Home » Wisata Asia » Daftar Tempat Wisata Di Bogor Yang Dekat Dengan Stasiun

Daftar Tempat Wisata Di Bogor Yang Dekat Dengan Stasiun

Tempat Wisata Di Bogor Dekat Stasiun – Ini dia daftar tempat wisata di Bogor yang dekat dengan stasiun. Wisata Bogor yang dekat dengan stasiun bisa menjadi alternatif wisata singkat dan murah di Bogor. Kota Bogor termasuk salah satu destinasi wisata favorit wisatawan khususnya dari Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan. Tak heran, tempat wisata di Bogor lokasinya mudah dijangkau dan punya banyak objek wisata untuk melepas penat.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menyambangi Bogor menggunakan bus atau kereta komuter. Mudah dan murah! Ingin menjauh dari hiruk pikuk Kota Jakarta, tapi tak punya banyak waktu liburan? Jangan kuatir, Kota Bogor bisa jadi eskapisme bagi Anda yang padat rutinitas. Cuma butuh 1 hari, pikiran dijamin kembali segar! Yuk, simak rekomendasi daftar tempat wisata di Bogor yang dekat dengan stasiun berikut ini. Setidaknya ada 8 wisata Bogor yang dapat Anda nikmati saat liburan dekat dengan stasiun Bogor.

Tempat Wisata Di Bogor Yang Dekat Dengan Stasiun

1. Soto Mie Bogor Dan Toge Goreng Pasar Anyar atau Jembatan Merah

Toge-Goreng

Toge Goreng (Foto : kuntawidjaya, flickr.com)

Jika Anda dari Jakarta, berangkatlah pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB, menggunakan kereta komuter dari stasiun-stasiun di Jakarta. Harga karcisnya Rp 3.500 untuk kelas ekonomi dan Rp 9.000 untuk komuter AC. Tiba di Stasiun Bogor pukul 08.00 WIB, jangan dulu beranjak menjauh.

Sebelum menikmati aneka tempat wisata di Bogor yang dekat dengan stasiun lainnya, luangkanlah waktu untuk sarapan soto mie Bogor atau toge goreng di sekitar stasiun, karena pedagang di depan stasiun sudah dibersihkan. Jalanlah ke Pasar Anyar atau Jembatan Merah untuk mencari makanan ini. Soto mie dan toge goreng ini terkenal sangat nikmat, harganya pun murah yakni Rp 7.000 per porsi.

Tauge Goreng atau Toge Goreng termasuk salah satu makanan khas Bogor. Meskipun namanya toge goreng, sebenarnya toge yang disajikan tidak benar-benar digoreng. Toge hanya direbus dengan sedikit air di atas nampan bulat dari besi. Setelah setengah matang, tauge disajikan bersama mi kuning, tahu goreng, dan lontong lalu disiram dengan kuah tauco, oncom, dan bumbu lainnya.

2. Istana Bogor

Istana Bogor

Istana Bogor (Foto : yupegi.com)

Tempat wisata di Bogor yang dekat dengan stasiun berikutnya adalah Istana Bogor. Sesudah perut Anda terisi dengan makanan khas toge goreng, saatnya berjalan kaki sekitar 300 meter menuju pagar Istana Bogor di Jl Ir H Juanda berdekatan dengan Kebun Raya Bogor. Di pagar istana ini, Anda bisa langsung memberi makan rusa istana! Ada beberapa orang yang menjual wortel, tapi pasti lebih asyik kalau membawa wortel sendiri dari rumah.

Istana Bogor menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang cukup favorit. Selain lokasinya dekat dengan stasiun, objek wisata di Bogor ini mempunyai nilai sejarah dan bisa menambah pengetahuan umum bagi para wisatawan yang datang. Di Istana Bogor akan ada banyak benda seni, baik yang berupa patung, lukisan, keramik dan benda seni lainnya. Kurang lebih ada 448 buah lukisan serta 216 buah patung yang ada di Istana Bogor ini. Pada masa penjajahan Belanda, awalnya istana ini bernama Istana Buitenzorg.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Alam Di Bogor Dan Sekitarnya Yang Hits

3. Kebun Raya Bogor

Kebun-Raya-Bogor

Kebun Raya Bogor (Foto : eibidiei.wordpress.com)

Puas memberi makan rusa, dan menikmati keindahan Istana Bogor, saatnya menuju ke Kebun Raya Bogor yang lokasinya juga dekat dengan stasiun. Untuk menuju ke tempat wisata Bogor ini, Anda dapat mencegat angkot nomor 02 untuk turun di depan pintu masuk Kebun Raya Bogor (KRB).

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah sekitar Rp 14.000,- per orang. Harga tiket masuk bisa berubah lho ya! Anda bisa menjelajahi kebun yang asri ini dan berfoto-foto di dalamnya. Nikmatilah oksigen bersih yang mengalir ke paru-paru Anda.

Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botani dengan luas lebih dari 85 hektar dan mempunyai koleksi tumbuhan sebanyak lebih dari 15,000 tumbuhan. Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata di Bogor yang paling cocok untuk berpiknik, sehingga tidak aneh apabila pada akhir pekan Kebun Raya Bogor penuh dengan pengunjung.

4. Kelenteng Ho Tek Bio Bogor

Kelenteng Ho Tek Bio Bogor

Kelenteng Ho Tek Bio Bogor (Foto : Ben K.C. Laksana, naskahkita.wordpress.com)

Kelenteng Hok Tek Bio Bogor atau Vihara Dhanagun merupakan salah satu kelenteng tertua di Kota Bogor. Kelenteng ini termasuk tempat wisata di Bogor yang letaknya tidak terlalu jauh dari stasiun alias dekat dengan stasiun.

Kelenteng yang terletak di Jl Suryakencana No 1, Bogor ini, diperkirakan usianya sudah lebih dari 3 abad, dibangun oleh warga Tionghoa yang berprofesi sebagai pedagang. Tahun 1960 bangunan kelenteng mulai dipugar dan dirawat hingga berdiri megah tepat di sebelah Pasar Bogor. Tak lepas dari berbagai filosofi bangunan, banyak sekali cerita yang tersimpan dari halaman depan hingga dalam ruangan tempat beribadah.

Yang namanya kelenteng pasti identik dengan nuansa merah dan emas, patung dewa-dewi, patung singa, patung naga, sesaji, pohon bambu, lukisan matahari, bau-bauan hio, dan lainnya. Saat pertama memasuki halaman kelenteng, bau hio sudah mulai menyengat di hidung.

Wisatawan akan disambut dua patung singa bercat emas yang duduk di sisi kanan dan kiri yang bersanding dengan dua tungku pembakaran hio, tepat di pintu masuk kelenteng. Di halaman kelenteng juga ditanami pohon bambu yang menyejukkan kelenteng.

Anda juga bisa menjajal street food di Gang Aut yang tak jauh dari kelenteng. Street food martabak, serabi, asinan, lumpia basah, sagu, bakso, dan aneka street food unik lain. Lengkap dan lezat! Tapi ingat ya, carilah makanan yang halal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>