Home » Wisata Asia » 15 Tempat Wisata Di Shanghai Yang Wajib Dikunjungi

15 Tempat Wisata Di Shanghai Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Shanghai – Shanghai, China menawarkan aneka wisata yang asyik dan menarik. Banyak tempat wisata di Shanghai yang tidak dapat ditemukan di belahan bumi lain. Shanghai adalah kota terbesar di China dan terletak di tepi delta Changjiang.

Perkembangan kota ini dalam beberapa dekade terakhir telah membuatnya menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial dan komunikasi terpenting Cina. Shanghai juga merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, beserta dengan Singapura dan Rotterdam. Dan satu lagi yang menarik, yaitu wisata Shanghai.

Nah, bagi Anda yang akan liburan ke Shanghai, aneka wisata telah menyiapkan daftar tempat wisata terkenal di Shanghai yang dapat Anda kunjungi. Apa saja ya tempat wisata Shanghai yang asyik dan menarik? Yuk simak 15 tempat wisata di Shanghai yang wajib dikunjungi berikut.

1. Yu Garden atau Yuyuan Garden

Yu Garden atau Yuyuan Garden

Yu Garden atau Yuyuan Garden (Foto : shanghaiholiday.net)

Yu Garden atau Yuyuan Garden adalah tempat wisata di Shanghai yang berupa taman wisata China paling mewah dan terbaik di Anren Street 132, Kota Tua atau berada di sebelah Chenghuangmiao. Beberapa desain bergaya Suzhou sangat jelas terlihat di area taman seluas 2 hektare ini. Mulai dari area Grand Rockery, Heralding Spring Hall (Dianchun), Inner Garden, Jade Magnificence Hall (Yuhua), Lotus Pool hingga menara Ten Thousand-Flower Tower (Wanhua).

Selain itu, taman wisata Yuyuan juga bisa diakses dari stasiun Shanghai Metro yang terletak di dekat taman. Menikmati wisata di Shanghai tak lengkap bila belum mengunjungi taman bersejarah ini, yang diyakini berusia lebih dari 400 tahun. Hal ini dianggap sebagai taman terbaik di selatan Cina timur dan tata letaknya secara alami keren. Mengunjungi taman ini secara otomatis akan memberikan kedamaian batin dan tenang.

2. The Bund

The Bund

The Bund (Foto : f1destinations.com)

The Bund adalah salah tujuan tempat wisata di Shanghai yang terkenal dengan panorama keindahan berupa bangunan-bangunan tinggi, sebuah dermaga, serta beberapa daerah di sekitarnya. Nama Bund diambil dari kata Hindi yang berarti tanggul, waduk atau bahkan dermaga. Penamaan Bund seringkali dijumpai di berbagai negara, seperti India, China dan Jepang (Bund Yokohama). Namun, istilah itu dibawa ke Shanghai oleh keluarga Victor Sassoon.

Untuk soal transportasi, di dekat lokasi terdapat stasiun kereta di Nanjing East Road dan halte bus utama di East-1 Zhongshan Road. The Bund adalah 1,5 Km jalan seperti yang lain di dunia. Jalan-jalan di Bund dipenuhi dengan bangunan yang luar biasa, dan restoran. The Bund diakui di seluruh dunia yang memiliki deretan bangunan dengan arsitektur terbaik.

3. Shanghai Xin Tian Di

Shanghai-Xintiandi

Shanghai Xin Tian Di (Foto : bamboocompass.com)

Bagi para pengunjung yang ingin berbelanja dan menikmati berbagai hiburan khas Kota Shanghai, datanglah ke area perbelanjaan dan hiburan Xin Tian Di. Berbagai kreasi tradisional (aneka makanan, kafe, toko buku dan hiburan lainnya) hingga modern (pameran mobil) dipamerkan di sana. Xin Tian Di Xin adalah salah satu tempat wisata di Shanghai yang wajib dikunjungi.

Xin Tian Di merupakan salah satu kawasan hiburan terpenting di China yang dibangun oleh Shui On Land dari bangunan-bangunan rumah China kuno yang bernama (shikumen). Adapun tempat pemberhentian kereta terdekat, yaitu di stasiun di South Huangpi Road pada jalur 1 dan Xintiandi pada jalur 10.

4. Nanjing Road

Nanjing Road

Nanjing Road (Foto : flickr.com)

Nanjing Road atau Nanjing Lu adalah kawasan perbelanjaan utama di Shanghai yang juga merupakan salah satu jalan tersibuk di dunia. Area jalan ini terbagi atas dua jalan, yaitu Nanjing Road timur dan Nanjing Road barat.

Biasanya para turis dan tamu lainnya merayakan hari-hari besar, seperti Tahun Baru Cina, Malam Tahun Baru, Natal dan Paskah di kawasan Nanjing Road. Bahkan di depan jalan ini juga seringkali dipasang kembang api sebagai perayaan meriah warga di sana.

Nanjing Road adalah salah satu tempat wisata di Shanghai yang paling penting karena menghubungkan dua tempat wisata utama yaitu Bund dan People’s Square. Jalan ini dihiasi dengan lampu warna-warni dan selalu penuh dengan pejalan kaki.

5. Jade Buddha Temple

Jade Buddha Temple

Jade Buddha Temple (Foto : commons.wikimedia.org)

Kuil Budha di Shanghai ini dibuat sebagai tempat sembahyang bagi kaum Budha yang menganut faham Budhisme Mahayana. Kuil Jade didirikan pada tahun 1882 dan dibuat dengan konstruksi bangunan yang sudah modern. Jade Budha Temple termasuk salah satu tempat wisata di Shanghai yang wajib dikunjungi.

Selain dilengkapi dengan dua buah patung giok Budha yang diimpor dari Burma, di lokasi Jade Budha Temple juga terdapat patung Budha yang sedang duduk seberat 3 ton dan tinggi 1,95 meter dan patung Budha lainnya yang disumbang oleh Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>