Home » Wisata Alam » 25 Tempat Wisata Alam Di Bogor Dan Sekitarnya Yang Hits

25 Tempat Wisata Alam Di Bogor Dan Sekitarnya Yang Hits

Tempat Wisata Alam Di Bogor – Kawasan Bogor memang kaya akan aneka wisata alam yang indah mempesona. Tak heran, jika aneka tempat wisata alam di Bogor dan sekitarnya selalu menjadi incaran para wisatawan saat libur panjang atau akhir pekan (weekend).

Udaranya yang sejuk ditambah panorama alam yang indah, keren, dan eksotis membuat wisata alam di Bogor semakin pas untuk melepas penat dari kesibukan dan aktivitas sehari-hari.

Nah, bagi Anda yang akan liburan di kawasan puncak Bogor, jangan lupa simak terlebih dahulu rekomendasi daftar tempat wisata alam Bogor dari Aneka Wisata. Kira-kira apa saja ya wisata alam daerah Bogor yang asyik dan menarik untuk dikunjungi? Yuk, simak 25 tempat wisata alam di bogor dan sekitarnya yang wajib dikunjungi berikut.

Daftar Tempat Wisata Alam Di Bogor Yang Bagus Dan Lagi Hits

1. Kebun Raya Bogor

Kebun-Raya-Bogor

Kebun Raya Bogor (Foto : eibidiei.wordpress.com)

Siapa seh yang tidak kenal dengan objek wisata alam Kota Bogor yang satu ini? Hampir semua wisatawan di penjuru tanah air mesti mengenal Kebun Raya Bogor. Di kebun raya ini Anda bisa menikmati udara sejuk kota Bogor sambil mengamati beragam jenis flora yang ada. Terdapat lebih dari 15.000 jenis pohon dan tumbuhan di sana.

Kebun ini bukanlah destinasi rekreasi semata, melainkan juga pusat pendidikan dan lokasi observasi tanaman. Jadi, wisata ke kebun raya ini bisa dijadikan sebagai wisata edukasi dengan si kecil. Dan untuk Anda yang hobi fotografi, Kebun Raya Bogor juga merupakan tempat yang cocok sebagai latar belakang obyek foto Anda.

Tempat wisata alam di Bogor yang satu ini telah dikembangkan sejak zaman Kerajaan Sunda Kelapa dahulu kala, dianggap pula sebagai Kebun Botani paling tua di Asia. Jika Anda menelusuri hingga ke area belakang kebun, terdapat sebuah danau yang indah, lokasinya cukup dekat dengan halaman belakang Istana Bogor. Selain itu, ada sebuah jembatan gantung yang mampu menghadirkan latar fotografi yang unik.

2. Taman Safari Bogor

Taman-Safari-Indonesia

Taman Safari Indonesia (Foto : mattkoenigphotography.com)

Ini dia taman safari yang pertama kali ada di Indonesia. Di tempat wisata alam Bogor ini Anda bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang sangat indah lengkap dengan fauna yang berkeliaran di alam bebas. Saat menyusuri area binatang jinak, Anda bisa membuka jendela dan memberi makan hewan-hewan ini secara langsung.

Tempat wisata di bogor best vacation ini cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama putra-putri Anda. Setidaknya, ada 2.500 spesies satwa di sini, sehingga sambil berwisata Anda bisa sekaligus mengenalkan si kecil tentang keragaman fauna yang ada di Indonesia dan dunia.

Jika ingin berfoto bersama, Anda bisa mengunjungi Baby Zoo di mana anak-anak dan Anda bisa aman berfoto dengan hewan-hewan tertentu. Selain itu, terdapat banyak juga atraksi dan wahana menarik yang harus Anda coba.

3. Situ Gede

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede (Foto : wisatakita.web.id)

Situ Gede merupakan tujuan wisata alam yang paling terkenal di Bogor, terbukti dari banyaknya warga Bogor yang hobi datang kemari untuk memancing. Selain memancing, Anda juga bisa mencoba mendayung perahu dan menikmati sejuknya udara hutan.

Jangan heran jika saat berkunjung ke tempat wisata alam di Bogor ini, Anda akan menemui rombongan kru yang sedang melakukan syuting karena di sini sering digunakan sebagai lokasi syuting. Lokasi Situ Gede terletak persis di tepi Hutan Dramaga, sebuah hutan penelitian milik Departemen Kehutanan RI.

