Home » Wisata Asia » 10 Tempat Wisata Di Gianyar Bali Yang Menarik Dan Terkenal

10 Tempat Wisata Di Gianyar Bali Yang Menarik Dan Terkenal

Tempat Wisata Di Gianyar – Anda pecinta seni? Kalau iya, maka Anda wajib mengunjungi aneka tempat wisata di Gianyar Bali. Gianyar merupakan salah satu kabupaten yang berada di Pulau Bali dan juga merupakan pusat bagi seni ukiran di Bali. Kabupaten GIanyar memiliki 7 kecamatan yaitu Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Payangan, Tegalalang, Tampaksiring, Sukawati dan Kecamatan Ubud.

Kabupaten Gianyar Bali dikenal sebagai gudangnya seni di Bali, karena banyak desa-desa di Gianyar memiliki citra seni sendiri-sendiri. Seperti Celuk yang terkenal sebagai pusat kerajinan emas dan perak, Singapadu sebagai pusat seni ukir batu paras, Batubulan dengan atraksi barong dan kris dance, Ubud sebagai pusat seni lukis.

Kawasan wisata Gianyar lainnya yang terkenal akan seninya adalah Sukawati sebagai pusat seni ukir kayu, Tegalalang pusat kerajinan tangan, Keramas sebagai pusat seni lukis tradisional Bali yang lebih dikenal dengan aliran Keramas, Bona dikenal sebagai sentra kerajinan dari bambu, dan hampir semua desa lainnnya memiliki ciri khas seni tersendiri.

Selain potensi seni, Gianyar juga memiliki potensi budaya dan alam yang mempesona. Tak heran jika Gianyar termasuk salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dikalangan wisatawan. Nah, kira-kira apa saja ya aneka objek wisata di Gianyar yang menarik untuk dikunjungi? Dilansir dari berbagai sumber, simak 10 tempat wisata di Gianyar yang menarik dan terkenal berikut.

Daftar Tempat Wisata Di Gianyar Bali Yang Menarik Dan Terkenal

1. Wisata Ubud

Ubud Bali

Ubud Bali (Foto : bali-indonesia.com)

Ubud merupakan salah satu ikon tempat wisata Gianyar, bahkan Bali. Ada banyak tempat wisata di Ubud yang menarik dan terkenal. Memasuki area Ubud seperti melihat miniatur pulau Bali. Peradaban Bali berupa akulturasi Bali Kuno dan budaya setelahnya melahirkan cipta rasa seni dan budaya yang begitu sempurna.

Tidak salah Ubud menjadi primadona wisatawan yang mencari objek wisata budaya di Gianyar, Bali. Ubud merupakan tempat aneka museum di Bali, terutama museum tentang seni dan budaya. Disini bisa dengan mudah ditemukan museum, baik museum lukisan, museum batik, museum ukir dan museum lainnya. Ada tiga objek wisata utama di Ubud yang wajib dikunjungi yaitu Monkey Forest, Pasar Ubud, dan Puri Ubud yaitu keraton kerajaan Ubud.

Ubud juga kaya akan wisata alam yang indah mempesona. Gak percaya? Coba saja datang ke Tegalalang, yaitu obyek wisata alam berupa pemandangan teras sawah yang bertingkat-tingkat. Tegalalang merupakan sentra kerajanan kayu dan kaca. Anda bisa berburu handicarft disini. Selain itu di Ubud juga ada sungai yang dijadikan obyek wisata Tirta seperti rafting dan canon tubing yaitu sungai Ayung.

2. Bali Elephant Safari Park

Taro Elephant Safari Park Ubud

Ilustrasi Taro Elephant Safari Park Ubud (Foto : balitridatuvacation.com)

Bali Elephant Safari Park atau Taman Gajah Taro merupakan tempat wisata di Gianyar yang secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata pada tahun 2000 setelah tiga tahun pembangunan. Objek wisata Gianyar ini berupa taman gajah terbesar di Bali yang memenuhi Standar Internasional untuk perawatan hewan dengan luas lebih dari 2 hektar taman wisata alam yang eksotis, dikelilingi oleh hutan nasional.

