Home » Wisata Asia » 25 Tempat Makan Enak Di Bogor Yang Murah Meriah

25 Tempat Makan Enak Di Bogor Yang Murah Meriah

Tempat Makan Enak Di Bogor – Anda sedang mencari tempat makan enak di Bogor? Ini dia daftar tempat makan enak di Bogor yang murah meriah. Kuliner enak dan murah memang selalu menjadi incaran para wisatawan yang sedang mengunjungi tempat liburan di Bogor. Apalagi jika mengunjungi kawasan puncak Bogor, tak lengkap rasanya bila belum mencicipi aneka makanan khas kota hujan ini.

Saking banyaknya tempat makan di Bogor yang enak, mungkin Anda akan kebingungan dalam memilihnya. Tapi Anda tidak usah kuatir, Aneka Wisata telah menyiapkan rekomendasi tempat makan enak dan murah di Bogor yang layak Anda cobain. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak 25 tempat makan di Bogor yang enak dan murah berikut.

Tempat Makan Enak Di Bogor Yang Murah Meriah

1. Toge Goreng Mang Gebro

Toge Goreng Mang Gebro

Toge Goreng Mang Gebro (Foto : blog.misteraladin.com)

Toge Goreng adalah salah satu kuliner khas Bogor. Makanya, jika Anda berkunjung di kota ini, Anda bisa menemukan banyak banget penjual toge goreng.

Tapi, ada salah satu tempat makan toge goreng yang sudah legendaris, yaitu Toge Goreng Mang Gebro. Tempat makan di Bogor yang enak ini terletak di Pasar Anyar, Jalan Pengadilan (depan Irian Motor), Bogor.

Kenapa bisa legendaris? Soalnya Toge Goreng Mang Gebro sudah ada dari tahun 1967. Cita rasanya pun belum berubah dari pertama kali dijual sampai sekarang. Harganya pun murah banget!

Cuma dengan Rp10.000 Anda sudah bisa menikmati seporsi toge goreng dengan rasa yang manis gurih ini. Tak heran jika Toge Goreng Mang Gebro masuk dalam daftar tempat makan enak di Bogor yang murah meriah.

2. Doclang Pak Odik

Doclang

Doclang (Foto : klikhotel.com)

Selain toge goreng, doclang juga termasuk kuliner khas Bogor yang wajib Anda cobain. Doclang merupakan makanan yang berupa potongan lontong khas dibungkus dengan daun patat, ditemani oleh tahu goreng, kentang rebus dan telur rebus kemudian diguyur bumbu kacang manis. Taburan bawang goreng dan kerupuk menjadi pelengkap penyempurna.

Salah satu tempat makan enak di Bogor yang menjajakan doclang adalah Doclang Pak Odik yang terletak di Jl. Pasir Kuda. Bumbu kacang menjadi kunci keunggulan dari Doclang Pak Odik ini, rasa legit yang pas dengan butiran kacang yang tidak tergerus halus memberikan sensasi yang berbeda ketika menyantap doclang di tempat ini.

Satu porsi doclang bisa kita nikmati seharga Rp. 8000 tanpa telur, sedangkan kalau menggunakan telur cukup tambahkan 2000 rupiah. Murah banget bukan?

3. Soto Bogor Pak Salam

Soto Bogor Pak Salam

Soto Bogor Pak Salam (Foto : visitbogor.com)

Bagi Anda penggemar soto, jangan sampai melewatkan tempat makan enak di Bogor yang satu ini. Namanya Soto Bogor Pak Salam. Soto Pak Salam disajikan dengan kuah santan kuning dengan harum rempah yang khas dengan pilihan isinya yang bisa kita tentukan sendiri: daging sapi, otak, paru, limpa, lidah, usus, babat dan kikil. Disandingkan dengan nasi yang sudah bertabur bawang goreng. Maknyus banget deh pokoknya.

