Home » Wisata Asia » 10 Aktivitas Wisata Di Bali Yang Gratis Dan Menarik

10 Aktivitas Wisata Di Bali Yang Gratis Dan Menarik

Aktivitas Wisata Di Bali – Ini dia aneka aktivitas wisata di Bali yang gratis, murah, dan menarik. Wisata Bali tentu saja menjadi incaran para wisatawan saat liburan. Banyak aktivitas wisata menarik di Bali yang dapat dilakukan wisatawan, dari alam sampai budaya. Tapi jangan kira Anda harus merogoh kocek dalam-dalam saat liburan ke Bali. Ada segudang aktivitas yang bisa Anda lakukan saat wisata di Bali.

Alamnya yang cantik memungkinkan wisatawan untuk menikmati deretan pantai, mendaki gunung, rafting, serta berperahu di danau. Budaya yang kental membuat turis bisa menyaksikan aneka ritual mulai dari ngaben, sampai pawai ogoh-ogoh yang berlangsung sebelum Hari Raya Nyepi.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari wisata Bali murah bahkan gratis, simak daftar wisata gratis di Bali berikut. Setidaknya ada 10 aktivitas wisata yang bisa dilakukan gratis selama berada di Pulau Dewata Bali. Apa saja kira-kira? Yuk, simak rekomendasi aktivitas wisata di Bali gratis dan menarik yang dilansir dari detikTravel dan berbagai sumber blog wisata/traveling.

Daftar Aktivitas Wisata Di Bali Yang Gratis Dan Menarik

1. Menikmati Aneka Pantai Terindah Di Bali

Pantai Kuta

Pantai Kuta (Foto : bali-indonesia.com)

Aktivitas wisata di Bali yang gratis dan menarik pertama kali tentu saja menikmati deretan pantai cantik di Pulau Bali. Bali identik dengan pantai, dua pantai yang paling terkenal adalah Kuta dan Sanur. Namun selain itu, masih banyak pantai indah di Bali lainnya yang bisa Anda nikmati secara gratis.

Pantai Padang-padang, Dreamland, Pandawa, Amed, sampai Pantai Geger dan Pantai Jerman yang jarang didatangi turis. Di pantai-pantai ramai seperti Kuta dan Seminyak, traveler bisa menikmati hingar bingar kehidupan malam sampai pagi buta!

2. Atraksi Seni & Ritual Adat

Melasti di Tanah Lot

Melasti di Tanah Lot (Foto : kabarnusa.com)

Saat berkunjung ke Bali, pastikan Anda mendatangi pura yang tersebar di seantero pulau. Selain melihat kecantikan pura, siapa tahu sedang digelar atraksi seni atau ritual adat. Menikmati aneka atraksi seni dan ritual adat termasuk salah satu aktivitas wisata di Bali yang gratis dan menarik.

Ritual keagamaan biasa digelar saat pernikahan, pemakaman, juga kelahiran bayi. Di beberapa pura besar seperti Tanah Lot, jika beruntung traveler bisa melihat ritual keagamaan yang lebih besar termasuk atraksi seni tari. Ingat ya, ini bagi umat hindu, kalau Anda umat muslim sebaiknya tidak usah menghadiri kegiatan ritual adat ini.

Selain pura, banyak hotel dan resor di Bali yang menyajikan tarian khas Bali sebagai hiburan bagi wisatawan. Pertunjukan ini biasa digelar saat makan malam.

3. Melihat Pembuatan Kerajinan Lokal

Desa Celuk Bali

Desa Celuk Bali (Foto : lotusbalitour.com)

Di jalan antara Sanur sampai Ubud, terdapat beberapa desa yang identik dengan karya seni tertentu. Anda bisa mengunjungi beberapa industri rumahan kecil dan berinteraksi langsung dengan warga lokal.

Desa Batuan misalnya, terkenal oleh kerajinan pahat batunya. Desa ini juga punya beberapa pabrik batik yang bisa dikunjungi wisatawan secara gratis.

Anda juga bisa mengunjungi Desa Celuk, yang terkenal oleh kerajinan perhiasan peraknya. Anda juga bisa mengunjungi Desa Mas yang terkenal oleh kerajinan topeng kayunya. Aktivitas wisata di Bali yang satu ini tentunya gratis, tanpa tiket masuk.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Di Bali Terbaru Yang Paling Bagus

4. Menikmati Sunrise & Sunset

Sun-Set-Pantai-Kuta

Ilustrasi sun set di Pantai Kuta (Foto : water-sport-bali.com)

Dikaruniai deretan pantai cantik, tak lengkap rasanya jika belum menikmati sunrise dan sunset cantik Pulau Dewata. Banyak pantai untuk menikmati sunrise dan sunset, namun pastikan Anda tiba sebelum matahari terbit atau tenggelam.