4. Warso Farm

Warso Farm

Warso Farm (Foto : telusurindonesia.com)

Bagi Anda penggemar buah durian, jangan sampai melewatkan tempat wisata alam di Bogor yang satu ini. arso Farm adalah sebuah perkebunan seluas 8,5 Ha dan merupakan pelopor dalam agrowisata durian di Indonesia. Terdapat sekitar 900 pohon durian di sana dengan varietas mencapai 19 jenis durian.

Selain berkeliling dan memperoleh pengetahuan tentang durian, Anda dapat memesan dan menyantap hidangan buah durian pada tempat yang telah dipersiapkan, baik dalam bentuk jus durian atau memakannya langsung.

Tersedia juga wisata petik durian bagi Anda yang ingin merasakan memetik durian langsung dari pohonnya. Jika ingin membawa pulang durian sebagai oleh-oleh, Anda dapat memintanya pada pengelola di sana.

5. Gunung Pancar

Tempat Wisata Di Bogor Gunung Pancar

Tempat Wisata Alam Di Bogor Gunung Pancar (Foto : nazuragulfira.blogspot.com)

Ingin melakukan piknik dengan keluarga di tempat wisata alam Bogor? Gunung Pancar adalah jawaban yang tepat. Di sini, Anda bisa berpiknik dan juga melakukan aktivitas seperti berkemah, bersepeda, hiking hingga berkuda.

Untuk menyegarkan badan Anda setelah lelah ber-camping, Anda bisa ke pemandian air panas yang memiliki sumber air panas alami. Mandi berendam sambil menikmati pemandangan pohon pinus di sekeliling yang bisa membantu merilekskan pikiran Anda. Tak jarang Anda bisa menemukan hewan-hewan yang hidup bebas di sini.

Baca Juga : 73 Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Bogor Yang Wajib Dicoba

6. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari (Foto : sobatpetualang.com)

Bagaimana ya rasanya mandi di pemandian para bidadari? Mungkin bisa Anda rasakan sendiri di Air Terjun Bidadari yang letaknya di Sentul Paradise Park. Air terjun dengan tinggi 75 meter ini memiliki sumber air dari hutan lindung yang ada di sekitar kawasan tersebut.

Limpahan air dari air terjun tersebut kemudian dijadikan sebagai kolam pemandian, seperti Wave Pool, kolam arus, dan juga Lazy Pool yang dibuat untuk anak-anak. Kawasan tempat wisata alam di Bogor ini selalu ramai dengan wisatawan apalagi di waktu liburan.

7. Telaga Warna

Telaga-Warna-Bogor

Telaga Warna (Foto : fotowinara.com)

Ingin menikmati tempat wisata alam di Bogor yang tenang? Telaga warna bisa jadi alternatf liburan Anda. Letaknya ada di kawasan Puncak atau tepatnya di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua.

Telaga Warna memiliki air yang sangat tenang, dikelilingi dengan pepohonan dan udara yang sejuk. Jika ingin menikmati pemandangan telaga dari ketinggian, Anda bisa mencoba wahana flying fox yang telah disediakan di sana.

8. Taman Wisata Mekarsari

Taman-Wisata-Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari (Foto : bogor.net)

Siapa yang tidak pernah dengar nama Mekarsari? Ini adalah salah satu taman wisata buah terbesar di Indonesia. Terdapat sekitar 1.470 jenis tanaman buah dengan ratusan ribu pohon di lahan dengan luas 264 hektar ini. Objek wisata alam di Bogor yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga ini memang sangat direkomendasikan jika Anda berkunjung ke Bogor.

Selain untuk tempat wisata anak dan keluarga di Bogor, Taman Mekarsari juga cocok untuk konservasi dan edukasi. Berkelilinglah dengan kereta yang disediakan oleh Taman Mekarsari, atau Anda bisa mencoba aktivitas outbond yang menarik di sekitar danau. Anda bisa memilih paket wisata alam yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari (Foto : selasar.com)

Taman Wisata Matahari teletak di Jalan Raya Puncak Bogor. Dengan luas 30 hektar, tempat wisata alam di Bogor ini adalah tujuan yang pas untuk pengunjung segala usia. Di sini terdapat banyak sekali kegiatan outbond yang bisa dilakkan mulai dari arung jeram, flying fox, mengendarai ATV, mini outbond hingga rumah hantu.