Meskipun tempatnya hanya berupa tenda kaki lima, tapi kelezatan Soto Bogor Pak Salam sudah tersohor di kalangan warga Bogor dan sekitarnya. Bahkan Anda harus rela antri untuk mendapatkan semangkok soto kuning khas Bogor ini.

Warung makan di Bogor yang enak ini terletak di Jl. Suryakencana dan mulai buka sore hari sekitar jam 4-an. Soal harga, untuk masing-masing pilihan kikil, paru, lidah, dll dihargai 5000 rupiah per buah dan untuk makanan lain 1000 per buah. Lumayan murah bukan?

Baca Juga : 15 Tempat Nongkrong Di Bogor Yang Asik Dan Enak

4. Soto Kuning Pak M Yusuf

Soto Kuning Pak M Yusuf

Soto Kuning Pak M Yusuf (Foto : hellobogor.com)

Lokasi tempat makan enak di Bogor yang satu ini masih di Jalan Surya Kencana, daerah pecinan ‘china town’ dan salah satu sentra kuliner Bogor. Lokasi Soto Pa’ Salam dan Soto Kuning Pak M Yusuf ini hanya dibatasi oleh Gang Aut. Kalau dari arah Pasar Bogor, maka lokasinya sebelum Gang Aut. Sedangkan Soto Pa’ Salam setelah Gang Aut.

Sebagaimana layaknya soto, maka pengunjung diberikan pilihan untuk memilih aneka daging dan jeroan. Untuk daging tersedia daging khas dan daging campuran. Pilihan lainnya adalah babat, usus, paru, dan lain-lain.

Tidak seperti halnya Soto Pak Salam yang beberapa pilihan dagingnya digoreng terlebih dahulu, Soto Pak M Yusuf ini dagingnya hanya direbus dan tidak digoreng. Setelah memilih, daging dipotong-potong dan ditambahkan tomat untuk kemudian dicampur dengan kuah kuning yang khas.

Soto Kuning Pak M Yusuf ini buka setiap hari dari pagi sekitar pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore atau setelah habis. Untuk urusan harga, satu potongan daging pilihan dihargai 10 ribu rupiah (10K), dan nasi putih 5 ribu rupiah (5K).

Jadi kalau anda memilih tiga potongan daging, maka ditebus dengan 35K dengan nasi putihnya. Sebagai teman makannya disediakan juga perkedel dan emping goreng.

5. Soto Kuning Pak Yusup

Soto Kuning Pak Yusup

Soto Kuning Pak Yusup (Foto : banyumurti.net)

Satu lagi soto kuning khas Bogor yang wajib Anda cobain, yaitu Soto Kuning Pak Yusup. Soto Kuning Pak Yusup terletak di Jl. Surya Kencana Bogor (Dekat BCA) disamping bakso kikil pak Jaka yang sudah terkenal juga, dan termasuk salah satu tempat makan enak di Bogor yang murah meriah.

Tapi jangan salah beli ya, soto kuning pak Yusup yang dimaksud berjualan mulai jam 14.00, karena di tempat yang sama dari pagi juga ada penjual soto kuning.

Soto kuning ini memang kuahnya menggunakan santan, jadi pasti gurih dan lezat, dan biasa menggunakan rendaman daging sapi supaya lebih berkaldu. Dan kalau kita mau pesan, kita bisa memilih sendiri, jadi sudah di display potongan-potongan daging dan jeroan.

Untuk isian sotonya bisa dipilih sesuai selera, ada daging, usus, hati, babat, limpa, paru, otak, lidah dan juga kikil. Dan isiannya ini tersedia dalam 2 pilihan, ada yang digoreng dan dibumbu kuning.

Harga perpotongnya dibandrol mulai 6ribu sampai 8ribu rupiah, biasanya yang digoreng sedikit lebih mahal. Biasanya 2-3 potong saja sudah cukup untuk isiannya, tapi tergantung kapasitas perut kita masing-masing.

