Home » Wisata Asia » 10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Jogja – Banyak aneka tempat wisata di Jogja yang keren dan bersejarah. Jogja merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan domestik dan mancanegara. Asyiknya lagi, banyak objek wisata yang murah meriah di Jogja, seperti penginapan hingga tiket masuk keraton.

Dengan potensi wisata yang hampir setara indahnya di berbagai lini, mulai dari wisata belanja, wisata budaya, wisata kuliner, hingga keindahan alam dan lautnya, tak heran jika Yogyakarta menjadi magnet wisata bagi ribuan turis untuk liburan ke Jogja setiap tahunnya. Untuk memudahkan Anda dalam menikmati aneka tempat wisata di Jogja, simak 10 tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Malioboro

Malioboro adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi (Image : id.wikipedia.org)

Malioboro adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : id.wikipedia.org)

Salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi adalah Malioboro. Liburan ke jogja tak lengkap rasanya jika belum mampir ke Jalan Malioboro. Maliboro adalah surga bagi traveler saat melancong ke Kota Yogyakarta. Ada wisata belanja murah meriah dan wisata sejarah di sepanjang jalannya.

Letaknya yang berada di jantung kota memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke Malioboro. Tempat ini pun tidak pernah sepi wisatawan, sebab ada surga belanja dengan harga murah meriah yaitu Pasar Beringharjo. Anda bisa berburu banyak oleh-oleh menarik di tempat ini, seperti kaos bergambar karikatur lucu yang menggambarkan Yogyakarta dan batik. Ada pula aneka kerajinan kayu berupa miniatur andong hingga sepeda ontel, celana, aksesoris berupa gelang dan kalung, dan masih banyak lagi.

Harga barang-barang di tempat ini berkisar Rp 20.000-100.000. Anda pun bisa membelinya dengan harga yang lebih murah, tergantung ilmu tawar-menawar. Selain belanja, ada banyak juga tempat wisata dan kegiatan menarik di Malioboro. Anda bisa mengunjungi Tugu Yogyakarta, Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Umum 1 Maret, dan juga mengunjungi Keraton Yogyakarta yang terletak di ujung jalannya. Perjalanan mengelilingi tempat-tempat tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Jika tidak kuat jalan kaki, Anda juga bisa naik andong atau becak untuk mengelilingi tempat-tempat wisata seru di Malioboro. Biayanya hanya sekitar Rp 10.000-20.000 saja. Siapkan kamera, karena tiap sisi Malioboro ada objek foto berupa bangunan-bangunan tua hingga komunitas anak-anak muda yang berkumpul di sekitar jalanan ini.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi (Image : sp.beritasatu.com)

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : sp.beritasatu.com)

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Keraton Yogyakarta. Belum sah ke Jogja jika belum mengunjungi Keraton Yogyakarta. Di sini Anda dapat mengenal budaya Jawa dari dekat, bertemu abdi dalam, hingga mempelajari kesultanan Yogya. Tempat sakral yang bersejarah.

Yogyakarta mempunyai sejarah yang kuat, mulai dari kesultanan hingga zaman kolonial, salah satu tempat yang penuh dengan sejarah Yogyakarta adalah Keraton Jogja. Letaknya berada di alun-alun selatan Jogja, serta menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat Anda melancong ke Kota Gudeg ini. Dengan harga tiket Rp 5.000, Anda dapat mengelilingi kraton dan merasakan atmosfir khas Jawa. Pohon-pohon besar yang rindang akan membuat sejuk suasana.

Di dalam kraton terdapat Museum Sri Sultan Hamangkubuwono XI. Museum ini berisi koleksi barang-barang peninggalan sultan berupa pakaian, foto-foto, lukisan dan barang-barang antik lainnya. Ada pula Museum Batik dan Museum Kristal. Di Museum Kristal, terdapat barang-barang milik sultan seperti piring, sendok, dan lainnya yang terbuat dari kristal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>