Jika Anda membawa anak-anak, Anda bisa mengajak mereka ke area sawah dan juga kebun sayuran. Ada juga wahana permainan yang memang disediakan untuk anak-anak lho. Nah, tidak lengkap pergi ke Taman Wisata Matahari jika Anda tidak menyusuri danau dengan perahu naga bermotonya.

10. Agro Gunung Mas

Agro-Gunung-Mas

Agro Gunung Mas (Foto : indonesiatravelandtourism.wordpress.com)

Mendambakan tempat wisata alam Bogor yang tenang dan menenangkan hati? Maka Agro Gunung Mas adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Hamparan perkebunan teh yang luas membuat Agro Gunung Mas terlihat seperti permadani hijau yang cantik.

Di sini, Anda bisa langsung melihat aktivitas berkebun dari pemetik daun teh. Tidak jarang juga, wisatawan yang datang kemari menjadikan hamparan hijau perkebunan teh sebagai background untuk berfoto.

Baca Juga : 15 Tempat Nongkrong Di Bogor Yang Asik Dan Enak

11. Taman Riung Gunung Puncak Bogor

Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung (Foto : notetravelling.blogspot.com)

Tempat wisata alam di Bogor yang satu ini juga sungguh tepat bagi Anda yang ingin menikmati jalan kaki dengan memutari kebun teh yang hijau dan menghirup udara segar.

Tidak hanya itu, di Riung Gunung juga terdapat tempat bermain anak-anak, fasilitas kolam renang, serta area berkemah keluarga di alam terbuka. Di tempat rekreasi Bogor yang satu ini, Anda dapat mengambil penginapan yang berkonsep sederhana dengan nuansa alam yang dikelilingi kebun teh.

12. Air Panas Ciparay

Air-Panas-Ciparay

Air Panas Ciparay (Foto : jakarta.panduanwisata.id)

Ciparay adalah juga salah satu destinasi wisata alam Bogor yang disukai banyak wisatawan karena kolam air panasnya. Terletak dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak, suasana di lokasi objek wisata Bogor yang satu ini terasa begitu alami.

Selain kolam pemandian, terdapat pula saung-saung untuk bersantai. Ada banyak warung di sana yang menyediakan hidangan kopi, teh manis, indomie rebus, hingga aneka makanan ringan.

13. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng (Foto : lostpacker.com)

Mau menikmati segarnya mandi air hangat alami di Bogor? Anda bisa coba datang ke desa Ciseeng yang berada di kecamatan Parung. Disana ada sebuah tempat pemandian air panas (hangat) yang akan membuat badan menjadi segar. Mandi air hangat alami, seperti di Ciseeng ini juga diyakini bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit terutama yang berkatian dengan kulit.

Salah satu tempat yang menyediakan pemandian air hangat di Ciseeng adalah Tirta Sanita. Disana Anda bisa merasakan segarnya air hangat yang berasal dari sumber air Gunung Kapur Ciseeng. Selain bisa mandi air hangat alami, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang indah. Air hangat di Ciseeng ini memiliki tiga unsur yakni garam, belerang dan kapur.

14. Curug 7 Cilember

Curug-7-Cilember

Curug 7 Cilember (Foto : tokoperhutani.com)

Bagi Anda yang menyukai wisata alam berupa air terjun, Bogor juga punya sebuah area yang memiliki 7 buah air terjun sekaligus. Kawasan wisata air terjun Bogor yang memiliki 7 air terjun tersebut berada di desa Jogjogan, kecamatan Cisarua. Masih di kawasan Puncak Bogor.

Di tempat wisata alam Bogor ini terdapat 7 buah air terjun dengan pemandangan yang indah, khas daerah pegunungan. Berada di area air terjun ini akan menghadirkan suasana yang sejuk dan nyaman. Anda bisa menikmati gemuruh suara air terjun sambil menikmati sejuknya suasana. Di area Curug 7 Cilember ini juga terdapat penangkaran kupu-kupu. Anda bisa melihat binatang lucu tersebut dari jarak dekat.