Berkunjung ke Taman Gajah adalah suatu keharusan bagi setiap wisatawan yang berlibur ke Bali. Mungkin Anda mengira menunggangi gajah, bermain, memeluk gajah adalah hal yang menakutkan. Tapi tidak di Bali Elephant Safari Park. Anda dan keluarga akan sangat aman bermain bersama gajah, bahkan untuk bayi sekalipun.

Dengan instruktur gajah yang profesional, Anda dapat bermain dekat dengan hewan-hewan yang luar biasa dalam suasana taman tropis yang indah. Melihat gajah mandi di kolam, melukis, Anda bisa memberi mereka makan dengan tangan, menyentuh mereka, mengambil foto dengan mereka, kemudian belajar lebih lanjut tentang nenek moyang gajah dan keragaman mereka di museum sejarah gajah.

3. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park (Foto : balisafarimarinepark.com)

Ini dia obyek wisata di Gianyar yang direkomendasikan untuk di kunjungi bagi Anda yang berlibur bersama anak-anak dan keluarga. Sama pasangan juga oke banget apalagi sambil dinner di Tsavo restorannya, makan malam ditemani binatang liar. Bali Safari & Marine Park, sebuah kebun binatang yang menjadi konservasi beraneka ragam satwa Indonesia dan belahan dunia lainnya serta sebagai pusat budaya Bali.

Tempat wisata di Bali yang menarik ini memiliki koleksi 500 spesies hewan seperti satwa langka yang menjadi kebanggaan Indonesia antara lain, Jalak Putih, Burung Hantu, Babi Rusa, Buaya, Tapir, Gajah Sumatra, Rusa Timor, Beruang Madu, Harimau Sumatera.

Sedangkan Satwa langka yang menjadi kebanggaan bagi India yaitu , Rusa Tutul, Beruang Himalaya, Nilgai, Black Buck. Serta tak kalah menarik satwa langka yang menjadi kebanggan bagi Afrika yaitu Kuda Nil, Grevy Zebra, Onta Punuk Satu, Burung Unta, Babbon, Blue Wildebeest, dan Singa.

Secara keseluruhan, berbagai fasilitas berkelas international yang berada di dalam kawasan ini seperti arena bermain Water Park, Toko Souvenir , Theater , Restaurant , Animal Riding, Safari Journey, Fun Zone, Mara River Hotel Lounge serta pelayanan ramah para staff ahli yang profesional di bidangnya dapat menjadikan Bali Safari & Marine Park sebagai pilihan tempat wisata di Bali untuk anak dan keluarga.

4. Bali Bird Park & Reptile Park

Bali-Bird-&-Reptile-Park

Bali Bird & Reptile Park (Foto : bali-bird-park.com)

Obyek wisata Gianyar ini terletak di desa Singapadu, Gianyar. Sekitar 1 jam berkendara dari Kuta. Dengan luas 2 hektar, Taman burung (Bali Bird Park) memiliki lebih dari 1000 burung dari 250 spesies langka dari seluruh dunia. Tak heran jika tempat ini termasuk dalam daftar tempat wisata anak di Bali yang direkomendasikan.

Sedangkan Reptile Park berada disebelah Taman Burung. Berada dalam satu management dan dijual dalam satu paket atraksi wisata. Taman Reptil memiliki lebih dari 200 satwa dari 50 spesies dari seluruh dunia seperti iguana dari Amerika selatan, berbagai jenis kura-kura, ular Cobra, ular ganas (viper), hingga jenis kadal lidah biru.

Wisatawan bukan hanya bisa menikmati pesona burung-burung yang ada, melainkan dapat pula melihat pengembangbiakan burung sejak dari telur sampai menetas, saat-saat burung diberi makan, bahkan berfoto bersama sejumlah burung eksotis di tempat itu. Taman burung ini juga dilengkapi dengan restoran, kafe, dan toko yang menjual berbagai cenderamata yang berkaitan dengan burung.