6. Soto Santan Bang Ali

Soto Santan Bang Ali

Soto Santan Bang Ali (Foto : hellobogor.com)

Bogor juga punya soto yang menggunakan santan, ini juga andalan soto dari kota Bogor. Namanya adalah Soto Santan Bang Ali. Soto santan adalah soto yang berisi irisan daging sapi dan jeroan sapi, kemudian kuah kaldunya dimasak dengan santan dan juga bahan-bahan lain, seperti bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, dan bumbu rempah lainnya.

Kuahnya berwarna kuning kecoklatan dan beraroma sangat harum. Dan, sebagai pelengkapnya diberi bawang merah goreng dan irisan daun bawang.

Tempat makan enak di Bogor yang satu ini sudah cukup lama berjualan di Jalan Pemuda, yaitu sejak tahun 1975. Dekat dengan GOR Pajajaran, tidak jauh setelah pabrik ban Good Year. Kedai Pak Ali berukuran kecil dan sangat sederhana. Kita harus sedikit bersabar untuk menunggu pesanan kita sampai. Maklum saja karena di sini ramai sekali. Sepiring soto santan dihargai Rp 21.000.

Rasa kuah di soto Bang Ali ini juga sangat khas lho. Selain rasa santan, ada rasa asamnya juga. Ternyata rasa asam berasal dari belimbing wuluh atau belimbing sayur. Pantas saja rasanya jadi terasa lebih segar. Enak banget rasa soto santan Bang Ali ini. Terlebih lagi karena rasa santannya yang tidak terlalu kental tadi, malah membuat rasa kuahnya jadi lebih enak menurut saya.

Tidak enek karena kebanyakan santan. Gurih, segar, plus wangi aroma kaldu yang bercampur dengan rempah-rempah ini amat menggiurkan. Dagingnya empuk pula. Paru gorengnya juga tidak alot. Enak banget, mantap rasanya.

7. Baso Gulung Bragi

Bakso Gulung Bragi

Bakso Gulung Bragi (Foto : ceritaperut.com)

Setelah menjelajahi aneka soto khas Bogor, saatnya kita beralih ke menu bakso. Kita awali tempat makan murah di Bogor yang menajajakan bakso dengan mengunjungi Baso Gulung Bragi. Di mana-mana, yang namanya bakso ya pasti bulat.

Tapi bakso yang satu ini beda. Bentuknya lonjong, berlapis-lapis, dan warnanya bukan abu-abu tetapi cokelat. Itu yang bikin penampilan Bakso Gulung Bragi jadi unik banget.

Tak hanya spesial dari segi bentuk, nyatanya komposisi bakso juga berbeda. Supaya ada efek garing, si penjual membungkus adonan bakso dengan kembang tahu, lalu digoreng. Selain bakso gulung, di sana dijual juga bakso daging dan bakso urat.

Seporsi bakso dibanderol dengan harga Rp 7.000 – Rp 15.000, tergantung pasangannya. Lokasi tempat makan enak di Bogor yang murah ini berada di Jalan Playu Raya Nomor 39, Bantarjati, Bogor.

8. Bakso Urat Boboho

Bakso Urat Boboho

Bakso Urat Boboho (Foto : sucira.wordpress.com)

Makan bakso bakal lebih ajib lagi kalau ditambahin tetelan, jadi gurih. Itu dia, kalau Anda pesan semangkuk bakso di kedai Bakso Boboho, otomatis Anda dikasih lima potong tetelan. Gak perlu minta. Tetelan ekstra tersebut digoreng untuk memberi efek krenyes, di tengah tekstur bakso yang kenyal dan kaya akan urat tadi.

Tiap hari, kedai Bakso Boboho selalu ramai pengunjung yang kebanyakan anak sekolah dan warga yang tinggal sekitar sana. Jadi jangan sampai kehabisan, karena semangkuk bakso yang lengkap dengan tetelan harganya cuma Rp 15.000. Tempat makan enak di Bogor ini terletak di Jalan Bangbarung Raya Nomor 51, Bantarjati, Bogor.

