Home » Wisata Asia » 5 Tempat Wisata Kuliner Di Solo Yang Maknyus
  • Sate Buntel Solo

    Sate Buntel, salah satu kuliner khas Solo yang wajib Anda cicipi (foto : www.resepmenumasak.com)

  • Timlo Solo

    Timlo, salah satu kuliner berkuah khas Solo yang maknyus untuk makan siang (foto : indonesia.gunadarma.ac.id)

  • Bakso Alex Solo

    Tidak hanya Malang yang punya kuliner bakso enak, di Solo juga punya Bakso Alex (www.infomakan.com)

  • Cafe Tiga Tjeret

    Cafe Tiga Tjeret, salah satu kuliner di Solo yang menyajikan menu khas angkringan Jawa dengan atmosfer modern (foto : sajianku.com)

  • Sosis Naga Widuran

    Sosis Naga Widuran, salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang menjual aneka jagung dan sosis bakar dengan level pedas berbeda (foto : travel.detik.com).

5 Tempat Wisata Kuliner Di Solo Yang Maknyus

Anekawisata.com – Ini dia 5 tempat wisata kuliner di Solo yang bisa dijadikan itinerary bagi Anda yang liburan ke kota ini. Aneka macam kuliner nikmat telah menanti Anda di Solo. Saat liburan di kota ini, selain keliling tempat wisata, mencicipi kuliner juga tentunya menarik untuk dilakukan.

Kota Solo punya berbagai kuliner nikmat yang siap menggoyang lidah Anda. Di berbagai sudut kota banyak pedagang yang menjual kuliner khas kampung halaman Presiden Jokowi ini. Dari makanan manis hingga pedas, lengkap semua! Dilansir dari detikTravel, berikut 5 tempat wisata kuliner di Solo yang dapat dijadikan llternatif liburan kuliner Anda.

1. Sate Buntel

Kuliner khas Solo yang wajib Anda cicipi adalah Sate Buntel. Sate Buntel merupakan salah satu makanan khas Solo yang terbuat dari daging kambing cincang yang kemudian dibuntal dengan lemak daging. Rugi rasanya jika liburan ke Solo tanpa mencoba makanan ini.

Salah satunya yang terkenal adalah warung sate Ibu Hj Bejo. Warung ini jadi langganan Presiden Jokowi lho! Warung sate Ibu Hj Bejo terletak di Jl Sungai Sebakung 10, Lojiwetan dan buka sekitar pukul 07.00-16.00 WIB. Menu yang tersedia tidak hanya sate buntel tetapi ada juga tengkleng, nasi goreng, sate dan gulai. Seporsi sate buntel dijual dengan harga sekitar Rp 37.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

2. Timlo Sastro

Timlo merupakan makanan berkuah yang diberi potongan lauk pauk, seperti ati ampela, telur, daging dan lain sebagainya sesuai pilihan Anda. Timlo segar sekali untuk makan siang. Salah satu timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro. Letaknya di Jl Pasar Gede Timur No 1-2.

Warung ini buka setiap hari pukul 06.00-15.30 WIB. Seporsi timlo komplit harganya sekitar Rp 18.000. Jika ingin ditambah nasi putih, biayanya Rp 3.000. Untuk minuman harganya mulai dari sekitar Rp 1.500 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

3. Bakso Alex

Wisata kuliner selanjutnya yang perlu Anda coba adalah Bakso Alex. Tidak hanya Malang yang punya bakso enak, di Solo juga punya Bakso Alex. Bakso ini memiliki beberapa cabang di Solo, salah satunya di Jl Gajah Mada, Banjarsari. Bakso ini lezat sekali, rasa daging sapinya lebih kuat dari tepung, kuahnya pun segar dan pas untuk sarapan.

Bakso Alex menyediakan berbagai menu seperti bakso campur, bakso tahu dan yang spesial adalah bakso tengkleng. Sebagai teman makan bakso, tersedia kerupuk, tahu goreng serta sate telur. Untuk melengkapi kenikmatan makan bakso, jangan lupa minta tambah rusuk. Memang rusuk ini tidak ada di menu, tapi Anda bisa minta ke pelayan.

Warung bakso ini buka setiap hari dari pagi hingga malam. Untuk Baso Alex Gajah Mada patokannya dari Monumen Pers ke arah utara, cek sisi kanan jalan. Sebaiknya Anda datang ke sini sebelum pukul 15.00 WIB karena biasanya di jam menjelang sore bakso sudah habis.

4. Cafe Tiga Tjeret

Apabila malam telah tiba, cobalah mampir ke tempat wisata kuliner Cafe Tiga Tjeret. Di Cafe Tiga Tjeret Anda bisa merasakan berbagai menu khas angkringan Jawa dengan atmosfer modern. Aneka wedang atau minuman hangat serta nasi dengan berbagai lauk pauk lezat tersedia di cafe ini. Misalnya wedang jahe, wedang jeruk tape, nasi teri, nasi oseng serta aneka gorengan.

Cafe Tiga Tjeret terletak di Jl Ronggowarsito No 97. Cafe ini buka setiap hari sekitar pukul 10.00 WIB hingga 01.00 WIB. Harga makanan dan minuman di cafe ini rata-rata di bawah Rp 10.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

5. Sosis Naga Widuran

Untuk menutup petualangan kuliner di Kota Solo, mari mencoba mencicipi jajanan sosis naga. Tempat makan lesehan beralas tikar ini sebenarnya bernama Jagung Bakar Widuran, tapi lebih sering disebut sosis naga oleh warga sekitar. Di sini menjual aneka jagung dan sosis bakar dengan level pedas berbeda.

Level pedasnya adalah manis, pedas biasa dan naga. Sebaiknya Anda memesan minum yang banyak jika pesan level naga, karena rasanya pedas sekali. Selain pedas, ada rasa lain yang tersedia seperti rasa udang, ayam, barbeque, pizza dan lain sebagainya. Sosis naga Widuran ini terletak di Jl Sutan Syahrir, Widuran dekat Optik Melawai. Tempat ini buka sekitar pukul 18.00 WIB hingga tengah malam. Aneka jagung bakar dijual Rp 4.000 sedang sosis bakarnya mulai dari Rp 1.500 (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Demikian sekilas info wisata tentang 5 tempat wisata kuliner yang maknyus di Solo dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>