Home » Wisata Asia » 16 Spot Foto Keren Di Kota Lama Semarang Yang Bagus Dan Hits

16 Spot Foto Keren Di Kota Lama Semarang Yang Bagus Dan Hits

Spot Foto Di Kota Lama – Inilah daftar tempat hunting dan spot foto keren di Kota Lama Semarang yang paling bagus serta lagi hits. Lengkap dengan gambar atau foto. Trend fotografi saat ini memang lagi ngetrend dikalanagan para traveler muda. Apalagi yang hoby mainan media sosial seperti instagram, tentu akan selalu mencari tempa terbaik untuk berfoto.

Seperti halnya kawasan wisata Kota Tua Jakarta yang dipenuhi dengan bangunan kolonial Belanda, Kota Lama Semarang Jawa Tengah pun demikian adanya. Aneka bangunan kuno dengan arsitektur megah khas jaman dulu menghiasi setiap sudut kota ini.

Keberadaan bangunan tersebut membuat kota yang mendapat julukan Little Netherland ini menjadi lokasi favorit berfoto bagi wisatawan yang liburan ke Semarang. Kesan vintage dan nuansa jadul tentu saja menjadi daya tarik utama untuk narsis atau selfie disini.

Kota Lama juga sering digunakan untuk tempat prewedding dan foto akhir tahun sekolah-sekolah di Semarang. Nah, kira-kira dimana saja ya, lokasi foto yang bagus dan keren disini? Yuk, simak ulasan reviewnya berikut ini!

Daftar Spot Foto Keren Di Kota Lama Semarang Yang Paling Bagus Dan Lagi Hits

1. Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum (Foto : IG @oldcity3d)

Old City 3D Trick Art Museum merupakan tempat wisata di Semarang terbaru yang asik buat narsis atau selfie. Disini, Anda dapat berfoto dengan lebih dari 100 latar di empat ruangan. Ratusan foto tersebut bertemakan banguan khas Semarang, budaya Semarang, tokoh nasional hingga dunia, dan beberapa karakter dalam film layar lebar dunia.

Ratusan latar foto tersebut dapat menghasilkan gambar tiga dimensi, terlebih jika Anda mengambilnya dari sudut yang benar. Sehingga, di sini benar-benar mengasah kreativitas Anda untuk berselfie ria. Jangan lupa nyobain wahana terbaru “Omah Kwalik” (baca : rumah terbalik) yang lagi trend saat ini.

Mulai buka pada pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, wisatawan dikenakan tiket masuk Rp 40.000. Lokasinya hanya berjarak sekitar 50 meter dari Gereja Blenduk dan Taman Srigunting. Alamat lengkapnya terletak di Jl. Letjen Suprapto No.26, Tj. Mas, Semarang Utara.

2. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk (Foto : dregenbogen.blogspot.co.id)

Ini dia ikonnya Kota Lama Semarang, namanya Gereja Blenduk. Gereja ini memiliki bentuk atap yang unik, yaitu berupa kubah yang menyerupai kubah St Peters Basilica di Roma. Lokasinya berada di pusat Kota Lama, persisnya di sisi selatan Taman Srigunting.

Gereja ini sebenarnya bernama Gereja GPIB Immanuel, namun lebih dikenal dengan sebutan Gereja Blenduk. Bangunan dengan luas 400 meter persegi ini termasuk salah satu gereja tertua di Jawa Tengah.

Daya tarik gereja ini tentu saja pada arsitektur gedungnya yang bernuansa vintage khas kolonial. Tak heran jika tempat ini menjadi incaran wisatawan untuk berfoto. Sampai saat ini, gereja ini masih digunakan untuk kegiatan keagamaan secara normal.

3. Taman Srigunting

Taman Srigunting

Taman Srigunting (Foto : seputarsemarang.com)

Spot foto yang satu ini lokasinya tak jauh dari Gereja Blenduk, namanya Taman Srigunting. Bisa dibilang taman ini menjadi objek wisata di Kota Lama yang lagi hits dikalangan traveler muda.

Taman Srigunting sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya berbagai komunitas di Semarang. Taman Srigunting sungguh enak dipandang. Taman ini terlihat bersih dan asri dengan pepohonan rindang di sekelilingnya. Kotak sampah organik dan non organik juga terlihat di beberapa titik taman.