Baca Juga : 15 Oleh-Oleh Khas Bogor Yang Terkenal Dan Tahan Lama

9. Bakso Seuseupan

Bakso Seuseupan

Bakso Seuseupan (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Seuseupan gak berarti di kedai bakso ini Anda bakal dikasih tulang sum-sum gede yang bisa disesap isinya. Istilah seuseupan berasal dari nama daerah setempat, yakni Jalan Raya Puncak Seuseupan II, tepatnya di Jalan Bangbarung Raya Nomor 3, Bantarjati, Bogor.

Konsep bakso di tempat ini tak jauh beda dari Bakso Boboho. Seporsi bakso urat dan bakso telur disajikan bersama taburan tetelan goreng yang bikin kuah makin gurih. Kalau ngerasa masih kurang, Anda boleh bisa tetelan goreng secara terpisah.

10. Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka (Foto : bogor.net)

Di Jalan Suryakencana, ternyata bukan hanya sotonya yang terkenal, ada juga Bakso yang menggoyang lidah yaitu Bakso Kikil Pak Jaka. Walau tampilan gerobaknya sederhana, lebih mirip gerobak tukang es namun tempat makan enak di Bogor yang menyajikan bakso ini udah hits sejak tahun 1998 dan selalu ramai pengunjung.

Untuk harga satu porsinya adalah Rp 10 ribu kalau hanya bakso saja. Jika ditambah dengan kikil, maka harganya Rp 17 ribu. Bakso ini lebih nikmat saat disantap selagi panas. Dagingnya empuk dan kuahnya sangat enak. Sekali coba, siap-siap ketagihan ya!

11. Bakso Bakar Arema Malang

Bakso Bakar Arema Malang

Bakso Bakar Arema Malang (Foto : indrastories.blogspot.com)

Makan bakso rebus, itu mah biasa. Di Jalan Suryakencana ada satu bakso yang beda. Bukannya dimasukin ke dalam sepanci air mendidih, bakso ini malah dibakar di atas panggangan. Namanya, Bakso Bakar Arema Malang. Bakso bakar memang ikonnya kuliner enak di Malang, namun kini Anda bisa langsung mencicipinya di Bogor.

Bakso bakar ini disajikan barengan sama lontong dan bumbu kacang dan tak lupa kuah segar khas bakso Malang sebagai penetralisir pekatnya kuah kacang. Buat yang laper, menyantap bakso yang ditebus dengan Rp 12.000 ini jadi pilihan tepat. Satu porsi bakso isinya ada 12 butir bakso kecil yang ditusuk ke dalam 3 tusukan.

12. Bakso Mas Bejo

Bakso Mas Bejo

Bakso Mas Bejo (Foto : travel.detik.com)

Satu lagi tempat makan enak di Bogor dengan menu andalannya berupa bakso, yaitu Bakso Mas Bejo. Warung Bakso Mas Bejo yang cukup populer ini bisa ditemukan di Gang Pasama, Cimanggu, Bogor. Warung ini menyediakan bakso sapi ukuran jumbo dan mie ayam.

Bakso jumbo Mas Bejo ini sering juga disebut dengan basset. Banyak yang mengira bahwa basset merupakan singkatan dari bakso setan, karena ukurannya yang besar. Tapi rupanya, basset itu singkatan dari bakso asli Solo daging sapi enak terjamin halal.

Seporsi bakso jumbo dijual dengan harga Rp 22 ribu, jika pakai mie ayam harganya Rp 27 ribu. Untuk minumannya dijual mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 6.000.

Bakso ukuran besar itu diberi isi daging iga giling. Ketika dibelah, daging iga yang cukup banyak yang menggiurkan pun akan terlihat. Pengunjung bisa memesan seporsi bakso ini dengan mie biasa atau mie ayam, agar lebih mantap.

Ketika dicoba, tektur halus kulit bakso berpadu dengan terkstur daging iga yang agak kasar. Rasanya begitu lezat dan tidak alot. Kuahnya juga terasa segar, dengan bumbu yang tak terlalu tajam.