15. Danau Lido

Danau-Lido-Bogor

Danau Lido (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Satu lagi tempat wisata alam di Bogor yang bernuansa danau, Danau Lido namanya. Berkunjung ke danau ini bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama orang-orang terdekat. Nuansa khas pegunungan juga akan langsung terasa begitu sampai di tempat wisata alam ini.

Danau Lido berada di desa Wates Jaya, kecamatan Cijeruk. Tidak sulit untuk menemukan danau ini karena lokasinya berada di jl. Raya Sukabumi – Bogor. Selain duduk-duduk manis di pinggiran danau, Anda juga bisa menyewa beberapa wahana yang berada disini. Beberapa wahana yang bisa Anda coba untuk menikmati suasana sejuk air danau adalah sepeda air, perahu tradisional hingga speedboat.

Baca Juga : 15 Oleh-Oleh Khas Bogor Yang Terkenal Dan Tahan Lama

16. Goa Gudawang Bogor

Goa Gudawang Bogor

Goa Gudawang Bogor (Foto : yukpiknik.com)

Keindahan di dalam goa yang terdiri atas stalagmite dan stalaktit telah berhasil meracuni pecinta wisata alam untuk mengeksplorasi isi goa. Nah, kalau Anda juga suka caving dan sedang mencari tempat caving yang seru di Bogor, goa Gudawang adalah tempatnya.

Goa Gudawang berada di desa Argapura, kecamatan Ciguged. Di goa ini Anda bisa menemukan indahnya ukiran-ukiran alami stalagmite dan stalaktit yang akan membuatmu jadi kagum. Kompleks goa Gudawang ini terdiri atas beberapa goa. Adapun goa yang sudah dieksplorasi adalah goa Simasigit, goa Sipahang, dan goa Simenteng.

17. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Foto : bogor.net)

Bagi Anda yang suka dengan suasana hutan dan ingin menemui beragam jenis flora dan fauna unik, datang lah ke tempat wisata alam di Bogor berbasis hutan nasional ini. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah satu dari sekian banyak taman nasional di Provinsi Jawa Barat. Luas tepatnya adalah 21. 975 hektare.

Tujuan utama dibuatnya hutan nasional ini adalah untuk menjaga konservasi flora khas pegunungan yang menawan beserta ekosistemnya yang penting untuk kehidupan sekitar.

Taman nasional ini adalah salah satu yang paling tua, yaitu diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango. Mencangkup juga tutupan hutan pegunungan di sekitar dua puncak gunung tersebut.

Ragam flora atau tumbuhan yang bisa Anda temukan di hutan nasional sekaligus tempat wisata alam di Bogor ini sangat bervariasi. Yang banyak adalah flora khas hutan pegunungan. Tercatat ada sekitar 200 spesies anggrek di tempat ini. Ada juga kurang lebih 150 jenis spesies paku-pakuan, dan yang menakjubkan ada lebih dari 870 spesies tumbuhan bunga.

Maskot taman nasional ini adalah Edelweis Jawa (Anaphalis javanica) yang populer di kalangan para pecinta alam dan para pendaki gunung. Untuk hewan atau fauna, ada beberapa jenis hewan yang terancam punah di kawasan taman nasional ini. antara lain Anjing Ajag (Cuon alpinus), Lutung Surili (Presbytis comata), Owa Jawa (Hylobates moloch), Macan Tutul (Panthera pardus).

18. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas (Foto : saifulmuhajir.web.id)

Kalau bosan dengan kawasan Puncak, Bogor, cobalah berakhir pekan di Kebun Raya Cibodas. Di sana ada sungai yang airnya jernih untuk tempat anak-anak bermain. Ada juga taman hijau yang sangat luas dengan panorama menawan.

Lokasi Kebun Raya Cibodas terletak di kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Sindanglaya, Kec. Cianjur, Jawa Barat. Walaupun letaknya di Kabupaten Cianjur, namun sebagian wisatawan mengenalnya sebagai salah satu objek wisata alam di Bogor.

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu tempat wisata alam di Bogor. Taman yang menjadi icon Kebun Raya Cibodas adalah taman Lumut. Di dalam taman ini terdapat sebuah ruangan khusus untuk menyimpan 216 jenis lumut dari seluruh Indonesia bahkan dunia.

