Home » Wisata Asia » Wisata Indonesia » Wisata Aceh » Daftar Tempat Wisata Di Banda Aceh Yang Mempesona
  • Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

    Masjid Raya Baiturrahman merupakan tempat wisata di Banda Aceh yang paling terkenal (diambil dari : http://kfk.kompas.com/)

  • Museum Tsunami Aceh

    Museum Tsunami Aceh merupakan salah satu tempat wisata gratis di Banda Aceh (diambil dari : http://tempat.net/)

  • Kapal PLTD Apung Lampulo

    Kapal PLTD Apung Lampulo merupakan tempat wisata sejarah dari tragedi tsunami di Banda Aceh (diambil dari : bandaacehtourism.com)

  • Taman Putroe Phang, Banda Aceh

    Taman Putroe Phang, sebuah taman cantik dan asri tanda cinta dari Sultan Iskandar Muda kepada istrinya ini berada di Jl Teuku Umar, Banda Aceh (diambil dari : http://ippmaacehmalang.files.wordpress.com/)

  • Tempat Wisata Pantai Lhoknga, Banda Aceh

    Tempat wisata pantai Lhoknga, Banda Aceh menjadi salah satu favorit pecinta surfing (diambil dari : http://travel.detik.com/)

  • Tempat Wisata Pantai Lampuuk, Banda Aceh

    Tempat wisata pantai Lampuuk yang dikenal sebagai Kuta-nya Aceh (diambil dari : okezone.com)

Daftar Tempat Wisata Di Banda Aceh Yang Mempesona

Anekawisata.com – Banda aceh mempunyai tempat wisata yang mempesona untuk dikunjungi. Berikut ini daftar tempat wisata di Banda Aceh yang bisa menjadi alternatif liburan Anda. Dari pantai cantik, museum, masjid keren, semua bisa Anda kunjungi dalam sehari. Mulai dari ke Masjid Baiturrahman hingga ke Pantai Lampuuk, banyak sekali tempat wisata seru yang bisa dinikmati di Banda Aceh.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Berwisata ke Banda Aceh, tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini merupakan tempat wisata di Banda Aceh yang paling terkenal. Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi saksi bisu tsunami Aceh. Ini adalah salah satu masjid yang masih berdiri kokoh saat air bah menyapu Serambi Mekkah.

Berada di pusat kota, masjid ini bisa didatangi kapan saja. Namun paling menarik saat menjelang ibadah shalat. Karena suasana berubah jadi hidup dan atmosfer yang tercipta pun berbeda. Saking terkenalnya, tak hanya wisatawan dalam negeri saja yang datang ke sini, tetapi juga banyak wisatawan luar negeri yang mendatangi tempat ini. Bagi Anda yang berkunjung ke masjid ini, jangan lupa mengenakan pakaian sopan menutup aurat saat memasuki area masjid.

2. Museum Tsunami Aceh

Tempat wisata di Banda Aceh selanjutnya adalah Museum Tsunami Aceh. Museum ini berada di Jl Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Buka dari pukul 10.00-12.00 dan 15.00-17.00 WIB, dari hari Senin sampai Minggu, kecuali hari Jumat. Museum rancangan Ridwan Kamil ini menggabungkan antara Rumah Aceh dengan konsep escape building hill.

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata gratis di Banda Aceh karena tidak dikenai biaya untuk tiket masuk. Wisatawan yang datang ke sini bisa melihat lebih dekat bagaimana tragedi tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004 silam. Banyak pengunjung yang mengaku terpukau sampai merinding saat menjelajahi museum ini.

3. Kapal PLTD Apung Lampulo

Jika Anda berkunjung ke Banda Aceh, jangan lupa mampir ke Desa Wisata Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Desa ini menjadi salah satu tempat wisata di Banda Aceh yang menarik untuk dikunjungi karena ada kapal yang berdiri di atas rumah penduduk.

Kapal ini bukan sengaja ditaruh seperti itu, akan tetapi kapal ini merupakan bukti sejarah dari tragedi tsunami. Sebuah kapal besar bisa tersangkut di atas rumah penduduk. Kini rumah dan kapal tersebut sudah jadi objek wisata sejarah yang dijaga dengan baik. Bahkan, ada informasi lengkap di bagian depan yang bisa dibaca oleh wisatawan yang datang.

4. Taman Putroe Phang

Setelah menikmati tempat wisata di Banda Aceh yang berupa bangunan dan benda-benda sejarah tsunami, maka saatnya melihat keindahan alam Banda Aceh. Anda bisa menikmati taman cantik bernama Taman Putroe Phang. Taman tanda cinta dari Sultan Iskandar Muda kepada istrinya ini berada di Jl Teuku Umar, Banda Aceh.

Di dalamnya, terdapat taman cantik nan asri yang bisa disusuri wisatwan. Warna bangunan yang putih berpadu dengan rerumputan dan pepohonan yang hijau. Sungguh pemandangan yang segar. Saat malam tiba, taman ini dipenuhi pengunjung muda-mudi, apalagi saat malam Minggu.

5. Pantai Lhok Nga

Saat pagi hari tiba, saatnya Anda menikmati tempat wisata pantai di Banda Aceh. Salah satu tempat wisata yang dapat Anda kunjungi adalah pantai Lhok Nga. Pantai ini menjadi incaran banyak peselancar lantaran ombaknya yang tinggi.

Jadi meski masih pagi, jangan heran jika sudah banyak orang yang menenteng papan selancar. Pantai ini berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Banda Aceh. Hanya sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi.

6. Pantai Lampuuk

Tempat wisata di Banda Aceh yang terakhir adalah pantai Lampuuk. Sekitar 30 Menit perjalanan dengan kendaraan pribadi dari pusat kota Banda Aceh, Anda sudah bisa sampai ke Pantai Lampuuk. Inilah Kuta-nya Banda Aceh. Pantai ini begitu terkenal, apalagi saat sunset.

Pasir yang putih dan air yang biru jernih siap menyambut setiap wisatawan yang datang ke sana. Tempat wisata pantai penutup hari, yang bisa menyempurnakan liburan di Banda Aceh. Demikian sekilas info wisata tentang berbagai tempat wisata di Banda Aceh yang dapat Anda kunjungi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>