5. Bali Zoo Park (Kebun Binatang Bali)

Bali Zoo Park

Bali Zoo Park (Foto : getaways.groupon.sg)

Bali Zoo Park atau Kebun Binatang Bali terletak di Desa Singapadu, Gianyar, kurang lebih 6 kilometer dari kota Denpasar atau 30 menit perjalanan dari Kuta. Memiliki luas kurang lebih 12 hektar dan koleksi hewan yang cukup lengkap, tentu kebun binatang ini pantas anda kunjungi bersama keluarga maupun rombongan.

Disini anak-anak bisa mengenal secara langsung berbagai jenis binatang seperti harimau sumatra, harimau putih, singa, babi rusa, menjangan, oramg utan, komodo, buaya, iguana,kura – kura, ular, jalak putih, kasuari, merak dan banyak lagi yang lainnya. Pas banget buat tempat liburan akhir pekan di Bali.

Berdiri sejak tahun 2002, Bali Zoo Park menjadi kebun binatang pertama yang ada di Bali. Tempat wisata di Gianyar Bali ini mempunyai koleksi lebih dari 350 spesies reptil, mamalia dan unggas dan beberapa adalah binatang binatang langka dari dalam dan luar negeri. Bali Zoo Park sangat cocok sebagai objek wisata anak dan keluarga di Bali.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Di Bali Terbaru Yang Paling Bagus

6. Goa Gajah

Goa-Gajah

Pintu Masuk Goa Gajah (Foto : bali-indonesia.com)

Tempat wisata di Gianyar selanjutnya adalah Goa Gajah. Mengunjungi Pura Goa Gajah seakan-akan Anda akan diajak masuk ke beberapa ratus tahun yang lampau dimasa jaman kerajaan Bali Kuno dimana agama Hindu dan Buddha hidup rukun berdampingan. Hal ini jelas tergambar pada bagian-bagian Pura yang masih tersisa.

Pura Goa Gajah terletak di Desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh kabupaten Gianyar. Jaraknya sekitar 26 Km dari Denpasar atau 40 Km dari Kuta, 5 Km dari Ubud dan sangat mudah dijangkau karena berada di jalur utama Denpasar–Tampaksiring. Berada di aliran sungai Petanu dengan hamparan sawah yang indah.

Di pelataran Pura Goa Gajah terdapat Petirtaan kuno dengan ukuran 12 x 23 Meter, terbagi atas tiga bilik. Dibilik utara terdapat 3 buah Arca Pancuran dan di bilik Selatan ada 3 buah Arca Pancuran pula, sedangkan di bilik tengah hanya terdapat apik arca.

Di sekitar goa juga terdapat kolam pertitaan dengan tujuh patung widyadara-widyadari yang sedang memegang air suci. Konon ketujuh pancuran ini sebagai perlambang tujuh sungai penting yang sangat dihormati di India.

7. Pantai Lebih Gianyar

Pantai Lebih Gianyar Bali

Pantai Lebih Gianyar Bali (Foto : Kompas/ Riza Fathoni)

Pantai Lebih adalah satu objek wisata pantai di kabupaten Gianyar. Pantai yang berpasir hitam ini menawarkan suasana yang tenang dengan pemandangan ke laut lepas, dan jika cuaca bagus, Anda bisa melihat pulau Nusa Lembongan. Disini Anda akan menemukan banyak perahu nelayan bersandar, seperti suasana di Pantai Amed.

Yang paling menarik dari tempat wisata di Gianyar ini adalah adanya banyak warung makan lesehan di pinggir pantai. Semua warung makan ini menawarkan menu yang hampir sama seperti nasi sela (nasi campur ubi jalar), bakso ikan, sup kepala ikan, sate languan (sate ikan laut), sayur plecing kangkung dan pepes ikan. Semua menu makanan disini kemungkinan besar halal, karena berasal dari ikan yang ditangkap oleh nelayan-nelayan pantai Lebih.

8. Desa Celuk

Desa Celuk Bali

Desa Celuk Bali (Foto : lotusbalitour.com)

Salah satu desa di Bali yang menjadi sentra pengrajin emas dan perak yaitu Desa Celuk. Desa ini menjadi destinasi wisata di Gianyar Bali yang wajib dikunjungi walau sekedar melihat-lihat pengrajin membuat produk perak dan emas.