Untuk Anda yang menginginkan wisata alam murah dan penuh dengan edukasi, tempat ini cocok untuk mengajak keluarga Anda menghabiskan libur akhir pekan.

Selain menjadi tempat wisata Andalan saat libur akhir pekan maupun libur panjang, lokasi ini juga sering digunakan para rumah produksi iklan atau sinetron untuk proses shooting sinetron, iklan maupun video klip. Karena keindahan yang luar biasa ini, taman ini selalu ramai dikunjungi di akhir pekan. Untuk hari libur, sebaiknya Anda datang lebih awal karena akan banyak pengunjung yang berwisata.

19. Curug Nangka

Curug-Nangka-Bogor

Curug Nangka (Foto : citizen6.liputan6.com)

Curug Nangka berada di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Bogor. Jaraknya sekitar 25 km dari Kota Bogor lewat Ciapus yang bisa dilalui dengan mobil selama 30 sampai 45 menit. Lalu, Anda harus berjalan kaki sekitar 1,5 km untuk tiba di Curug Nangka. Tiket masuknya, sekitar Rp 10 ribu saja. Murah meriah bukan? Tak jauh dari Curug Nangka, juga ada Curug Luhur yang menggoda.

Rasa lelah setelah berjalan menuju Curug Nangka akan terbayar impas. Air terjun ini punya 3 tahap yang masing-masing memiliki ketinggian antara 10-20 meter. Airnya mengalir deras dengan pepohonan rimbun di sekitarnya. Cantik, sudah pasti!

Dengarkanlah gemuruh suara air terjunnya yang bagaikan irama alam. Celupkanlah kaki Anda ke airnya untuk merasakan betapa dinginnya air terjun tersebut. Kalau mau basah-basahan, sok atuh… Tempat wisata alam di Bogor yang satu ini memang asyik dan menarik.

20. Curug Luhur

Curug-Luhur-Bogor

Curug Luhur (Foto : wisatanesia.co)

Hanya sekitar 2 km setelah Pura Parahyangan Agung Jagattkarta, atau 1 km setelah akses menuju Curug Nangka, Anda akan menjumpai Curug Luhur di sebelah kanan jalan. Namun, Curug Luhur ini ternyata spesial.

Sebab, aliran air dari Curug Luhur langsung mengarah ke waterpark Curug Luhur Indah Paradise. Inilah satu-satunya air terjun yang lagsung terhubung dengan waterpark di Indonesia. Oleh karena itu, wisatawan dilarang berenang di kolam alami yang ada di bawah air terjun. Tapi tenang, disiapkan kolam khusus yang aliran airnya juga berasal dari air terjun untuk berenang.

Kembali ke Curug Luhur Indah Paradise, di sana terdapat wahana permainan seperti aneka perosotan dan ember tumpah. Tentu, yang bikin betah-betah traveler di waterpark tersebut adalah karena airnya yang segar yang langsung dari alam. Bukan air kaporit.

Tiket masuk ke Curug Luhur Indah Paradise dibanderol sebesar Rp 40 ribu. Ajak keluarga untuk jalan-jalan ke sini yuk, untuk main basah-basahan dan segar-segaran bareng. Tempat wisata alam di Bogor yang satu ini memang asyik dan seru.

Baca Juga : 25 Tempat Makan Enak Di Bogor Yang Murah Meriah

21. Curug Ngumpet

Curug-Ngumpet-Bogor

Curug Ngumpet (Foto : liburanyukss.blogspot.com)

Satu lagi air terjun yang tersohor di Bogor, yakni Curug Ngumpet. Sesuai namanya, Anda harus berjuang untuk datang ke tempat wisata alam di Bogor yang punya arti bersembunyi ini.

Terang saja, Curug Ngumpet berada di kawasan Gunung Salak, Pamijahan, Bogor. Curug ini bagaikan tersembunyi oleh tebing-tebing tinggi. Anda dikenai tiket masuk sebesar Rp 5.000 ke Curug Ngumpet ini.

Begitu tiba di depan Curug Ngumpet, Anda akan dibuat menganga. Gemuruh airnya cukup deras dan tingginya munkin mencapai puluhan meter. Suasana di sekitarnya cukup sunyi, seolah hanya ada Anda dan air terjun di depan mata. Silakan memotret air terjunnya dan bermain-main air sampai puas!