13. Mie Janda

Mie Janda

Mie Janda (Foto : kulineri.com)

Namanya memang mengundang rasa penasaran: Mie Janda. Janda ini bukan menyatakan status sang empunya, tapi singkatan dari Jawa-Sunda, karena konon paduan rasa yang diolah di kedai ini merupakan campuran cita rasa dari Jawa dan Sunda. Menu andalan dari tempat makan enak di Bogor yang murah ini adalah Mie Ayam Jamur.

Harganya? Anda bisa mendapatkan satu porsi Mie Janda mulai dari 10 ribu hingga 25 ribu rupiah. Sementara untuk minuman, anda sudah bisa menikmati satu porsi minuman mikmat dan sehat mulai dari 5 ribu hingga 15 ribu rupiah. Cukup murah bukan?

Untuk minuman di kedai ini juga cukup unik, diantaranya Es Duda dan Es Jejaka. Namanya juga menggelitik kan? Es Duda sebenarnya singkatan dari Es Madu dan Kelapa Muda + Nangka, sementara Es Jejaka adalah es jeruk dan kelapa. Kebayang segernya kan? Harga satu gelas Es Duda cuma 9ribu rupiah sementara Es Jejaka 8ribu rupiah.

14. Mie Rampok

Mie Rampok

Mie Rampok (Foto : hellobogor.com)

Mie Rampok adalah singkatan dan cabang dari Mie Ramen Depok. Kalau penasaran rasanya bagaimana, nggak perlu jauh-jauh kan ke tempat asalnya, karena di Bogor sudah ada. Jadi, kalau lagi liburan di Bogor, Anda mesti coba dan mampir kesini.

Mie Rampok aslinya adalah modifikasi dari Mie Ramen (Mie Khas Jepang) dengan beragam isian didalamnya, seperti Bakso dan olahan seafood lainya. Namun, untuk menjaga citarasa bumbu asli Indonesia, Mie Rampok diracik khusus dengan rempah-rempah yang ada disini.

Percaya, deh… sekali menghirup aroma kuah Mie Rampok ini, langsung perut rasanya berontak ingin mencicipi rasanya. Yang terasa sekali harum aroma jahe bercampur kunyit.

Tempat makan enak di Bogor yang satu ini dapat Anda temui di depan Cibinong City Mall, setiap malam mangkal menggunakan motor 3 roda (viar). Dan satunya lagi berada di Jl. Sukahati dengan konsep resto.

Untuk menunya tidak terlalu banyak, selain menu utama Mie Ramen dengan pilihan Mie Rampok Paha, Sayap dan Ceker, disini tersedia juga Mie Steak Rampok dengan harga yang relatif murah. Untuk Mie Rampok Sayap dan Ceker cuma Rp. 15rb saja. Mistiknya paling mahal seharga Rp. 18rb.

15. Sop Buah Pak Ewok

Sop Buah Saung Pak Ewok

Sop Buah Saung Pak Ewok (Foto : loveindonesia.com)

Ingin yang seger-seger? Cobain deh Sop Buah Pak Ewok. Saung Pak Ewok menyediakan sop buah dengan aneka potongan buah segar. Ada 3 cabang di Bogor, salah satunya bisa ditemukan di Jl Bukit Tunggul No 5, tak jauh dari Taman Kencana.

Dalam satu mangkuk sop buah memang terdapat banyak potongan aneka buah. Di sop buah duren misalnya, tak hanya duren tapi juga ada potongan jambu, pir, anggur, strawberry, sirsak, jeruk dan lain sebagainya. Kuah sop juga terasa begitu segar dengan campuran air, es, gula dan susu.

Pilihan menu selain duren adalah sop buah susu, sop buah jeruk serta sop buah yoghurt. Selain sop buah, ada pula menu makanan seperti batagor dan aneka olahan nasi.