Selain menyuguhkan arsitektur unik dengan jembatan dan pepohonan rindangnya, Taman Srigunting juga menawarkan makanan yang enak. Di sekeliling taman banyak pedagang yang menjual jajanan, seperti gorengan, bakso, aneka minuman dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, saat Ramadhan tiba, taman ini menjadi salah satu tempat ngabuburit di Semarang yang ramai dikunjungi warga. Untuk menuju Taman Srigunting, Anda bisa naik bus Trans Semarang dan turun langsung di halte yang ada di Kota Lama. Taman Srigunting bisa dikunjungi setiap hari, dan asyiknya lagi gratis lho!

4. Gedung Tua Berakar

Gedung Tua Berakar

Gedung Tua Berakar (Foto : jateng.tribunnews.com)

Gudung ini lokasinya di sebelah selatan Taman Garuda, sekitar 60 meter dari Gereja Blenduk. Di beberapa sisi dari tembok bangunan ini dihiasi akar-akar pohon, mirip dengan rumah akar di Kota Tua Jakarta.

Beberapa lapisan temboknya terkelupas.Tiga pintu besar di bangunan ini terkunci rapat dengan model kusen khas bangunan Belanda. Pas banget deh buat latar foto dengan tema urbex atau jadul.

5. Jendela Akar

Jendela Akar

Jendela Akar (Foto : jateng.tribunnews.com)

Jendela Akar akhir-akhir ini sedang viral di media sosial Instagram. Katanya seh spot foto keren ini hanya ada di Kota Lama Semarang, limited edition kali ya? Hehe. Tembok terkelupas, jendela besar, dan akar pohon yang mencengkeram tembok menjadi kekhasannya.

Lokasinya di Jalan Kepodang, tak jauh dari Gereja Blenduk. Konon kabarnya, pada mulanya, jalan ini menjadi lokasi jual beli ayam dan sabung ayam. Setelah ditertibkan, sekarang menjadi tempat favorit untuk berfoto.

6. Stasiun Tawang

Stasiun Tawang

Stasiun Tawang (Foto : klikhotel.com)

Arsitektur Stasiun Tawang yang bertema Indische menjadikan bangunannya tampak instagenic bila diabadikan dengan lensa kamera Anda. Stasiun yang menjadi saksi sejarah Kota Lama ini dibangun oleh seorang arsitektur berkebangsaan Belanda yang bernama JP de Bordes.

Proses pembangunannya sendiri memerlukan waktu sekitar 6 tahun mulai dari 16 Juni 1864 – 10 Februari 1870. Setelah selesai dibangun, stasiun ini lalu diresmikan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Baron Sloet Van de Beele untuk menggantikan stasiun sebelumnya.

7. Area Tengah Kota Lama

Kawasan Kota Lama Semarang

Ilustrasi spot foto di area tengah kawasan Kota Lama Semarang (Foto : indonesiawow.com)

Selain Gereja Blenduk, area tengah Kota Lama juga menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto. Kawasan tengah Kota Lama Semarang meliputi area perempatan jalan antara Jalan Garuda, Jalan Glatik, dan Jalan Jenderal Soeprapto.

Di kawasan tengah ini, suasananya cukup ramai dan lumayan bersih sehingga nyaman untuk aktivitas atau sekedar bersantai. Disini Anda dapat berkeliling taman atau duduk-duduk di bangku yang sudah disediakan di sekitar taman.

Suasana di persimpangan ini cukup mempesona, terutama di malam hari dengan banyaknya lampu menerangi sudut-sudut jalan. Boleh dibilang, inilah spot yang tepat untuk berfoto sekaligus mengabadikan memori kenangan di Kota Lama.

Oya, bila Anda berkunjung kesini, jangan sampai melewatkan aneka kuliner enak Semarang yang dijual di oleh pedagang seperti nasi bungkus (Sego Kucing), nasi goreng, ikan bakar Cianjur, serta sejumlah menu nusantara lainnya.

8. Polder Air Tawang

Polder Air Tawang

Ilustrasi Polder Air Tawang (Foto : hellosemarang.com)

Setelah direnovasi beberapa kali, kini Polder Air Tawang menjadi salah satu spot foto yang bagus di Kota Lama. Narsis dengan background Polder Air Tawang menjadi aktivitas yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Tempat ini sebenarnya dibangun sebagai pusat pembuangan air di berbagai kawasan sekitar Stasiun Tawang yang kemudian dialirkan menuju laut. Tentu saja kondisi sekarang jauh lebih cantik dan indah bila dibandingkan sebelum ada perbaikan.

