Home » Wisata Asia » 20 Tempat Wisata Anak Di Bogor Yang Bagus Dan Menarik

20 Tempat Wisata Anak Di Bogor Yang Bagus Dan Menarik

Tempat Wisata Anak Di Bogor – Ingin liburan bersama anak Anda? Jelajahi saja aneka tempat wisata anak di Bogor yang bagus dan menarik. Ada banyak pilihan tempat wisata di Bogor untuk anak Anda, apakah hanya sekadar jalan-jalan atau mengunjungi tempat liburan yang sudah Anda tentukan. Kota ini menawarkan banyak tempat wisata yang aman sekaligus menyenangkan bagi anak-anak dan keluarga.

Kawasan puncak Bogor memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan saat weekend atau pun libur panjang. Tempat wisata di Bogor yang bagus tentu menjadi tujuan utama untuk berlibur bersama sang anak tercinta. Entah bermain mengenal hewan di Taman Safari, bermain seluncuran di kolam renang, atau pun ke tempat alam seperti air terjun menjadi daya tarik utama dari kota Bogor.

Nah, bagi Anda yang berencana liburan ke kawasan Bogor bersama anak dan keluarga, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar objek wisata di Bogor yang pas dan cocok untuk anak Anda. Apa saja kira-kira? Yuk, simak 20 tempat wisata anak di Bogor yang bagus, menarik, dan asyik berikut.

Tempat Wisata Anak Di Bogor Yang Bagus Dan Menarik

1. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park (Foto : myhotelmyresort.com)

Kita mulai tempat wisata anak di Bogor dengan mengunjungi Jungleland Adventure Theme Park. Objek wisata yang terletak di Jl. Jungleland Boulevard Kawasan Sentul Nirwana – Bogor ini sangat pas banget menjadi tempat liburan anak dan keluarga yang asyik dan seru. Aneka wahana permainan petualangan dengan tema outdoor themepark bertaraf internasional dapat Anda nikmati disini.

Fasilitas pendukung kenyamanan pengunjung di Jungleland pun di desain dengan keunikan tersendiri sehingga memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya. Semua keistimewaan ini mengukuhkan Jungleland Indonesia sebagai Outdoor Themepark Terbesar, Terlengkap & Terunik di Indonesia.

Jungleland sudah membuka 3 zona yaitu Carnivalia, Tropicalia dan Mysteria, dengan 30 wahana permainan (dari 41 wahana yang direncakanan), show dan atraksi, parade dan Science Exhibition yang bekerjasama dengan Science Centre Singapore. untuk harga tiket masuknya yaitu Weekday (Senin-Jumat) pukul 10.00 – 18.00 Rp 100.000/orang dan Weekend (Sabtu-Minggu) pukul 10.00 – 19.00 Rp 150.000/orang.

2. Taman Safari

Taman-Safari-Indonesia

Taman Safari Indonesia (Foto : mattkoenigphotography.com)

Kebun binatang yang terletak di Cisarua, Puncak, Bogor ini merupakan tempat ideal dikunjungi bersama keluarga. Di Taman Safari, Anda bisa mengajak anak-anak menyaksikan dari dekat kehidupan lebih dari 2.500 hewan, di antaranya macan, singa, beruang, zebra, panda, gajah dan jerapah.

Menariknya lagi, hewan-hewan tersebut dibiarkan hidup bebas, sehingga Anda dapat menyaksikan mereka bermain dari balik jendela mobil.

Sebagai salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia, tak heran tempat wisata anak di Bogor yang satu ini menjadi tujuan utama untuk berlibur bersama anak. Selain kebun binatang, juga terdapat beberapa wahana permainan yang menyenangkan.

Selain itu, Anda bisa mengajak anak Anda untuk berfoto bersama bayi-bayi satwa liar seperti macan tutul, orangutan dll. Ada juga Wahana Elephant Adventure tempat Anda bisa menunggangi gajah untuk berkeliling di sekitar area kebun binatang.

Dengan harga tiket Rp85 ribu (dewasa) dan Rp80 ribu (anak-anak), Anda bisa puas bersenang-senang berlibur dan belajar tentang dunia fauna bersama anak.