Saung Pak Ewok juga berada di tempat yang nyaman dengan meja kursi yang kebanyakan dari rotan dan bambu. Para pelayan yang berseragam hijau juga melayani dengan sigap dan ramah. Buat Anda yang ingin nongkrong sambil menikmati sop buah segar, langsung saja datang ke Saung Pak Ewok. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali Jumat. Jam bukanya mulai 10.00 hingga 21.00 WIB.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Di Bogor Terbaru Yang Bagus Dan Hits

16. Pepes Sagu

Pepes Sagu

Pepes Sagu (Foto : klikhotel.com)

Jika mau cari camilan yang terkenal di Bogor, pepes sagu adalah pilihannya. Mungkin Anda akan mengernyitkan dahi, apa rasanya sagu disajikan dengan cara dipepes. Penasaran? Tempat makan enak di Bogor yang menjual camilan ini dapat Anda temukan di Jl Suryakencana.

Gerobak besar berwarna biru dengan aneka macam pepes disuguhkan dengan rapi. Dari aneka macam pepes, ada tiga yang jadi juaranya yaitu pepes sagu pisang keju, keju, dan nangka. Pepes sagunya sendiri sangat nikmat! Sagunya terasa lembut saat dikunyah dan wangi. Rasa yang ada di dalamnya seperti keju, tidak menyatu dengan rasa sagu.

Harga satuan pepes sagu ini mulai dari Rp 3.500. Murah meriah bukan? Pepes sagu ini cukup untuk mengganjal perut dan menahan lapar. Tak hanya bisa dinikmati sendiri, pepes sagu juga cocok jadi oleh-oleh kuliner dari Kota Hujan.

17. Lumpia Bogor

Lumpia Bogor

Lumpia Bogor (Foto : ceritaperut.com)

Tak hanya kuliner khas Semarang yang terkenal akan lumpianya, Bogor rupanya juga punya lumpia. Asyiknya, lumpia Bogor juga punya ukuran yang besar dan rasanya sungguh maknyus! Tempat makan enak di Bogor yang menjual lumpia ini dapat Anda temukan di Jl Suryakencana.

Harga satuannya adalah Rp 9.000. Meski demikian, makan satu saja Anda dijamin sudah kenyang. Untuk menemukannya, carilah gerobak berwarna hijau besar. Lumpia ini pun sangat terkenal di Bogor! Bahan nomor satunya memakai bengkoang, jadi beda sama lumpia lain yang memakai rebung. Rasanya juga beda!

18. Laksa Bogor

Laksa Bogor

Laksa Bogor (Foto : klikhotel.com)

Laksa Bogor terdiri dari ketupat, soun, dan toge, serta ditambahkan dengan telur, oncom bereum dan daun kemangi. Kuah santannya pun dijamin ‘nendang’ banget! Harganya tak mahal, cukup Rp 6 ribu saja. Asyiknya, laksa ini dapat Anda temukan dengan mudah di Bogor.

Tempat makan enak di Bogor yang menjadi favorit dengan menu laksa-nya berada di Taman Surya Kencana. Rasakan laksanya yang khas, panas, dan menggoda. Tak hanya itu, rupanya laksa Bogor juga menjadi salah satu dari 30 ikon kuliner Indonesia yang sudah ditetapkan oleh Kemenparekraf lho!

19. Cungkring

Cungkring

Cungkring (Foto : hansauto.net)

Mau cari sarapan yang unik di Bogor? Cobain deh CUNGKRING. Dari namanya juga unik kan? Cungkring ini adalah potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak bumbu kuning kemudian diguyur dengan bumbu kacang yang aduhai rasanya.

Kadang bisa dinikmati dengan lontong dan tempe goreng tepung. Paduan bumbu kuning yg meresap plus bumbu kacang yang legit menjadikan makanan ini maknyus menggoyang lidah.

Cungkring ini dapat Anda temukan di salah satu sudut Jl Suryakencana, dekat dengan perempatan dengan Gg. Aut. Hanya sebuah gerobak pikul dan dilayani seorang bapak tua yang sangat ramah. Biasanya sudah “standby” dari jam 7 pagi dan habis sekitar jam 10an.