9. Pasar Klitikan Kota Lama

Pasar Klitikan Kota Lama

Pasar Klitikan Kota Lama (Foto : Tribun jateng/Hermawan Handaka)

Hampir di setiap kota punya pasar yang khusus menjual belikan barang-barang bekas, tak kecuali Kota Tua Semarang. Disini ada Pasar Klitikan yang menjajakan aneka benda antik yang unik dan langka.

Selain belanja, aktivitas yang bisa dilakukan di pasar ini adalah berfoto dengan koleksi barang-barang antik yang ada disini. Anda dapat narsis atau selfie bersama mobil antik, senjata perang, mesin TIK, hingga hiasan dinding kuno.

Begitu datang kesini, Anda akan disambut oleh deretan mobil tua seperti Holden dan Volkswagen. Pas banget deh buat hunting foto bertema vintage atau pun retro.

10. Pabrik Rokok Praoe Lajar

Pabrik Rokok Praoe Lajar

Pabrik Rokok Praoe Lajar (Foto : dellanaarievta.com)

Spot foto yang tak kalah bagus adalah Pabrik Rokok Praoe Lajar yang berlokasi di kawasan Polder, tepatnya di Jl. Merak kawasan Kota Lama Semarang. Gedung tua bernuansa kolonial Belanda ini cukup menarik untuk dijadikan latar foto Anda.

11. Aneka Cafe Unik Dan Antik

Retro-Cafe

Retro Cafe (Foto : sovialida.blogspot.com)

Di Kota Lama Semarang, Anda akan banyak menemukan cafe unik yang menggunakan bangunan otentik. Beberapa bangunan tersebut dulunya perkantoran hingga hotel yang kemudian disulap menjadi sebuah cafe yang cantik.

Setiap cafe biasanya memamerkan koleksi barang-barang antik, peninggalan bangunan-bangunan bersejarah tersebut. Wisatawan pun dapat menikmati kuliner sambil berfoto ria. Bagi Anda yang sedang mencari tempat nongkrong asik di Semarang bisa mengunjungi cafe-cafe disini.

Setidaknya ada lima kafe yang dapat dipilih sebagai rekomendasi bersantai menikmati kuliner sambil berfoto dengan nuansa kolonial di Kota Lama, di antaranya ialah Spigel, Retro Cafe, Nuris Cafe, Marabunta Cafe, dan Tekodeko.

12. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery (Foto : tabloidsimpang5.com)

Anda penyuka seni? Kalau iya, ajib deh rasanya hunting foto di Semarang Contemporary Art Gallery. Disini Anda akan menemukan puluhan karya seni dari mulai kriya, lukis, foto, patung dan masih banyak lagi karya seniman Indonesia maupun luar.

Bangunan yang berdiri di sisi belakang Taman Srigunting ini memiliki gaya arsitektur kolonial, dengan ciri khas pintu dan atap bangunan yang menjulang tinggi. Anda dapat berfoto dengan berlatarkan karya seni yang dipamerkan dan arsitektur asli bangunan yang khas.

Asyiknya lagi, di galeri ini, karya seni yang dipamerkan selalu berganti tema dalam jangka waktu tertentu. Mulai koleksi asli galeri tersebut, acara pameran tematik atau jenis karya tertentu, hingga pameran yang diselenggarakan komunitas atau penggiat seni tertentu.

Harga tiket masuknya cukup murah kok, hanya sekitar Rp 10.000,- per orang. Dengan tiket tersebut Anda tentu akan puas berkeliling dan foto selfie di dua lantai, pameran, ruang tengah, dan taman galeri.

13. Masjid Layur

Masjid Layur

Masjid Layur (Foto : exploresemarang.com)

Ini dia spot foto keren di Kota Lama yang bernuansa religi, yaitu Masjid Layur atau yang sering disebut Masjid Menara Kampung Melayu. Lokasinya berada di Jl Layur, Semarang. Masjid ini dibangun pada tahun 1802 oleh ulama Arab Hadramaut (Yaman). Wow, sudah tua banget kan usianya?