Desa Celuk terletak sekitar 10 km dari Denpasar dan dekat dengan Sukawati dan masuk dalam kecamatan Sukawati, Gianyar. Hampir 90% penduduknya adalah pengrajin cinderamata dan perhiasan seperti anting, gelang, cincin dari perak dan emas. Tak ada salahnya Anda membeli perhiasan disini sebagai oleh-oleh khas Bali selain makanan untuk keluarga di rumah.

Biasanya mengunjungi Celuk sudah masuk dalam paket perjalanan Kintamani Sukawati Tour, dan ada juga yang menggabungkan dalam paket Ubud Tour. Anda bisa memilih paket yang mana saja yang ingin Anda ikuti. Jika Anda mampir ke Celuk, dan tertarik membeli salah satunya, pastikan harganya dalam rupiah, karena hampir semua toko memberi label harga dalam US Dollar.

9. Pura Tirta Empul & Istana Tampaksiring

Istana Tampak Siring

Istana Tampak Siring (Foto : risnawatime12.blogspot.com)

Kedua tempat wisata di Gianyar ini tidak dapat dipisahkan, karena lokasi yang berdampingan dan sejarah Tapaksiring pun berawal dari keberadaan situs pemandian Tirta Empul. Istana Tampaksiring sendiri tidak dibuka untuk umum, tetapi bisa Anda lihat dari Pura Tirta Empul.

Komplek Pura Tirta Empul merupakan salah satu Pura Kuno peninggalan zaman pemerintahan Raja Sri Candrabhaya Singha Warmadewa, dan hal ini dapat diketahui dari adanya sebuah piagam batu yang terdapat di Desa Manukaya yang memuat tulisan dan angka yang menyebutkan bahwa permandian Tirta Empul dibangun pada Sasih Kapat tahun Icaka 884, sekitar Oktober tahun 962 Masehi.

Berada tepat diatas Pura Tirta Empul, Istana Tampaksiring merupakan salah satu Istana Kepresidenan yang dibangun pada masa Presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Pintu masuk Istana berada disebelah barat, yaitu di Jalan utama Jalan Astina. Sejarah Istana Tampaksiring berawal ketika Presiden Soekarno menginginkan adanya tempat peristirahatan yang hawanya sejuk jauh dari keramaian kota, cocok bagi Presiden Republik Indonesia beserta keluarga maupun bagi tamu-tamu negara.

10. Pasar Seni Sukawati

Pasar Sukawati

Pasar Sukawati (Foto : skhtravel.com)

Berlibur ke Bali belum lengkap rasanya kalau belum membeli oleh-oleh khas Bali. Sentra oleh-oleh murah khas Bali tentunya terpusat di Pasar Seni Sukawati. Walaupun pasar Sukawati sudah di perbesar, tetapi karena pengunjung yang sangat ramai, Anda harus rela tetap akan berdesak-desakan disini. Masalah harga, tentunya lebih murah dari toko-toko pinggir jalan, apalagi Anda pintar menawar, pasti mendapatkan harga jauh lebih murah.

Karena wisatawan terpusat di Pasar Seni Sukawati dan padatnya arus lalu lintas menuju Sukawati, maka kini dibangun Pasar Seni Baru terletak di selatan Pasar Sukawati, yaitu pasar Seni Guwang. Pasar ini menjadi alternatif bagi rombongan wisatawan yang menggunakan bus, karena parkir yang luas dan pasar yang lebih besar, jadinya anda akan lebih leluasa berbelanja disini. Kalau harga tentunya sama dengan di Pasar Sukawati. Pinter-pinter Anda menawar lah.

Nah, itu dia sobat traveler aneka wisata Gianyar Bali yang menarik, asik, dan seru. Jangan lupa catet ya! Sayang banget lho kalau melewatkan objek wisata tersebut ketika liburan di Bali. Oya, bagi Anda yang punya info tempat wisata di Gianyar yang menarik dan terkenal lainnya bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>