Tapi di akhir pekan, biasanya jam 9 udah ludes habis. Satu potong cungkring dihargai Rp.3000. Tempe dan lontongnya sendiri Rp.1000. Murah meriah bukan?

Baca Juga : 73 Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Bogor Yang Wajib Dicoba

20. Ceker Ranjau

Ceker-Ranjau

Ceker Ranjau (Foto : kulineri.com)

Bagi Anda pecinta ceker, Ceker Ranjau adalah tempat makan enak dan murah di Bogor yang paling ajib alias maknyus! Ada banyak banget menu ceker yang bisa Anda pilih di sini. Yang paling favorit, sih pastinya Ceker Ranjau dengan kuah karinya yang membakar lidah.

Kalau Anda kurang suka yang pedas-pedas, bisa juga cobain menu lainnya, kayak ceker crispy, ceker oyeng, ati ampela, tahu & tempe oyeng, dan masih banyak lagi. Harganya pun enak banget di kantong. Mulai dari Rp3.000 aja! Murah meriah bukan?

21. Bapatong

Bapatong

Bapatong (Foto : saranwisata.com)

Bapatong merupakan singkatan dari Bakso Kupat Gentong. Makanan ini termasuk salah satu kuliner khas Bogor yang paling dicari pecinta kuliner. Kalau Anda sedang berlibur ke kota Bogor jangan lupa untuk mencicipi hidangan yang satu ini ‘Bakso Kupat Gentong’.

Yang membedakan Bako kupat gentong dengan bakso pada umumnya yaitu adanya potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu iga sapi di dalamnya.

Ditambah dengan kaldu sapi, bakso, bihun, mie kuning, dan pangsit yang pastinya sangat enak, apalagi didalam mangkuk diberikan satu butir cabe rawit yang seksi, maka tampilan dan rasanya semakin menggoda dan menggiurkan, Nah buat Anda yang pecinta pedas bisa request untuk cabenya sesuai selera.

Biasanya ada BAPATONG ada juga Es Dower yang sangat cocok menjadi teman santap kuliner, Es dower sendiri adalah es yang terbuat dari santan kepala beku ditambah dengan gula dan irisan buah serta agar-agar.

Tempat makan enak di Bogor yang satu ini terletak di Jalan Pangrango No. 1, Bogor. Harga menu disini berkisar antara 15.000 – 20.000 rupiah. Cukup terjangkau bukan?

22. Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo

Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo

Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo (Foto : tempatpariwisataindonesia.com)

Sate dari daging seperti kambing, sate sapi atau sate ayam mungkin sudah biasa, tapi kalo sate dari sumsum? Pasti lebih dari biasa. Itulah yang ditawarkan Sate Sapi Pak Oo yang menjajakan sate dari sapi, tidak cuma dagingnya tapi juga sumsum, ati dan ginjalnya.

Yang paling favorit adalah Sate Sumsum, sumsum yang kenyal dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dan dibakar layaknya sate. Disajikan dengan bumbu kacang. Sensasi yang muncul ketika kelembutan sumsum kemudian lumer di dalam mulut plus rasa bumbu kacang yang legit, buat saya, bener-bener juara. Harga Rp.22.000/porsi.

Sate Sapi Pak Oo menempati tempat yang sederhana, satu tempat dengan Nasi Goreng Guan Tjo yang terkenal dengan Nasi Goreng Petenya di Jl Suryakencana Bogor yang memang terkenal sebagai salah satu pusat kuliner di Kota Bogor. Bila Anda sedang liburan ke Bogor, jangan lewatkan tempat makan enak di Bogor yang satu ini.

23. Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut

Bebek Goreng Pak Ndut

Bebek Goreng Pak Ndut (Foto : id.foursquare.com)

Menu andalan tempat makan enak di Bogor yang satu ini adalah olahan Bebek dengan beragam teknik pengolahan serta sambal nya yang bikin nagih. Konsep dari tempat ini bisa untuk lesehan, saung, dan meja. Selain menyuguhkan olahan bebek, tempat ini menyediakan olahan ayam. Tersedia juga lahan parkir yang cukup luas.