Bangunan masjid terdiri dari dua lantai dengan atap berbentuk meru (gaya Demak). Sementara gaya arsitektur timur tengah tampak pada menara di depan pintu masjid. Dilihat secara sekilas, arsitektur dari Masjid Layur menggunakan perpaduan tiga kebudayaan, yaitu: Jawa, Melayu, dan Arab.

Tak hanya bangunannya yang unik, masjid ini juga menyimpan bukti-bukti sejarah seperti kitab-kitab kuno dalam tulisan Arab asli yang konon dibawa oleh para habib untuk menyebarkan agama Islam di Semarang sekitar pada abad 18.

14. PT Perkebunan XV

PT Perkebunan XV

PT Perkebunan XV (Foto : klikhotel.com)

PT Perkebunan XV resmi dibuka pada tahun 1888 untuk pemenuhan kebutuhan sistem tanam paksa. Di tahun 2012 mulai diadakan sistem konservasi pada bekas bangunan PT Perkebunan XV.

Bangunan perusahaan ini sudah berdiri sejak abad ke-19 dan memiliki gaya arsitektur khas Eropa dengan dua buah menara di sisi kiri dan kanan bangunan. Arsitektur khas Eropanya diperkuat dengan ornamen lengkung pada setiap bukaan bangunan.

Bangunan tersebut diberi nama NV Cultuur Maatschapipij Der Vorstenlanden, yaitu sebuah perusahaan milik pemerintahan Belanda yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan. Jika Anda tertarik untuk berfoto dengan latar bangunan PT Perkebunan XV, datang saja ke Jl. Empu Tantular No.5, Kota Lama, Semarang.

15. Gedung Marabunta

Gedung Marabunta

Gedung Marabunta (Foto : seputarsemarang.com)

Anda mungkin akan dengan mudah menemukan Gedung Marabunta karena bangunan vintage ini memiliki keunikan yang khas banget berupa patung semut merah raksasa di atapnya. Jika Anda memasuki gedung ini, maka keunikan lain akan bisa ditemukan yaitu langit-langitnya mirip lambung kapal dibalik.

Nama asli Gedung Marabunta adalah Komedi Stadschouwburg dan diperkirakan berdiri sejak tahun 1854. Pada zaman dulu, gedung ini menjadi tempat pertunjukan drama, tari, dan musik yang diadakan rutin sebulan sekali. Bahkan, spionase terkenal Mata Hari pernah pentas di Gedung Marabunta.

Nah, pada tahun 1994, Gedung Marabunta roboh. Gedung Marabunta didirikan kembali pada tahun 1995 oleh Yayasan Rumpun Diponegoro. Jika Anda ingin hunting foto di Gedung Marabunta, bisa datang ke Jl. Cendrawasih 23, Kota Lama, Semarang.

16. Gedung Marba

Gedung Marba

Gedung Marba (Foto : semarangkota.com)

Nah, kalau spot foto yang satu ini sering banget lho dijadikan sebagai lokasi shooting film dan tempat hunting favorit fotografer. Namanya adalah Gedung Marba yang terletak di Jalan Let. Jend. Suprapto No 33 Kota Lama Semarang.

Apa seh daya tarik Gedung Marba ini? Dengan warna merah marun, Gedung Marba berhasil menarik perhatian para penyuka fotografi. Mungkin bisa dibilang sama eksotisnya dengan Toko Merah di Kota Tua Jakarta.

Menurut info yang saya terima, Gedung Marba dibangun pada pertengahan abad ke-19 dan diprakarsai oleh Marta Badjunet, seorang saudagar kaya dari Yaman. Karena jasanya itulah, gedung ini dinamai Gedung Marba yang merupakan singkatan dari nama Marta Badjunet.

Dahulu kala ketika awal-wal pembangunannya, Gedung Marba digunakan sebagai kantor usaha pelayaran, dan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). Digunakan juga untuk toko modern De Zeikel. Namun, saat ini Gedung Marba hanya difungsikan sebagai gudang.

Demikianlah info singkat dari saya tentang beberapa tempat hunting foto yang bagus dan keren di Kota Lama Semarang, semoga bermanfaat. Bila sobat traveler punya informasi spot foto terbaru, bisa disampaikan melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>