3. The Jungle Water Adventure

The-Jungle-Water-Adventure

The Jungle Water Adventure (Foto : alimustikasari.com)

Bingung mencari tempat wisata anak di Bogor yang bisa untuk berenang sekaligus menyediakan wahana permainan? Coba deh kunjungi The Jungle Water Adventure.

Untuk anak yang suka berenang, banyak sekali pilihan yang asyik sekaligus menantang untuk dicoba contohnya Wahana Slide Pool, di mana ada empat seluncuran dengan tinggi 8 meter untuk sampai ke kolam renang.

Selain itu ada pula Spiral Slide yaitu seluncuran yang terbuka dan Tube Slide seluncur air tertutup. Kedua wahana tersebut masing-masing memiliki ketinggian 12 meter. Seru dan asyik deh bermain air disini sampai puas, bahkan mungkin lupa untuk pulang karena saking asyiknya.

Bagaimana dengan anak yang tidak ingin berenang? Tenang, ada beberapa wahana yang masih menyenangkan. Antara lain, ada Sinema 4D, ada Bird park (taman yang berisi berbagai macam jenis burung di Indonesia seperti burung kakatua raja, merak, elang, flamingo, nuri merah dan masih banyak lagi).

Ada pula Snow World tempat kita bisa merasakan seolah-olah berada di dalam wilayah yang bersalju. Anda bisa membuat bola salju, bermain seluncuran yang terbuat dari es, dan membuat boneka salju yang sering ada di film-film luar negeri. Lokasi: Jalan Pahlawan, Perumahan Bogor Nirwana Resident, Bogor, Jawa Barat 1613.

4. Kebun Raya Bogor Dan Museum Zoologi

Kebun-Raya-Bogor

Kebun Raya Bogor (Foto : eibidiei.wordpress.com)

Salah satu kebun botani buatan manusia terbesar di Indonesia, Kebun Raya Bogor memiliki berbagai jenis pohon serta tumbuhan yang berjumlah kurang lebih 15.000 di area seluas 87 hektar. Biasanya pada hari Sabtu-Minggu, tempat wisata anak di Bogor ini akan ramai dikunjungi masyarakat yang berjalan kaki menikmati indahnya alam.

Di dalam KRB terdapat pula Museum Zoologi, jadi sekali masuk Anda bisa menikmati 2 objek wisata sekaligus. Ingin melepas dahaga atau mengisi perut? Ada Cafe Dedaunan — anak-anak pun bisa bermain sepuasnya di lapangan luas depan restoran! KRB termasuk tempat wisata di Bogor yang murah meriah karena tiket masuknya hanya sekitar 15 ribu rupiah kalau belum naik lho ya. Lokasi: Jalan Ir. Haji Juanda No.13, Bogor 16122.

5. Rumah Air

Rumah Air

Rumah Air (Foto : liburananak.com)

Rumah Air terletak di Komplek Perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR), Bogor Selatan, atau dekat kaki Gunung Salak. Tempat wisata anak di Bogor ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang berdomisili di Kota Bogor dengan suasana indah, nyaman, dan bersih.

Di dalamnya, Anda dan keluarga bisa menikmati sembilan permainan yang kebanyakan permainan air. Permainan yang disajikan, di antaranya Istana Balon, Crazy Ball, ATV, Becak Mini, Bumper Boat, Funny Otopad, Funny Boat, Battery Car, dan Sirkuit Remote Control. Harga yang ditawarkan untuk setiap permainan berkisar antara Rp20.000-Rp35.000.

Kalau anak-anak asyik bergelut dengan permainan air yang ada, Anda bisa memanfaatkan kolam pemancingan dengan harga sewa lapak Rp50.000 selama tiga jam. Objek wisata anak di Bogor ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB untuk hari Senin-Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu buka pukul 10.00-23.00 WIB.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Di Bogor Terbaru Yang Bagus Dan Hits

6. Taman Topi

Taman-Topi

Plaza Kapten Muslihat atau Taman Topi (Foto : ragamtempatwisata.com)

Ingin mencari tempat wisata anak di Bogor yang murah meriah? Pergilah ke Taman Topi sebuah tempat wisata dengan tiket Rp5.000, (Sekarang mungkin naik menjadi 10.000 rupiah) anak-anak bisa menikmati berbagai wahana.

