Home » Wisata Asia » Wisata Indonesia » Wisata Aceh » Daftar Tempat Wisata Di Aceh Bekas Tsunami
  • Tempat Wisata Pantai Nancala, Pulau Simeulue, Aceh

    Pulau Simeulue memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Ada banyak tempat wisata pantai cantik yang asyik untuk surfing seperti Pantai Nancala dan Pantai Matanurung.

  • Tempat Wisata Tugu Nol Kilometer, Pulau Weh, Aceh

    Tempat wisata di darat maupun di laut, semuanya ada di Pulau Weh seperti Tugu Nol kilometer, Pantai Anoi Itam, Pulau Rubiah, Pantai Aneuk Laot, Pantai Sumur Tiga, Air Terjun Pria Laot, dan Pantai Gapang.

  • Masjid Rahmatullah, Aceh Besar

    Tempat wisata religi Masjid Rahmatullah merupakan salah satu masjid yang masih berdiri kokoh ketika Aceh Besar diterjang tsunami.

  • Tempat Wisata Kota Calang, Aceh

    Daerah Kota Calang merupakan salah satu tempat wisata di Aceh yang alami dan mempesona. Kota ini dihiasi bukit kecil serta laut yang indah.

  • Tempat Wisata Pantai Lhoknga, Aceh

    Pantai Lhoknga, Aceh menjadi salah satu tempat wisata favorit pecinta surfing karena ombaknya yang tinggi.

  • Tempat Wisata Pantai Lampuuk, Aceh

    Pantai Lampuuk memiliki ombak yang cantik dan cocok untuk tempat wisata surfing. Kombinasi pasir putih dan pegunungan melengkapi keindahan pantai ini.

Daftar Tempat Wisata Di Aceh Bekas Tsunami

Anekawisata.com – Aceh punya banyak tempat wisata menarik yang asyik buat dikunjungi. Berikut ini daftar tempat wisata di Aceh yang pernah terkena tsunami pada tahun 2004 yang lalu. Seiring berjalannya waktu, berbagai tempat wisata ini diperbaiki sehingga keindahannya bisa dinikmati lagi oleh wisatawan.

Beberapa tempat wisata yang sempat porak poranda karena terjangan gelombang tsunami, tentunya sudah cantik kembali dan cocok untuk dikunjungi. Inilah aneka tempat wisata cantik di Aceh yang dulu kena tsunami dan sekarang patut Anda kunjungi.

1. Pulau Simeulue

Tempat wisata di Aceh bekas tsunami yang pertama adalah Pulau Simeulue. Pulau ini berjarak sekitar 150 km dari pantai barat Aceh. Simeulue ini merupakan salah satu kabupaten di Aceh yang terkena tsunami. Pulau ini sempat dikira tenggelam saat tsunami karena merupakan episentrum gempa dan mengalami kerusakan yang sangat parah.

Saat ini Pulau Simeulue sudah dibenahi. Pulau Simeulue memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Ada banyak tempat wisata pantai cantik yang asyik untuk surfing seperti Pantai Nancala dan Pantai Matanurung. Selain alamnya yang indah. Pulau ini juga memiliki hasil laut yang diekspor keluar negeri yaitu lobster dan ikan laut.

2. Pulau Weh

Tempat wisata yang kedua adalah pulau Weh. Pulau ini termasuk daerah yang terkena imbas tsunami walaupun tidak separah Aceh daratan. Pulau ini menempati posisi paling barat Indonesia. Berbagai tempat wisata asyik pun banyak tersedia di pulau ini.

Baik wisata di darat maupun di laut, semuanya ada di Pulau Weh seperti Tugu Nol kilometer, Pantai Anoi Itam, Pulau Rubiah, Pantai Aneuk Laot, Pantai Sumur Tiga dan Pantai Gapang. Selain itu ada juga Air Terjun Pria Laot yang airnya bersumber dari aliran Sungai Pria Laot. Pulau Weh menjadi salah satu tempat wisata di Aceh yang pantas Anda kunjungi.

3. Masjid Rahmatullah

Tempat wisata di Aceh yang ketiga adalah Masjid Rahmatullah. Tempat wisata religi ini merupakan salah satu masjid yang masih berdiri kokoh ketika Aceh Besar diterjang tsunami. Cerita selamatnya masjid ini bagaikan keajaiban dan sempat membuat heboh karena sebuah foto keadaan masjid setelah terkena tsunami.

Di foto tersebut terlihat masjid ini masih berdiri tegak ketika bangunan di sekelilingnya rata dengan tanah. Masjid ini terletak di dekat Pantai Lampuuk. Saat ini masjid sudah kembali berdiri gagah. Jika datang ke masjid ini Anda bisa wisata religi sekaligus mengenang kejadian tsunami 10 tahun yang lalu. Ada foto-foto kenangan tragedi tsunami dan tiang-tiang rusak yang menjadi bukti dahsyatnya tragedi yang memakan banyak sekali korban itu.

4. Kota Calang

Daerah Kota Calang merupakan salah satu tempat wisata di Aceh yang alami dan mempesona. Kota ini dihiasi bukit kecil serta laut yang indah. Selain itu, ada banyak pulau-pulau kecil nan cantik di sekitar kota. Bagi pecinta diving, di sini banyak spot menyelam yang bagus karena lautnya yang masih terjaga.

Kota Calang terletak di bagian pesisir barat Provinsi Aceh ada Kota Calang yang merupakan Ibu kota Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Kota Calang menjadi salah satu kawasan yang mengalami kerusakan terparah saat tragedi tsunami 10 tahun yang lalu. Kota ini bisa dicapai sekitar 2 jam dari Banda Aceh melalui jalur darat.

Kota Calang saat ini sedang membenahi sektor pariwisatanya. Selain wisata alam, di sini juga tersedia objek wisata yang terkait dengan tragedi tsunami. Ada kuburan masal, taman edukasi serta gedung penyelamatan tsunami.

5. Pantai Lhoknga

Tempat wisata di Aceh berikutnya adalah Pantai Lhoknga. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Lampuuk. Pantai ini menjadi salah satu favorit pecinta surfing karena ombaknya yang tinggi. Pemandangan orang-orang yang hilir mudik membawa papan selancar di pantai ini sudah tidak asing lagi. Siapa sangka, dulu pantai ini juga rusak diterjang tsunami.

6. Pantai Lampuuk

Tempat wisata pantai Lampuuk terletak di kawasan pantai barat Aceh. Pantai ini sempat ditutup untuk wisatawan setelah tragedi tsunami pada tahun 2004 yang lalu. Keadaan pantai ini cukup porak-poranda terkena terjangan gelombang.

Saat ini, pantai Lampuuk sudah dibuka kembali untuk wisatawan. Pantai Lampuuk disebut-sebut sebagai Kuta-nya Aceh. Pantai ini memiliki ombak yang cantik dan cocok untuk surfing. Kombinasi pasir putih dan pegunungan melengkapi keindahan pantai ini.

Jika Anda suka panjat tebing, di Pantai Lampuuk ada tebing tinggi yang cukup terjal untuk dipanjat. Tebing ini memang sering digunakan oleh komunitas pecinta alam untuk menguji adrenalin. Demikian daftar tempat wisata di Aceh bekas tsunami yang bisa Anda jadikan alternatif tempat wisata untuk mengisi liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>