Home » Wisata Asia » 16 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Murah Dan Tahan Lama

16 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Murah Dan Tahan Lama

Oleh-Oleh Khas Semarang – Ini dia daftar oleh-oleh khas Semarang yang murah, tahan lama, dan terkenal lengkap beserta harganya. Dari mulai makanan, minuman, kue, roti, lumpia, bandeng presto, dan souvenir ada semua disini. Sobat traveler tinggal pilih saja oleh-oleh yang sesuai dengan selera.

Semarang menjadi salah satu kota di Indonesia dengan keragaman budaya Jawa dan Tionghoa yang mampu hidup berdampingan dengan harmonis. Tak heran jika di kota ini banyak ditemukan berbagai makanan peranakan china yang enak dan maknyus. Yuk, langsung aja simak rekomendasi oleh-oleh khas Semarang dan harganya yang wajib Anda beli berikut.

Daftar Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Murah, Tahan Lama, Dan Terkenal

1. Lumpia Semarang

Lumpia-Semarang

Ilustrasi Lumpia Semarang (Foto : anekatempatwisata.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan Lumpia? Makanan khas Semarang ini telah menjadi ikon wisata kuliner kota Semarang. Menikmati lumpia langsung di kota asalnya memang bisa menimbulkan sensasi tersendiri. Setiap gigitannya yang renyah dengan isi rebung ayam manis gurih bisa jadi membuat Anda tak lelah mengunyah.

Bagaimana dengan keluarga di rumah? Pulang dengan membawa lumpia akan menjadi satu cara Anda menunjukkan bahwa Anda selalu mengingat mereka saat berlibur ke Semarang. Di berbagai sudut Kota Semarang, wisatawan bisa dengan mudah menemukan toko atau lapak penjual Lumpia.

Camilan ini berisi bambu muda (rebung) pilihan yang renyah, udang segar atau ayam dan telur yang semuanya dibungkus dengan kulit lumpia. Salah satu Lumpia Semarang paling enak dan terkenal adalah Lumpia Mataram yang mempunyai cabang di Jalan Mataram dan Jalan Kedungmundu Raya No. 16 Semarang.

Harga satu lumpia sekitar Rp 9.000,- s/d Rp 12.000,- tergantung lokasi dan penjual. Bagi Anda yang muslim, Anda perlu hati-hati karena menurut info yang saya terima, ada beberapa lumpia yang tidak halal. Alangkah lebih baiknya jika Anda memesan Lumpia yang ada sertifkat halal dari MUI.

2. Roti Briliant Semarang

Roti Briliant Semarang

Roti Briliant Semarang (Foto : travelmatekamu.com)

Roti Brilliant atau Brillian Super Cake menjadi oleh oleh Semarang berikutnya yang banyak diburu wisatawan. Kue khas Semarang ini dapat Anda temukan di Istana Brillian yang terletak di Jalan Simpang Lima, Semarang. Roti Brillian dibuat dari bahan pilihan terbaik dan menggunakan resep kuno yang masih terjaga keasliannya. Roti khas Semarang ini memiliki citarasa yang khas, enak, dan tidak bikin enek.

Menurut info yang saya terima, Roti Brillian ini termasuk oleh oleh khas Semarang yang tahan lama tanpa bahan pengawet. Gak tanggung-tanggung, roti ini tahan sampai 60 hari lho. Rahasia dari roti yang tahan lama ini adalah karena divakum. Beberapa rasa roti brillian ini adalah coklat, keju, kismis, almond, dan cappuccino. Semuanya dilapisi dengan cokelat.

Tak perlu pikir panjang jika ingin membeli roti ini sebagai oleh-oleh pulang ke rumah. Roti ini bisa tahan berhari-hari karena proses pengemasannya yang baik sehingga tak berubah rasa meskipun Anda bawa pulang ke rumah. Harga Roti Brilliant ini pun berkisar Rp 100.000-an. Jam buka Roti Brilliant sendiri mulai pukul 07.30 hingga pukul 21.00 WIB.

3. Bandeng Presto Juwana Semarang

Bandeng Presto Juwana Semarang

Bandeng Presto Juwana Semarang (Foto : delicindo.com)

Bandeng Presto termasuk salah satu oleh oleh khas Semarang yang tahan lama. Sebenarnya banyak daerah yang memiliki makanan Bandeng Presto. Namun, Bandeng Presto Semarang harus Anda coba. Ikan bandeng ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam, lalu diberi alas daun pisang dan dimasak dengan cara presto sehingga duri-duri ikannya menjadi lunak.

Bagi Anda yang ingin membeli buah tangan yang satu ini, Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh khas Semarang di Jalan Pandanaran. Anda akan dapat dengan mudah menemukan toko-toko yang menjual Bandeng Presto, salah satunya adalah Bandeng Juwana Elrina yang paling terkenal di Semarang.

Lokasi dan alamat Bandeng Juwana Semarang tepatnya terletak di Jalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih 70, Semarang. Ketika Anda memasuki toko oleh-oleh Bandeng Juwana Pandanaran Semarang, Anda seperti masuk ke surga aneka olahan ikan bandeng lezat. Beberapa olahan bandeng yang bisa Anda bawa pulang di antaranya bandeng duri lunak, bandeng asap dan otak-otak bandeng.

