Home » Wisata Asia » 10 Museum Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

10 Museum Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Museum Di Jogja – Selain candi, Anda juga bisa mengunjungi aneka museum di Jogja. Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja memang dikenal dengan wisata budaya dan sejarahnya. Seperti tidak ada habisnya Jogja memanjakan para wisatawan. Mulai dari pantai, gunung, candi, dan museum tersedia di kota yang kaya akan budayanya ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 10 museum di Jogja yang wajib dikunjungi dan asyik untuk liburan bersama keluarga dan teman di Kota Pelajar ini.

1. Museum Affandi

Museum Affandi adalah salah satu museum di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : universes-in-universe.org)

Museum Affandi adalah salah satu museum di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : universes-in-universe.org)

Museum di Jogja yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Affandi. Museum ini merupakan rumah koleksi sang maestro seni lukis, Affandi. Lokasinya terletak di Jalan Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta. Di museum ini terpajang rapi lukisan hasil karya di sepanjang hidupnya. Museum yang sangat sejuk ini tadinya merupakan tempat Affandi tinggal dan di sini juga tempat ia disemayamkan.

2. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monumen Jogja Kembali (Monjali) adalah salah satu museum di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)

Monumen Jogja Kembali (Monjali) adalah salah satu museum di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)

Museum di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Monumen Jogja Kembali. Museum ini terletak di Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Monumen berbentuk gunung ini merupakan museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Monjali terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Di pintu masuk, terdapat 422 nama pahlawan yang gugur saat membela negara.

Di sana juga tersusun rapi replika, foto, dokumen, berbagai jenis senjata, hingga bentuk replika dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Tidak ketinggalan, tandu dan dokar yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman. Di sana terdapat taman yang biasa dijadikan tempat berkumpul muda-mudi saat sore hari. Asyiknya, saat perayaan Imlek, taman di Monjali akan disulap menjadi taman lampion yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>