Taman ini dikenal juga dengan sebutan Taman Ade Irma Suryani atau Plaza Kapten Muslihat, namun lebih familiar dengan sebutan nama Taman Topi.

Tempat wisata di Bogor ini sangatlah cocok untuk masyarakat yang berkantong tipis. Letaknya juga cukup strategis mudah dijangkau, tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan termasuk tempat wisata yang dekat dengan Stasiun Bogor. Hanya dengan berjalan kaki beberapa menit saja dari dari Stasiun Bogor, Anda akan menemukan Taman Topi.

Beberapa wahana di tempat ini adalah Monorail, Bom Bom Car, Bom Bom Boat, Flyng Fox, dan komedi. Bahkan anak-anak bisa berkuda berkeliling Taman Topi serta bisa melihat ikan mas sambil main bom bom boat.

Hingga kini keberadaan tempat wisata anak di Bogor yang murah meriah ini masih banyak dikunjungi warga. Bahkan pada libur panjang tempat wisata ini bisa menampung dua ribu pengunjung setiap harinya.

7. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari (Foto : selasar.com)

Taman Wisata Matahari berlokasi di Jln. Raya Puncak Km. 77 Bogor. Di tempat ini, Anda dapat menyewa villa. Tersedia fasilitas yang lengkap untuk Anda, di antaranya adalah kolam renang, aneka wisata air, wisata sungai, paddle boat, mini boat, bumper boat, mobil dan motor safari, ATV off road, arena bermain anak, dan lain sebagainya. Pas banget sebagai pilihan tempat wisata anak di Bogor yang asyik dan seru bersama keluarga.

Taman Wisata Matahari ini ramai dikunjungi banyak wisatawan karena memiliki panorama alam yang indah dengan suasana pegunungan yang kental. Tak heran, Taman Wisata Matahari juga menjadi salah satu pilihan tempat outbond di Bogor bagi banyak komunitas.

8. Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure (Foto : wisatadibandung.net)

Marcopolo Water Adventure adalah salah satu tempat wisata anak di Bogor yang asyik dan seru bagi keluarga. Di Marcopolo Water Adventure tersedia aneka wahana permainan air, misalnya waterboom, geitser, ember tumpah, air mancur, banana boat, dan lain-lain.

Variasi kolam permainan air terbagi dalam kolam dewasa, kolam anak, kolam bayi, kolam arus, kolam pasir, dan kolam air hangat (whirpool). Selain itu, tempat wisata Bogor yang satu ini juga memiliki area outbond yang tepat sebagai kegiatan wisata keluarga. Anda dapat memancing, bersepeda air, flying fox, dan aneka kegiatan rekreasi lainnya.

9. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari (Foto : sobatpetualang.com)

Air Terjun Bidadari salah satu tempat wisata anak di Bogor yang disukai banyak kalangan. Terletak dalam kawasan Sentul Paradise Park, air terjun berketinggian 75 meter ini bersumber dari mata air di hutan lindung yang ada di area tersebut.

Limpahan air terjun ini jatuh ke area yang buat sedemikan rupa sehingga mirip dengan kolam renang. Terdapat sejumlah kolam lainnya di sana, seperti kolam arus (Wave Pool) dan kolam anak-anak (Lazy Pool).

Di kawasan wisata air terjun Bogor ini juga terdapat kegiatan menarik lainnya, misalnya perahu tangan dan flying fox. Air Terjun Bidadari selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika akhir pekan dan masa-masa liburan.

10. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul (Foto : tamanbudaya.co.id)

Taman ini adalah salah satu pilihan tempat wisata anak di Bogor untuk keluarga. Menempati areal lahan yang luas, terdapat fasilitas perkemahan serta pertemuan dalam balutan suasana yang nyaman. Anak-anak dapat ikut melukis, membatik, serta membuat keramik pada spot Culture Center yang ada di Taman Budaya Sentul.

