Home » Wisata Asia » 27 Tempat Makan Enak Di Semarang Untuk Buka Puasa

27 Tempat Makan Enak Di Semarang Untuk Buka Puasa

Tempat Makan Enak Di Semarang – Semarang merupakan salah satu surganya kuliner enak. Ada banyak tempat makan enak di Semarang yang pas banget untuk buka puasa. Mulai dari makanan khas semarang, makanan nusantara, sampai makanan western pun ada di Semarang. Anda tinggal memilih tempat buka puasa di Semarang yang sesuai dengan selera Anda.

Kuliner Semarang yang paling terkenal adalah Bandeng presto dan lumpia basahnya yang sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Tapi bukan hanya itu loh kuliner khas Semarang yang patut Anda cobain saat buka puasa. Masih ada banyak tempat makan di Semarang yang pasti bikin Anda penasaran dan belum pernah Anda ketahui.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam memilih tempat berbuka puasa di Semarang, kali ini Aneka Wisata akan berbagi info tentang tempat buka puasa enak di Semarang. Catat daftar 27 rekomendasi tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa dan ngabuburit berikut.

1. Toko Oen Semarang

Toko Oen Semarang adalah salah satu tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa yang legendaris (Foto : tempatwisataid.com)

Toko Oen Semarang adalah salah satu tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa yang legendaris (Foto : tempatwisataid.com)

Ini dia tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa yang legendaris, yaitu Toko Oen. Jika Anda sedang berada di kawasan Simpang Lima Semarang, cobalah datang ke Jl. Pemuda 52, tepatnya berada di depan Pasar Swalayan Sri Ratu. Di tempat ini Anda akan mememukan sebuah bangunan tua peninggalan masa Hindia Belanda. Bangunan berwarna putih bernuansa klasik dengan kaca besar dan pintu kayu, dengan model jendela dan atap melengkung tinggi. Ya, itulah Toko Oen yang legendaris berdiri sejak tahun 1936.

Rumah makan di Semarang ini memang cocok buat bukber alias buka puasa bersama keluarga atau teman-teman dekat karena menu yang disajikan cukup variatif. Dari masakan nusantara, western, dan ice cream ada semua disini. Dulu tempat ini merupakan tempat makan orang-orang Belanda, hingga menu-menunya pun merupakan menu ala Eropa seperti Wcordon Bleu, Bistik Hamburg, Inner Schnitzel, Kakap ala Meuniere dan juga Huzarensla atau salad ala Belanda. Untuk Anda yang mencintai kuliner nusantara, Toko Oen juga menyediakan menu nusantara seperti Sate Ayam dan Nasi Goreng Spesial.

Ice Cream yang ditawarkan Toko Oen merupakan Ice Cream kreasi yang menggunakan resep turun-temurun seperti Oen’s Symphony dan Tutti frutti Walaupun berasal dari resep lama yang dikreasikan, rasanya bisa membuat Anda ingin menikmatinya lagi dan lagi. Rumah makan enak di Semarang ini buka jam 10.00 – 22.00 WIB. Yuk, buruan cobain buka puasa disini, rasakan menu ice creamnya yang terkenal homemade dan enak.

2. Depot Sukses

Depot Sukses adalah salah satu tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa dengan menu andalan masakan Jepang (Foto : ceritamakankita.blogspot.com)

Depot Sukses adalah salah satu tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa dengan menu andalan masakan Jepang (Foto : ceritamakankita.blogspot.com)

Anda penggemar masakan Jepang? Kalau iya, ada satu tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Depot Sukses. Terletak di jalan Gajahmada (tepatnya di arah ke jalan brumbungan, seberang Bali Watch) atau Jl. Melati (depan rumah makan Puri Oka Semarang), warung makan sederhana yang menyediakan aneka masakan jepang ini tak pernah sepi pembeli.

Meskipun tempat makan ini hanya depot makan sederhana, namun rasa masakan yang disediakan tidak kalah dari restoran-restoran berkelas yang menempati bangunan megah dan dimasak oleh juru masak profesional. Menu yang disediakan juga tidak kalah bervariasi dari resto terkenal.

Di Depot Sukses, Anda dapat menikmati Chicken Katsu, Ebi Furai, Chicken Teriyaki, Beef Yakiniku, dan menu spesial seperti Chicken Teriyaki. Selain rasa masakannya yang enak, harga yang terjangkau dan kebersihan warung makan ini menjadi daya tarik tersendiri sebagai tempat bukber di Semarang yang rekomended. Buka jam 12.00 – 21.00 WIB.

