Home » Wisata Asia » 15 Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

15 Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Solo – Solo atau sering disebut juga Surakarta ternyata punya aneka tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, budaya, belanja, dan kuliner ada semua di Kota Solo. Tak salah jika Anda memilih kota ini sebagai alternatif tempat liburan Anda bersama keluarga atau teman dekat. Solo adalah sebuah kota yang strategis di provinsi Jawa Tengah. Karena lokasinya yang strategis dan berada di tengah-tengah jalur darat, kota Solo ramai dikunjungi orang yang dalam perjalanan menuju kota lain untuk singgah sejenak.

Jika Anda baru pertama kali datang ke Solo, cara yang harus Anda lakukan adalah memilih destinasi apa yang ingin dikunjungi. Jangan sampai tiba di Kota Solo Anda malah kebingungan untuk mencari tempat wisata di Solo yang seru dan asyik. Nah, untuk mempermudah Anda dalam memilih aneka wisata Solo, simak daftar tempat wisata di Solo berikut yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda ketika liburan di Solo.

1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta adalah salah satu tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi (Foto : anekatempatwisata.com)

Keraton Surakarta adalah salah satu tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi (Foto : anekatempatwisata.com)

Tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi pertama adalah Keraton Surakarta. Bangunan yang dalam bahasa Jawa bernama Kraton Surakarta Hadiningrat ini dulunya adalah bekas istana Kerajaan Kasunanan Surakarta Hadiningrat (1755-1946). Keraton yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II ini sekarang juga berfungsi sebagai objek wisata sejarah di Solo. Saat memasuki gerbang, atau yang sering dikenal dengan nama Gapura Gladag, suasana Jawa kuno sangat kental terasa di sini. Sama halnya dengan Keraton di berbagai daerah lainnya, Keraton Surakarta juga punya koleksi kesenian dan kebudayaan masa jayanya.

Untuk bisa masuk ke dalam area keraton, Anda bisa berkunjung pada pukul 9.00 sampai 14.00 WIB pada hari Senin hingga Kamis dan pukul 9.00 sampai 13.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan per orangnya, tiket dibanderol dengan harga Rp 2.500 untuk melihat-lihat di Bangsal Pagelarannya saja. Namun untuk bisa masuk ke dalam museumnya, Anda harus membayar lagi sebesar Rp 8.000.

Untuk menghormati adat istiadatnya, sebaiknya Anda jangan menggunakan celana pendek, sandal, serta kaca mata hitam. Bagi Anda yang membawa kamera, ada juga biaya tambahan sebesar Rp 3.500. Kapan lagi bisa mengenal sejarah dengan harga yang sangat murah. Anda tertarik? Yuk buruan datang ke keraton Surakarta.

2. Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran adalah salah satu tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi (Foto : anisavitri.wordpress.com)

Istana Mangkunegaran adalah salah satu tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi (Foto : anisavitri.wordpress.com)

Tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi kedua adalah Istana Mangkunegaran. Objek wisata ini juga termasuk destinasi wisata favorit saat liburan ke Solo. Memangnya ada apa saja sih disini? Yuk, kita intip!

Istana Mangkunegaran atau yang sering juga dikenal dengan nama Kraton Mangkunegaran adalah pusat kekuasaan politik pada zaman dulu. Bangunan megah ini dulunya diprakasai oleh Pangeran Sambernyawa yang bertahta sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara. Saat ini, Istana Mangkunegaran digunakan sebagai objek wisata sejarah di Solo. Jika biasanya wisata yang berkaitan dengan masa lalu dirasa selalu membosankan, maka Anda harus mencoba untuk datang ke tempat ini.

Letaknya yang ada di pusat kota memudahkan Anda untuk bisa dengan mudah menemuinya, tepatnya di antara Jalan Ronggowarsito, Jalan Kartini, dan Jalan Teuku Umar. Istana ini menyimpan kesenian dan kebudayaan pada masa kekuasaan Kerajaan Majapahit, seperti perhiasan, patung-patung, hingga pakaian kekaisaran. Di dalamnya juga terdapat perpustakaan tentang kebudayaan Jawa kuno. Keren deh pokoknya!

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>