Selain itu, Anda sekeluarga atau rombongan dapat menikmati berbagai kegiatan outbound high ropes, paintball, fun games, serta trekking. Tersedia paket-paket kegiatan yang dapat Anda pilih untuk rencana wisata Anda di Taman Budaya Sentul ini.

Baca Juga : 73 Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Bogor Yang Wajib Dicoba

11. Taman Wisata Mekarsari

Taman-Wisata-Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari (Foto : bogor.net)

Taman Wisata Mekarsari berdiri di atas lahan seluas 264 Ha dan merupakan taman buah terbesar di Indonesia dengan koleksi sekitar 1470 varietas tanaman buah serta 100.000 pohon di sana.

Sebagai salah satu tempat wisata anak di Bogor yang disukai banyak kalangan, Taman Wisata Mekarsari mengusung konsep konservasi, reboisasi, edukasi, dan rekreasi. Anda dan anak-anak dapat berkeliling menyaksikan koleksi tanaman buah dari seluruh dunia di taman ini dengan menggunakan kereta keliling.

Juga terdapat danau di mana Anda dapat menjajal permainan banana boat, angsa air, aqua bike, hingga floating donut. Kegiatan outbond bersama anggota keluarga juga dapat Anda nikmati. Tersedia pula paket-paket kegiatan menarik, misalnya Family Camp atau Family Biking Camp.

12. Melrimba Garden

Melrimba Garden

Melrimba Garden (Foto : melrimbagarden.com)

Melrimba Garden berada di Jl. Raya Puncak KM 87, Selain sebagai salah satu produsen tanaman hias yang terkenal, Melrimba Garden juga merupakan salah satu tempat wisata di Puncak dengan konsep taman natural. Dengan luas wilayahnya sekitar 5 hektar, menjadikan Melrimba Garden tempat yang cocok untuk wisata anak dan keluarga dengan keindahan alam.

Selain panorama alamnya yang mempesona, Di Melrimba Garden juga tersedia fasilitas penginapan, kebun petik buah strawberry, kolam pemancingan, lapangan rumput serba guna, sarana outbound, tempat permainan anak-anak, kebun teh, rumah kaca tanaman hias, hingga wahana permainan luar ruangan seperti ATV dan high rope.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, tak perlu khawatir tidak bisa parkir karena area parkir Melrimba Garden ini mampu menampung 250 mobil.

13. EcoArtPark Sentul

EcoArtPark Sentul

EcoArtPark Sentul (Foto : belajartanpabuku.blogspot.com)

Di Sentul City, tepatnya di EcoArtPark para pengunjung akan dimanjakan Taman Ilmu Pengetahuan (Science Garden) & Taman Patung (Sculpture Garden). Lokasi EcoArtPark ini pun letaknya bersebelahan dengan pusat jajanan “Pasar Ah Poong” yang menawarkan pengalaman wisata kuliner sambil menikmati pemandangan sungai Cikeas.

Ecoartpark dan Ah-Poong (Pasar Apung) ini adalah suatu konsep wisata terintegrasi yang pertama di Indonesia. Ada ilmu pengetahuan alam, budaya, dan kuliner. Saat ini memang belum sempurna karena masih dalam pengembangan yang bertahap.

Tidak seperti science centre pada umumnya, selain dibangun di halaman terbuka, wawasan di taman Ilmu Pengetahuan ini difokuskan untuk mempelajari tentang Energi dengan cara yang menyenangkan. Pas banget sebagai pilihan tempat wisata anak di Bogor bagi Anda yang menginginkan nuansa edukasi.

Anak-anak pun bisa bermain sambil belajar melalui berbagai benda peraga seperti bagaimana proses energi matahari menjadi panas atau cahaya, teknik pemindahan air dari tempat rendah ke tempat tinggi, penjelasan tentang gelombang suara seperti telepon melalui pipa peralon parabola untuk komunikasi . Semuanya dibuat dalam ukuran jumbo dan bisa dicoba oleh pengunjung.

