Home » Wisata Asia » 10 Tempat Wisata Di Jogja Untuk Anak

10 Tempat Wisata Di Jogja Untuk Anak

Wisata Jogja – Ada banyak tempat wisata di Jogja untuk anak dan keluarga yang dapat Anda kunjungi saat liburan. Jogja adalah salah satu kota yang memiliki beberapa tempat wisata yang cocok untuk anak-anak. Mungkin bagi Anda yang tinggal di daerah Jogja sudah mengetahui beberapa tempat wisata tersebut. Akan tetapi bagi Anda yang tinggal di luar Jogja dan ingin mengajak putra-putri Anda berkunjung ke kota gudeg ini, mungkin masih bingung tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Nah, untuk mempermudah Anda dalam menentukan tempat wisata yang cocok untuk anak-anak dan keluarga, ada baiknya Anda menyimak 10 tempat wisata di Jogja untuk anak dan keluarga berikut.

1. Taman Pintar

Taman Pintar adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak yang seru dan asyik untuk belajar sains (Foto : detakjogja.com)

Taman Pintar adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak yang seru dan asyik untuk belajar sains (Foto : detakjogja.com)

Tempat wisata di Jogja untuk anak yang pertama adalah Taman Pintar. Taman Pintar terletak di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Tempat wisata ini adalah taman edukasi untuk anak dan cocok dijadikan sebagai tempat wisata di Jogja untuk anak-anak. Konsepnya sangat bagus dan tidak monoton. Sangat menarik untuk dikunjungi bersama buah hati dan keluarga.

Pengembang menamai nama nama wahana yang ada di dalam Taman Pintar dengan sebutan yang unik yang bisa membangkitkan keingintahuan anak anak yang datang berkunjung. Seperti Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum batu, Tapak pintar, Desaku Permai, Sistem Katrol, dan lainnya.

Selain itu ada juga rumah pohon, istana pasir, kolam air dan jembatan goyang, ada juga jungkat jungkit. Semuanya dirancang untuk membangkitkan keingintahuan anak anak. Mereka langsung bisa merasakan sendri fenomena sains seperti rambatan gelombang dan lainnya. Taman Pintar Jogja mempunyai fasilitas seperti Gedung Oval untuk yang memaparkan bagaimana alam semesta itu terbentuk. Keluar dari gedung Oval, ada Gedung kotak yang memutar film 4D yang bisa dinikmati seluruh keluarga.

Ada juga playground yang dikhususkan untuk anak anak yaitu Paud yang didirikan untuk anak usia 2 sampai 7 tahun. Fasilitas di sinipun cukup lengkap seperti Ruang Tunggu, Ruang Sains dan Teknologi, Perpustakaan, Ruang Profesi, Ruang Budaya dan Religi. Ada juga Ruang Tunggu, Ruang Komputer Kids, Ruang Puzzle Balok, Ruang Pertunjukan dan Karaoke, serta Ruang Petualangan. Benar benar lengkap.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : wego.co.id)

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : wego.co.id)

Tempat wisata di Jogja untuk anak yang kedua adalah Keraton Yogyakarta. Tempat wisata Keraton Yogyakarta dapat digunakan untuk sarana edukasi yang cocok untuk anak-anak. Keraton Yogyakarta sampai saat ini sebenarnya masih digunakan, akan tetapi Anda bisa berkunjung ke tempat ini untuk melihat aktivitas di dalam keraton. Jangan kaget jika ketika Anda berkunjung kesini akan bertemu dengan turis-turis asing.

Disini para wisatawan bisa belajar secara langsung tentang budaya Jawa. Keraton Yogyakarta sendiri dibuka untuk obyek wisata dengan dua loket masuk yakni tepas keprajuritan dan tepas pariwisata. Jika anda masuk di tepas keprajuritan yang berada di dekat alun-alun utara akan melihat beberapa koleksi kereta kraton. Sedangkan untuk tepas pariwisata para wisatawan akan memasuki kompleks sri manganti dan kedhaton. Lokasinya tak jauh dari taman pintar yakni tepat berada di sebelah selatan alun-alun utara Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>