3. Soto Bangkong

Soto Bangkong adalah salah satu tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa dengan menu soto khas Semarang (Foto : klikhotel.com)

Soto Bangkong adalah salah satu tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa dengan menu soto khas Semarang (Foto : klikhotel.com)

Ini dia tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa bagi para penggemar soto khas Semarang, yaitu Soto Bangkong. Bangkong? Bukankah itu sejenis katak? Tenang, ini bukan soto kodok atau katak kok! Soto Bangkong adalah sebuah rumah makan di Semarang yang menyajikan soto sebagai menu utamanya. Soto Bangkong ini sudah dijual sejak tahun 1950-an. Pemiliknya bernama Pak Sholeh.

Awalnya soto bangkong ini dijual dengan menggunakan angkringan yang biasa mangkal di Jalan Brigjen Katamso yang masa itu masih bernama Jalan Bangkong. Itulah sebabnya soto ini dinamakan soto bangkong. Saat ini soto bangkong sudah memiliki beberapa cabang yang semuanya dikelola oleh keluarga Pak Sholeh.

Kekhasan soto bangkong terletak pada kuahnya yang berwarna bening kecoklatan karena diberi tambahan kecap. Sotonya sendiri berisi suwiran daging ayam, irisan tomat, bihun, toge, taburan bawang putih dan bawang merah. Soto bangkong ini dapat dinikmati bersama sepiring nasi panas dan juga pelengkap lainnya seperti sate daging ayam, sate kerang, sate telur puyuh, tempe, tahu, dan perkedel. Pusat Soto Bangkong ada di Jln Brigjen Katamso No 1, Semarang. Buka pukul 07.00 pagi sampai jam 10.00 malam.

4. Soto Pak No

Soto Pak No adalah salah satu tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa yang menyajikan menu soto khas Semarang (Foto : foursquare.com)

Soto Pak No adalah salah satu tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa yang menyajikan menu soto khas Semarang (Foto : foursquare.com)

Satu lagi tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa yang menyajikan menu andalan soto, yaitu Soto Pak No. Soto Pak No memiliki beberapa cabang di Semarang, salah satu tempat terpopulernya berada di Jalan Thamrin no 28. Tempat makan Soto Pak No sendiri selalu dipadati pengunjung di setiap harinya. Setiap pengunjungnya dijamin ketagihan dan bisa menghabiskan beberapa mangkok dalam sekali makan.

Porsi harga soto Pak No setiap mangkoknya sendiri berharga Rp. 4.000 dengan porsi mangkok kecil. Selain soto, disediakan juga makanan penujang soto itu sendiri, seperti sate jerowan, sate telur, sate kerang maupun sate daging ayam, yang menambah selera Anda untuk menyantapnya. Warung soto ini termasuk salah satu rekomendasi tempat buka puasa di Semarang yang enak dan murah meriah.

Di tempat ini sangat terasa suasana Jawanya, di mana setiap pelayannya selalu menyapa dengan bahasa Jawa serta selalu memakai batik. Soto Pak No sendiri buka pukul 07.00 hingga 21.00. Namun, bagi Anda yang ingin merasakan kenikmatan soto Pak No harus rela mengantri, karena tempat ini selalu di padati pengunujung. Seringkali sebelum malam tiba, soto ayamnya sendiri telah habis, jadi lebih baik Anda datang ke tempat ini sebelum waktu buka puasa tiba.

5. Waroeng Steak & Shake

Ilustrasi salah satu menu steak di Waroeng Steak & Shake, tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa yang menyajikan aneka steak (Foto : ahmadbaihaki882.wordpress.com)

Ilustrasi salah satu menu steak di Waroeng Steak & Shake, tempat makan enak di Semarang untuk buka puasa yang menyajikan aneka steak (Foto : ahmadbaihaki882.wordpress.com)

Ingin buka puasa dengan steak dan harga terjangkau? Datang saja ke Waroeng Steak and Shake. Tempat makan enak di Semarang ini menyajikan aneka steak and shake dengan harga yang terjangkau oleh kantong mahasiswa dengan citarasa tinggi. Steak khas Waroeng merupakan hasil kreasi unik yang sangat sesuai dengan selera kaum muda. Bila ingin merasakan semuanya, paling cocok jika Anda memesan menu Waroeng Steak, yang merupakan perpaduan dari daging ayam, udang dan sapi.

Waroeng Steak and Shake atau WS ini termasuk salah satu tempat buka puasa dan ngabuburit favorit anak muda. Tak heran jika selama bulan Ramadhan, tempat makan ini selalu ramai pengunjung. Ada beberapa outlet Waroeng Steak & Shake yang ada di Semarang, diantaranya yaitu terletak di Jl. Imam Bonjol No. 187 B , Semarang Kota, Jl Kelud Raya 2 Sampangan, Jl. Kartini No 43 SMG, dan Jalan Jl. Setiabudi No 60 Banyumanik/Tembalang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>