14. Penangkaran Rusa Cariu & Saung Bagus

Penangkaran Rusa Cariu & Saung Bagus

Penangkaran Rusa Cariu & Saung Bagus (Foto : liburananak.com)

Bila selama ini anak-anak hanya bisa mengenal Rusa dari balik jeruji kandang atau pagar besi, berarti Ayah Ibu harus mencoba mengajak mereka ke sebuah penangkaran rusa di perbatasan Bogor-Cianjur. Di penangkaran ini para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa cantik dan jinak tanpa dibatasi pagar atau pembatas apapun!

Penangkaran Rusa ini dikenal dengan nama Wana Wisata Penangkaran Rusa Cariu, meskipun lokasi tepatnya sekarang berada di desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor, bukan kecamatan Cariu. Tempat wisata di Bogor ini cocok bagi Anda yang ingin mengenalkan rusa kepada anak-anak.

Jenis rusa yang diperbanyak di penangkaran ini adalah rusa Timor , rusa Totol dan Rusa Bawean. Rusa-rusa disini berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa dan Bali. Walaupun kebanyakan Rusa berasal dari Jawa dan Bali namun penyebarannya meluas sampai ke Lombok, Flores, Timor, Sulawesi dan Kepulauan Maluku. Maka itu tak heran bila hewan Rusa ini menjadi menjadi flora identitas propinsi Nusa Tenggara Barat.

Bila ingin memberi makan rusa, kita bisa membelinya dari penjaga atau Pawang Rusa yang biasanya bertugas duduk mengawasi Rusa di bangunan gazebo pengamatan. Harga makanan Rusa yang terdiri dari ubi-ubian dijual dengan harga Rp. 5.000,- per ember. Alternatif lainnya adalah kita bisa membawa sendiri makanan untuk Rusa dari rumah seperti Kangkung, Kacang Panjang atau Wortel.

15. SKI Katulampa

SKI Katulampa

SKI Katulampa (Foto : hellobogor.com)

Dibanding kawasan belanja tas di sepanjang Jalan Raya Tajur, SKI Katulampa memiliki kelebihan karena konsep yang dibuat bukan hanya sebatas kawasan belanja tapi kawasan wisata dengan segenap kelengkapannya. Dengan datang kesana, semua kebutuhan Anda akan terpenuhi, mulai dari belanja, arena bermain, gedung pertemuan, lokasi wisata dan pusat jajan.

Ya semacam one stop holiday. Ibunya berbelanja, suami dan anak bermain, selesai belanja dan bermain bisa makan bersama. Semua bisa dilakukan di satu tempat saja, SKI.

Selain untuk memuaskan keinginan Anda akan tas-tas berkualitas, SKI Tas Tajur Katulampa juga memiliki kawasan yang ditujukan khusus sebagai tempat wisata. Terletak di area luas dan dikelilingi pepohonan palem, tempat tersebut disulap menjadi taman yang dilengkapi dengan beberapa jenis permainan, seperti Flying Fox, Buggy Cart Off Road and On Road, Water Ball, Bungee Trampoline, Bouncy, Mini Jet Ski, Power Paddler, Paint Ball, dan 3D Cinema.

Untuk anak-anak, SKI menyediakan area bermain anak2 dengan berbagai macam model prosotan dan ayunan. Khusus tempat ini jangan biarkan anak dibawah lima tahun bermain sendiri karena ada beberapa prosotan yang cukup tinggi dengan tangga yang curam dan injakkannya ada yang lepas.

Capek bermain prosotan, ajak buah hati melihat Rusa tutul, burung merak atau memberi makan ikan atau kura-kura. Beli saja makanan ikan dengan harga seribu per bungkus. Memberi makan ikan yang jumlahnya ribuan bisa memberikan sensasi tersendiri. Kolam ikan itulah yang menjadi ciri khas SKI. Asyik dan seru deh pokoknya mengunjungi tempat wisata anak di Bogor yang satu ini.

Baca Juga : 15 Tempat Nongkrong Di Bogor Yang Asik Dan Enak

16. Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasirmukti (Foto : wisataindonesia.biz)

Satu lagi tempat wisata anak di Bogor yang layak dikunjungi para pecinta agrowisata, Kebun Wisata Pasirmukti. Lokasinya di kawasan Citeureup, Kabupaten Bogor. Bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari Jakarta, kalau lancar. Bila macet, silahkan kira-kira sendiri ya.