22. Curug Pangeran

Curug-Pangeran-Bogor

Curug Pangeran (Foto : ceritamu.com)

Tak jauh dari Curug Ngumpet, terdapat Curug Pangeran. Panorama air terjunnya pun tak jauh berbeda, hanya saja Curug pangeran lebih sepi dan lebih dingin. Curug Pangeran, lokasinya hanya sekitar 5 menit dari Penginapan Pondok Rasamala.

Curug Pangeran juga memiliki kolam alami dengan banyak bebatuan untuk duduk-duduk. Tapi tentu, Anda harus trekking terlebih dulu untuk tiba di sana. Tenang, jalanan untuk trekking ke sana mulus kok! Harga tiket masuk ke Curug Pangeran, sebesar sekitar Rp 6.500. Siapkan baju ganti ya, karena Anda pasti tergoda untuk bermain air yang dingin dan segar di sana.

23. Curug Cibeureum

Curug-Cibeureum-Bogor

Curug Cibeureum (Foto : tiyangsae.wordpress.com)

Curug Cibereum berada di ketinggian 1.625 mdpl di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cibodas, Jawa Barat. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk menuju air terjunnya.

Debit airnya mengalir deras dan tarasa dingin saat mengenai badan. Bebatuan hitam di sekitar kolam alami yang ada di bawah air terjunnya jadi tempat asyik untuk memandangi Curug Cibeuruem ini. Mau berenang sampai puas di tempat wisata alam Bogor ini? Silahkan.

24. Curug Seribu

Curug-Seribu-Bogor

Curug Seribu (Foto : Agus Bogor,flickr.com)

Curug Seribu di Gunung Bunder, Bogor memang eksotis. Begitu tiba di depan air terjunnya, Curug Seribu terlihat begitu besar dan dikelilingi lembah yang sangat terjal. Belum lagi, gemuruh air terjunnya yang deras pun terdengar jelas.

Meski terlihat eksotis dan airnya begitu jernih, nyatanya pengunjung tempat wisata alam di Bogor yang satu ini dilarang mendekat ke air apalagi berenang. Bukan tanpa sebab, air terjunnya sudah memakan banyak korban.

Jadi, di sekitar kolam alami di bawah air terjunnya diberi tali pembatas yang mana pengunjung tidak boleh melewatinya. Para pedagang setempat yang merupakan warga asli sana, tak segan menegur dengan tegas siapa saja yang masih bandel.

Tapi meski begitu, Curug Seribu sangat cocok didatangi bagi wisatawan yang suka bertualang. Anda harus trekking sampai 30 menit lebih lamanya serta melewati hutan belantara. Ingat, jam kunjungan ke Curug Seribu hanya dibatasi sampai pukul 16.00 WIB saja.

25. Curug Cigamea

Curug-Cigamea-Bogor

Curug Cigamea (Foto : indonesia-tourism.com)

Curug Cigamea berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat. Dekat dengan Desa Cibatok dan tak jauh dari pintu masuk taman nasionalnya. Begitu membayar tiket tak lebih dari Rp 5 ribu, Anda harus berjalan menuruni jalan setapak sejauh 700 meter. Begitu kurang lebih 10 menit berjalan, selamat datang di Curug Cigamea!

Lihatlah air terjunnya yang indah dan dikelilingi panorama hijau dari pepohonan. Anda bisa bermain air di kolam alami di bawahnya, atau sekedar duduk-duduk di bebatuan sambil menatapi air terjunnya.

Perjalanan menuju tempat wisata alam di Bogor ini berjarak kurang lebih 38 km dari pusat Kota Bogor. Cigamea memiliki arti gemuruh, karena debit airnya yang mengalir cukup deras. Di sebelah Curug Cigamea, ada Curug Cimudal.

Bogor memang kaya akan tempat wisata alam yang asyik, bagus, seru, keren, dan indah mempesona. Tak heran jika kota Bogor masuk dalam deretan teratas tujuan tempat wisata di Indonesia selain Wisata Bali, Wisata Bandung, dan Wisata Jogja. Sekian dulu info tentang aneka tempat wisata alam di Bogor dan sekitarnya yang asyik dan menarik, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>