Tersedia bebek & ayam original, sangan, remuk dan ijo. Untuk bebek & ayam (paha/dada) harganya bervariasi dari Rp. 16.500 – Rp. 19.500. Alamat Bebek Pak Ndut di JL. Pemuda, No. 9A, Bogor, tepatnya dekat dengan air mancur, Bogor.

24. Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia (Foto : id.foursquare.com)

Ingin nyobain menu nasi goreng di Bogor? Coba datang saja ke Nasi Goreng Mafia yang beralamat di Jl Bangbarung. Tempat makan enak di Bogor ini tidak terlalu besar, tapi lumayan cukup untuk belasan pelanggan. Dapur masak ada di depan sehingga kita bisa melihat proses menggoreng nasi.

Nasi goreng ini memiliki ke-khas-an dari bumbu rempahnya. Ada pedas kapulaga, merica, maupun pedas cabai. Ada levelnya pula. Topping nasi goreng juga bisa dipilihan, mulai Telor mata sapi hingga Kikil. Rasanya memang pedas.

Range harga berkisar 15ribu – 21ribu. Ditilik dari rasa dan penyajian, menurut saya harganya “over rated”. Untuk ukuran nasgor yang walaupun mengusung bumbu khas pedas rempah-rempah, dengan rasa pedas harganya memang agak mahal sih untuk kantong masyarakat umum.

Namun wajar saja, karena bumbu rempah ini misalnya kapulaga, kemiri, merica, dan cabai memang mahal. Untuk minuman, masih harga yang wajar.

25. Bubur Ayam Kabita

Bubur Ayam Kabita

Bubur Ayam Kabita (Foto : foursquare.com)

Anda penggemar bubur ayam? Jika iya, Anda mesti mampir nyobain Bubur Ayam Kabita yang legendaris di Bogor. Dibuka sejak tahun 1970 oleh pemilik pertamanya, Alm. H. Loekman, menjadikan Bubur Ayam Kabita dikenal urang Bogor seperti sekarang. Tempat makan enak di Bogor yang murah ini terletak di Jalan Gunung Batu No 50, Kota Bogor.

Tekstur buburnya yang padat, sungguh nikmat jika disajikan selagi hangat. Dengan ditambahkan kecap asin yang banyaknya seperti kuah pada sop dan topping yang ditutupi oleh kerupuk bisa seketika menaikan air liur penikmatnya.

Disamping itu, Bubur Ayam Kabita ini juga menyuguhkan berbagai jenis sate tusuk sebagai pelengkap. Seperti, sate usus ayam, sate hati ayam dan sate telor puyuh.

Uniknya, selain menjual bubur ayam, Kabita juga menjual soto ayam dan nasi putih. Tidak hanya itu, disana juga disedikan berbagai jajanan untuk bisa dibawa pulang. Ada telor asin, rujak cireng dan berbagai makan olahan lainnya.

Bubur Ayam Kabita ini buka setiap hari dengan dua menu yang disajikan di setiap waktu. Jadi, kita bisa makan bubur untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. Untuk Senin s/d Sabtu, Bubur Ayam Kabita buka mulai pukul 06.00 – 00.00 dan hari Minggu buka mulai pukul 06.00 – 20.00.

Pokoknya dengan kocek 20ribu saja kita bisa pulang dengan kenyang. Satu porsi bubur ayam seharga 10 ribu ditambah sate dengan harga 2 ribu per tusuk dan minuman segar sesuai rekomendasi bisa memanjakan perut kita yang mengunjunginya. Murah meriah dan enak lagi.

Sekian dulu info tentang tempat makan atau restoran di Bogor yang enak, murah, dan unik. Selain daftar rumah makan enak di Bogor yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi restoran enak di Bogor yang dapat Anda kunjungi. Oleh karena itu, bagi Anda yang punya info tentang tempat makan enak di Bogor yang murah meriah lainnya dapat berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>