Berbagai fasilitas penunjang agrowisata terus dibangun, mulai dari penginapan, ruang pertemuan, lapangan, restoran, arena permainan, toko oleh-oleh hingga ke tempat parkir yang luas. Kebun ini memang dirancang untuk rekreasi anak dan keluarga, terlihat dari banyaknya arena bermain untuk anak-anak.

Hampir semua permainan di Kebun Wisata Pasirmukti bernuansa wisata alam. Mulai dari bermain di kolam lumpur, menangkap ikan sampai membajak sawah dengan sapi. Sangat cocok untuk mengenalkan anak pada dunia pertanian. Bagi pengunjung yang tidak ingin kotor-kotoran, terdapat juga kolam renang, flaying fox dan arena motor ATV.

17. Rumah Abia

Rumah-Abia

Rumah Abia (Foto : liburananak.com)

Anak-anak pasti punya beberapa mainan kayu di rumahnya, tapi apakah mereka pernah terbayang bagaimana cara pembuatannya? Betapa banyaknya tahap yang harus dilalui dari sebuah kayu biasa menjadi mainan-mainan edukatif nan cantik sehingga bisa dipajang di kamar mereka. Berkunjunglah ke Rumah Abia, salah satu tempat wisata anak di Bogor yang mengenalkan pengalaman pembuatan mainan kayu tersebut.

Di Rumah Abia, anak-anak usia 4 – 13 tahun akan mendapatkan kesempatan unik dan pengalaman baru untuk ikut dalam proses membuat aneka produk mainan dari kayu. Mereka akan diajak untuk mengamati proses produksi mulai dari tahap paling awal (pemilihan jenis kayu yang bisa dibuat untuk mainan) sampai menjadi produk yang siap untuk dijual (sampai ke tahap finishing dan packaging).

Nah, setelah merakit mainan, anak-anak juga akan diajak menikmati fasilitas lain yang disediakan di Rumah Abia, seperti membaca buku-buku di Abia Library dan menonton film anak-anak berdurasi pendek di bioskop mini Abia Cinema. Buku dan filmnya tentu dipilih yang memang sesuai untuk anak-anak.

Sambil beraktivitas di Library dan Cinema, mereka menunggu mainan yang mereka rakit dan cat supaya kering. Saat pulang tiba, selain membawa hasil rakitan mainan sendiri, anak-anak juga akan diberi souvenir kenangan dari Rumah Abia berupa hiasan meja belajar! Asyik dan seru banget bukan? Lokasi Rumah Abia terletak di JL. KH Moch. Toha 13, Ciawi Bogor.

18. Cibalung Happy Land

Wisata Edukasi Tanam Padi Di Cibalung Happy Land

Wisata Edukasi Tanam Padi Di Cibalung Happy Land (Foto : travel.detik.com)

Bagi Anda yang ingin mengajak buah hati jalan-jalan, cobalah datangi Cibalung Happy Land di Bogor. Anak-anak bakal mengikuti aneka kegiatan seru di sana yang bertemakan agrowisata, mulai dari membajak sawah hingga memanen sayur.

Keseruan anak-anak belajar menjadi seorang petani, mulai dari membajak sawah, menanam bibit tanaman, dan memanen sayur akan tersaji di tempat wisata ini. Aneka macam ragam tanaman dan jenis sayuran juga dapat anak-anak nikmati di Cibalung Happy Land.

Cibalung Happy Land adalah kawasan wisata yang terletak di desa Cibalung, kecamatan Cijeruk, Bogor. Tempat wisata anak di Bogor ini buka setiap hari pukul 09:00 – 17:00 WIB. Untuk tiket masuknya, setiap orang dewasa dikenakan tariff Rp. 10.000,- dan untuk anak-anak dibawah 7 tahun Rp. 5.000,-.

Untuk setiap wahana, harga tiketnya bervariasi, antara Rp. 10.000,- sampai Rp. 25.000,-. Kecuali untuk Paint Ball yang setiap orangnya dikenakan Rp. 100.000,- dan Rafting Rp. 230.000,- per orangnya.

19. Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng (Foto : kampoengwisatacinangneng.com)

Sedang mencari tempat alternatif liburan keluarga yang tak jauh dari Jakarta di akhir pekan nanti? Mungkin pergi ke Kampoeng Wisata Cinangneng, Bogor bisa menjadi pilihan yang pas untuk anak-anak. Kampoeng wisata ini berlokasi di Jalan Babakan Kemang RT 01/RW 02, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di sini Anda bisa merasakan hidup ala masyarakat kampung, karena kebiasaan dan adat istiadat masyarakat di desa ini masih tetap terpelihara. Berbagai kesenian daerah seperti wayang kulit, tarian adat Sunda, serta upacara ritual dapat pula Anda nikmati. Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati hidangan khas kampung atau sekedar bertani dan berkebun bersama masyarakat setempat.

Banyak hal yang dapat Anda dan keluarga lihat atau lakukan di Kampung Wisata Cinangneng ini, antara lain belajar bermain angklung dan menyanyi lagu sunda, belajar menanam/menggarap/memanen padi, memandikan kerbau, bermain ala permainan anak desa, berkreasi dengan huruf dan warna di atas caping (topi petani), membungkus nasi timbel, membuat wayang dari daun singkong, belajar tari Jaipong dan belajar main gamelan, membuat kue bugis atau kue putu, dan ronda kampung bersama masyarakat.

Tempat wisata anak di Bogor yang satu ini juga menyediakan guest house yang sudah dilengkapi AC, kamar mandi, shower dengan air panas, dan air dingin, serta televisi. Namun karena jumlahnya terbatas yaitu hanya 8 buah, maka alangkah lebih baiknya jika Anda memesannya terlebih dahulu.

20. Agripark Taman Kencana

Agri Park

Agri Park (Foto : Iksa Menajang,flickr.com)

Ingin mengajak anak Anda bermain sambil belajar? Datang saja ke tempat wisata anak di Bogor yang bernama Agripark Taman Kencana. Agripark Taman Kencana adalah tempat bermain sekaligus tempat belajar yang pastinya akan disukai anak-anak. Di Agripark Taman Kencana ini, anak-anak Anda akan dengan mudah mempelajari ilmu pertanian karena unsur bermain dan bersenang-senang dalam pembelajaran diramu menjadi satu.

Di Agripark Taman Kencana, ada salah satu fasilitas bernama Fun Farming, dimana anak-anak Anda akan diajak untuk mengalami secara langsung bagaimana caranya menanam sayur dan buah. Anak-anak Anda akan dipandu dan diajarkan tentang tanaman dan bagaimana memelihara tanaman agar dapat tumbuh dengan baik.

Selain bercocok tanam, jika masuk lebih jauh, terdapat juga Rumah Sapi Perah dan Istana Kambing. Di sini anak-anak akan di ajarkan cara memerah susu sapi dan anak-anak dapat memberi minum susu kepada anak kambing secara langsung.

Setelah melakukan kegiatan perah susu sapi maka Anak-anak akan diajak untuk mengenal lebih dekat tentang proses pembuatan yogurt. Anak-anak akan diajak ke sebuah laboratorium dan susu yang telah diperah kemudian diproses menjadi yogurt di Rumah Yogurt.

Selain tempat belajar bagi anak-anak anda, di Agripark Taman Kencana terdapat café dan juga toko souvenirnya. Lokasi wisata ini bearada di tengah kota Bogor, tepatnya di taman Kencana Sempur, jalan Taman Kencana No. 3 Bogor.

Untuk biaya sekitar Rp. 35.000 – Rp. 200.000 / orang (tergantung paket wisata yang Anda ambil). Khusus kegiatan memerah susu sapi dalam satu hari dilakukan dua kali, yakni pukul 08:00 dan pukul 15:00 WIB. Agripark buka setiap hari dari pukul 08:00 – 22:00 WIB.

Bagaimana? Asyik dan seru bukan aneka wisata anak di Bogor? Yuk buruan ajak buah hati Anda liburan ke Bogor. Selain asyik bermain, bisa juga sambil belajar lho. Sekian info wisata kali ini tentang tempat wisata anak di Bogor yang bagus dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>