Bandeng Presto disini dikemas berdasarkan ukuran ikannya, kecil, sedang atau besar. Harga per kemasan adalah Rp 64.000/kg untuk bandeng kecil isi 5-6 ekor, Rp 67.500/kg untuk bandeng sedang isi 4 ekor dan Rp 71.000/kg untuk bandeng besar isi 3 ekor.

Oya, toko ini juga menjual aneka camilan dan kue yang dapat Anda jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Bandeng Juwana juga termasuk salah satu oleh oleh khas semarang online karena bisa diakses melalui internet di bandengjuwana[dot]com.

Baca Juga : 33 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Enak Dan Murah

4. Wingko Babat

Wingko Babat

Wingko Babat (Foto : bukalapak.com)

Oleh oleh Semarang murah berikutnya adalah Wingko Babat. Kue khas Semarang berbahan kelapa nan legit ini wajib Anda beli saat liburan ke Semarang. Wingko babat merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang yang sangat terkenal. Padahal sebenarnya wingko bukan berasal dari Semarang, melainkan dari Babat, daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur.

Ada banyak penjual Wingko Babat dengan aneka merk. Namun jika ingin praktis, balik saja lagi ke Jl Pandanaran, Semarang. Di kawasan belanja oleh-oleh ini, mudah sekali menemukan wingko babat untuk dijadikan buah tangan. Yang menjadi favorit wisatawan adalan Wingko Babat Dyriana.

Wingko Babat Dyriana dijual perdus atau besek berisi 20 wingko. Yang asli adalah wingko babat rasa kelapa. Namun Dyriana memiliki aneka rasa lain yaitu rasa nangka, coklat, durian, aren, coklat chip, dan pisang. Harganya mulai Rp 46.000 untuk rasa kelapa, sampai Rp 62.000 untuk rasa durian. Bila ingin hemat merasakan aneka rasa Wingko Babat, beli saja 1 dus isi campur 20 wingko, harganya Rp 54.000.

Anda juga bisa mencoba Wingko Babat Cap Kereta Api yang populer. Lokasinya di Jalan Cenderawasih 14, Semarang. Dari sini lah wingko mulai dikenalkan oleh Nyonya Mulyono yang berasal dari Babat dan menetap di Semarang. Awalnya wingko dijual di sekitaran Stasiun Tawang, hal ini pula yang menjadi alasan penamaan wingko dagangannya.

5. Kaos Khas Semarang

Kaos Costa Brava van Java

Kaos Costa Brava van Java (Foto : seputarsemarang.com)

Ini dia oleh-oleh khas Semarang selain makanan, yaitu Kaos Costa Brava van Java. Meskipun namanya terdengar asing, namun kaos ini asli buatan anak Semarang. Costa Brave merupakan sebuah kota pantai cantik yang berada di Eropa. Dengan tujuan mengenang kota cantiknya, penjajah di Semarang pun menjuluki kota ini dengan nama tersebut. Pas banget dijadikan souvenir khas Semarang untuk keluarga di rumah.

Kaos khas Semarang ini memiliki desain unik dan fresh buatan anak muda Semarang. Beberapa desain di antaranya adalah gambar Simpang Lima dan Lawang Sewu. Selain kaos, tersedia juga aksesoris lain seperti mug, gantungan kunci dan tas. Anda bisa datang ke kantornya di Jalan Tlogosari III No. 32A, Tembalang, Semarang, atau dapat memesannya secara online. Harganya sekitar 95 – 100 ribuan per kaos.

6. Tahu Bakso Ungaran Semarang

Tahu Bakso Bu Pudji

Tahu Bakso Bu Pudji (Foto : travel.detik.com)

Tahu Bakso merupakan oleh oleh khas Ungaran Semarang. Camilan atau jajanan ini berupa tahu yang bagian tengahnya adalah adonan bakso. Tahu bakso mulai dikenal sejak awal tahun 2000-an dan perlahan-lahan semakin naik daun, menjadi oleh-oleh Semarang yang paling banyak dicari wisatawan.

Salah satu tahu bakso Ungaran yang terkenal adalah tahu bakso Bu Pudji di Jalan Jend Sudirman No 156 Langensari, Ungaran. Tahu Baxo Ibu Pudji dijual dalam kemasan kotak berisi 10 tahu bakso. Ada dua jenis tahu bakso yaitu versi rebus dan goreng.

1 Kotak Tahu Baxo rebus isi 10 dijual Rp 20.000 dan 1 kotak Tahu Baxo goreng isi 10 dijual Rp 22.000. Cukup murah meriah bukan? Tahu Baxo Ibu Pudji tidak hanya menjual tahu bakso. Di tempat ini, wisatawan bisa membeli oleh-oleh baso Azizah per kantung Rp 18.000 dan bandeng duri lunak Ibu Pudji Rp 30.000 per kotak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>