foto : restaurant.australia.com)

Tempat Wisata Di Australia Sydney Fish Market

Anekawisata.com – Salah satu tempat wisata di Australia yang seru untuk di kunjungi adalah Sydney Fish Market. Liburan ke Australia tak lengkap rasanya bila belum mampir ke Sydney Fish Market, pasar ikan terbesar di Australia. Pasar ikan ini menyajikan sari laut segar dari lautan Australia dan dipasok dari luar negeri. Sydney Fish Market adalah salah satu tempat wisata paling populer di Sydney, menarik jutaan wisatawan, pencinta makanan, dan warga lokal setiap tahun. Dilansir dari laman resmi Restaurant Australia, simak info wisata tentang Sydney Fish Market salah satu tempat wisata di Australia yang asyik, seru dan maknyus untuk kuliner seafood.

Lokasi Tempat Wisata Sydney Fish Market

Lokasi tempat wisata di Australia ini terletak di belakang Darling Harbour yang ikonik. Sydney Fish Market, yang awalnya didirikan oleh Pemerintah NSW pada tahun 1945, membanggakan diri sebagai pusat keunggulan sari laut, sebagai tujuan utama untuk membeli dan menjual sari laut paling segar di Sydney.

Sekilas Gambaran Tempat Wisata Sydney Fish Market

Sydney Fish Market merupakan pasar yang memasok hasil bumi ke restoran-restoran terbaik di Sydney, dan juga berdagang langsung dengan masyarakat umum. Berhentilah di salah satu restoran di pasar ini untuk bersantap atau memilih pasokan dan bahan-bahan makanan dari salah satu dari enam toko ritel sari laut, pasar buah, dan sayuran, toko roti, kedai sushi, atau gerai makanan. Baunya mungkin sedikit menyengat, tetapi sangat layak dikunjungi!

Kunjungan ke Sydney Fish Market memberi Anda kesempatan untuk mengalami sendiri keriuhan dan kegembiraan pasar ikan autentik. Kegiatan di pasar ini dimulai pukul 5.30 pagi, dengan puluhan pembeli sari laut datang untuk mengamati tangkapan hari itu demi mempersiapkan diri dalam lelang. Pasar ini memperdagangkan lebih dari 14.500 ton sari laut setiap tahunnya, dengan hingga 100 spesies sari laut Australia yang berkelanjutan diperdagangkan setiap hari.

Ilustrasi wisatawan membeli ikan di Sydney Fish Market (foto : sydneyfishmarket.com.au)

Ilustrasi wisatawan membeli ikan di Sydney Fish Market, tempat wisata seafood terbesar di Australia (foto : sydneyfishmarket.com.au)

Jika Anda ingin mengetahui tentang cara kerja industri sari laut Australia untuk memastikan keberlanjutan sari laut di piring Anda, atau ingin tahu dari mana restoran terbaik di Australia mendapatkan sari laut paling segar, tur di balik layar Sydney Fish Market layak diikuti. Diadakan setiap hari kerja kecuali Selasa, tur ini meliputi berkeliling di lantai lelang dan melihat lebih dari 100 spesies sari laut. Anda juga dapat menyaksikan Sydney Rock Oyster dikupas di depan Anda, sebelum membeli beberapa tiram untuk dinikmati di meja yang menghadap lautan di tepi Blackwattle Bay.

Sekitar 20.000 kg sari laut dijual setiap jam dalam lelang Sydney Fish Market. Ini sama dengan rata-rata 50 ton sari laut segar, 2.700 peti, diperdagangkan setiap hari. Sari laut dipasok dari nelayan, koperasi, bisnis perikanan, dan tambak akuakultur di Australia, Selandia Baru, dan Asia-Pasifik.

Hasil bumi dijual melalui model lelang ‘terbalik’ yang meniru sistem yang telah digunakan untuk menjual bunga tulip di Amsterdam selama lebih dari 130 tahun. Sejak tahun 2001, pasar ini juga memperdagangkan sari laut melalui sistem perdagangan sari laut online, SFMlive. Lebih dari 100 spesies tersedia bagi pembeli setiap hari.

Sydney Seafood School

Ilustrasi pelajar sedang praktek memasak seafood di Sydney Seafood School, Australia (foto : sydneyfishmarket.com.au)

Ilustrasi pelajar sedang praktek memasak seafood di Sydney Seafood School, Australia (foto : sydneyfishmarket.com.au)

Dengan sari laut segar melimpah yang melewati pasar setiap hari, dan beberapa chef terbaik Australia mengantri untuk membelinya, tidak heran Sydney Fish Market memanfaatkan sumber daya mereka dan membuka sekolah masak. Itulah yang mereka lakukan pada tahun 1989, dan sejak itu, Sydney Seafood School memainkan peran penting dalam mendorong warga Sydney untuk mengonsumsi lebih banyak ikan.

Lebih dari 13.000 orang belajar segala hal tentang sari laut dalam serangkaian kelas memasak setiap tahunnya. Kelas-kelas ini dirancang untuk semua tingkat keahlian, dimulai dengan pelajaran membuat paella yang penuh citarasa atau tumisan sederhana, hingga sajian yang lebih kompleks di bawah pengawasan para chef terkemuka. Sekian sekilas info wisata tentang Sydney Fish Market, tempat wisata di Australia yang akan memanjakan Anda makan kuliner ikan atau seafood, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>