Home » Wisata Asia » 5 Tempat Wisata Di Jogja Untuk Akhir Pekan
  • Kebun Binatang Gembira Loka

    Kebun Binatang Gembira Loka, salah satu tempat wisata di jogja yang menyajikan wahana tangkap ikan untuk anak-anak usia balita sampai dengan 10 tahun (foto : gembiralokazoo.com)

  • Candi Prambanan

    Candi Prambanan merupakan tempat wisata di jogja yang terkenal akan arsitekturnya yang unik, candi ini juga kental akan nilai-nilai budaya (foto : en.wikipedia.org)

  • Candi Sambisari

    Candi Sambisari, salah satu tempat wisata di jogja yang tidak kalah indah dan unik dibandingkan dengan Candi Prambanan (foto : commons.wikimedia.org)

  • Pantai Parangtritis

    Pantai Parangtritis menjadi tempat wisata favorit di jogja yang banyak menjadi incaran turis asing maupun lokal (foto : www.tripadvisor.co.uk)

  • Malioboro

    Malioboro merupakan pusat tempat wisata belanja paling populer di kota jogja (foto : antaranews.com)

5 Tempat Wisata Di Jogja Untuk Akhir Pekan

Anekawisata.com – Liburan ke kota Jogja memang selalu istimewa, termasuk liburan akhir pekan. Banyak tempat wisata di jogja yang menarik untuk dikunjungi dalam mengisi liburan akhir pekan Anda. Kota yang terkenal ramah ini memang tak pernah membosankan untuk dinikmati selama dua hari 1 malam. Lebih seru lagi, jika liburan bareng keluarga.

Kota jogja memang terkenal ramah dan menyenangkan sehingga membuat banyak keluarga yang liburan ke kota ini. Mengunjungi beberapa tempat wisata di jogja yang menyenangkan tentu akan semakin mengakrabkan hubungan antar anggota keluarga. Berikut ini 5 tempat wisata di jogja yang dapat Anda jadikan alternatif liburan akhir pekan yang menyenangkan bersama keluarga.

1. Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka merupakan sebuah kebun binatang terkenal yang berada di Jl Kebun Raya, Yogyakarta. Lokasi ini cocok untuk Anda dan keluarga singgahi di pagi menjelang siang. Berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah, simpanse, harimau, dan lain sebagainya ada di sini.

Kebun Binatang Gembira Loka menjadi tempat wisata yang populer dan menarik di jogja. Tempat ini juga sempat rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta tahun 2006. Tetapi, setelah direnovasi Kebun Binatang Gembira Loka tetap diincar para wisatawan.

Harga tiket masuk kebun binatang ini berkisar dari Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Selain menikmati tingkah lucu dari satwa kebun binatang, kita juga bisa main bareng keluarga dengan menyewa perahu, banana boat, jet ski dan banyak lagi lainnya. Kebun binatang ini buka setiap hari dari pukul 07.30-17.30 WIB. Untuk update harga tiket Anda dapat mengunjungi situs gembiralokazoo.com.

2. Candi Prambanan

Tempat wisata Candi Prambanan merupakan bangunan bersejarah paling terkenal di Sleman, DI Yogyakarta. Candi ini memiliki pemandangan sunset dan sunrise yang menawan. Selain arsitekturnya yang unik, candi ini juga kental akan nilai-nilai budaya yang mengundang siapa saja untuk menunjunginya. Candi ini bisa dikunjungi dari pukul 06.00–17.00 WIB dengan harga tiket Rp 30.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Sore hari di tempat ini akan sangat pas bersama keluarga. Candi Prambanan menjadi tempat wisata di jogja yang banyak dikunjungi wisatawan untuk menyaksikan keindahan sunset dan sunrise di sela-sela candi yang begitu eksotis. Pastinya akan seru berfoto-foto sambil menikmati eksotisnya matahari sore bersama keluarga tercinta.

3. Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan tempat wisata di jogja yang letaknya sangat dekat dengan Sambisari Guest House. Selain Prambanan yang menawan, Candi Sambisari pun tak kalah indah, hanya saja belum banyak wisatawan yang tahu tentang candi ini. Candi ini buka setiap hari dari pukul 09.00-16.00 WIB dengan harga tiket Rp 3.000/orang (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Candi peninggalan kerajaan Hindu ini lokasinya memang sedikit bersembunyi, candinya pun agak terletak di bawah tanah. Namun ketika kita menemuinya, wisatawan pun akan terkagum dengan bangunannya yang tak kalah dengan Borobudur dan Prambanan.

5. Pantai Parangtritis

Pantai ini berada di Jalan Parangtritis, Km 28, Yogyakarta. Hanya butuh 1 jam dari Kebun Binatang Gembira Loka menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Pantai ini merupakan tempat wisata favorit di jogja yang banyak menjadi incaran turis asing maupun lokal. Terlepas dari cerita misterinya, Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata yang memberikan keseruan tersendiri kepada wisatawan.

Ombaknya yang besar, pemandangan indah dengan sunsetnya dan hamparan pasir yang lembut menjadi daya tarik Anda bersama keluarga. Namun, Anda perlu berhati-hati bila mengunjungi pantai ini, usahakan jangan mandi di pantai ini karena ombaknya sangat besar, apa lagi jika Anda membawah anak-anak harus ekstra menjaganya.

5. Malioboro

Liburan ke jogja rasanya kurang lengkap tanpa mengunjungi Malioboro. Inilah tempat wisata belanja paling populer di kota jogja. Malioboro adalah tempat yang sangat ramai dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Di tempat ini kita akan banyak menjumpai tempat perbelanjaan baju daerah, makanan khas jogja dan juga angkringan.

Untuk berkeliling Malioboro, memang enaknya jalan kaki, bisa bebas leluasa. Namun, jika Anda capek berjalan kita juga bisa menyewa becak dan delman yang tersedia berjejer di sepanjang Malioboro. Harga yang ditawarkan untuk satu becak Rp 10.000 untuk 2 orang dan delman Rp 50.000/grup yang berisi 5 orang wisatawan, harga ini bisa kurang jika Anda pandai menawar (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Berada di Malioboro tidak lengkap rasanya jika Anda tidak melakukan foto di depan papan nama jalan Jl Malioboro. Banyak wisatawan yang mengantri untuk bergantian berfoto dan mengunggahnya ke sosial media. Sangat pas menutup perjalanan wisata Anda dengan keluarga dengan suasana khas Yogyakarta di Malioboro. Demikian sekilas info wisata tentang 5 tempat wisata di jogja yang dapat dijadikan alternatif untuk liburan akhir pekan Anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>