Sanur disebut-sebut sebagai pantai terbaik untuk melihat sunrise. Selain itu sunrise cantik juga bisa dilihat dari Pantai Nusa Dua, Pantai Tanjung Benoa, dan Pantai Amed.

Sementara untuk sunset, Pantai Kuta adalah yang paling ikonik. Traveler juga bisa menikmati sunset cantik di Uluwatu, Tanah Lot, Jimbaran, dan Seminyak. Tentunya aktivitas wisata di Bali ini gratis!

5. Trekking di Bukit Campuhan

Bukit Campuhan

Trekking di Bukit Campuhan (Foto : bali-indonesia.com)

Bukit Campuhan terletak di Desa Campuhan, Ubud. Bukit ini punya pemandangan luar biasa indah. Terlebih lagi, terdapat jalur trekking sekitar 1-2 kilometer melewati lanskap yang indah. Trekking di Bukit Campuhan termasuk salah satu aktivitas wisata di Ubud Bali yang menarik dan cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Tak dipungut biaya untuk naik ke Bukit Campuhan. Begitu tiba di atas bukit, lanskap hijau terbentang di depan mata. Udaranya sejuk dan bersih. Kawasan ini terbilang luas, sekitar 10 hektar, sehingga Anda bisa berfoto sepuasnya.

6. Window Shopping Di Seminyak

Seminyak Square

Seminyak Square (Foto : expedia.com)

Aktivitas wisata di Bali yang satu ini pas banget untuk para shoppa holic. Kawasan Seminyak terkenal oleh deretan toko dan butik cantik. Toko-toko ini menjual aneka barang, mulai dari pakaian sampai alas kaki. Banyak toko yang asli Bali, ada juga yang menjual merk luar negeri. Anda dengan mudah bisa menemukannya di sepanjang area Seminyak.

Harga barang di toko-toko ini cenderung mahal memang, dibandingkan pasar suvenir seperti Sukowati. Namun, tak ada salahnya berjalan kaki dan window shopping di kawasan ini. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk window shopping. Setelahnya, Anda bisa menikmati sunset cantik di pantai Seminyak.

7. Menikmati Lukisan Di Deretan Galeri Ubud

Museum Neka Ubud

Museum Neka Ubud (Foto : expedia.com.au)

Bagi Anda pecinta seni, wajib melakukan aktivitas wisata di Bali yang satu ini. Ubud tak hanya terkenal oleh pesawahan hijau dan udara yang sejuk. Wilayah Ubud merupakan jantung seni dari Pulau Dewata. Di sini, banyak terdapat galeri seni yang memajang karya-karya seniman terkenal.

Banyak galeri seni di Ubud yang bisa dimasuki secara gratis. Ada pula beberapa museum milik pribadi, yang bisa dimasuki tanpa harus membeli tiket. Dua di antaranya adalah Neka Art Museum dan Don Antonio Blanco Museum.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Di Bali Selatan Yang Terkenal Dan Menarik

8. Melihat Upacara Adat

Pawai ogoh-ogoh Bali

Pawai ogoh-ogoh Bali (Foto : tribunnews.com)

Sepanjang tahun, beberapa upacara adat besar digelar di Pulau Dewata. Selain upacara pembakaran mayat yakni Ngaben, ada beberapa upacara adat yang bisa dilihat wisatawan. Melihat Upacara Adat termasuk salah satu aktivitas wisata di Bali yang gratis dan menarik bagi umat hindu.

Pawai ogoh-ogoh misalnya, digelar malam sebelum Hari Raya Nyepi. Pawai ogoh-ogoh digelar di tiap wilayah Pulau Dewata, dari Kuta sampai Kintamani dan Singaraja. Satu hari sebelum Nyepi pula, traveler juga bisa melihat upacara Melasti yakni sembahyang pelepasan sesajen di pinggir pantai. Ingat ya, ini bagi umat hindu, kalau Anda umat muslim sebaiknya tidak usah menghadiri kegiatan ini.

9. Bungee Jumping

Bungee Jumping di Bali

Bungee Jumping di Bali (Foto : terraceatkuta.com)

Ini dia wisata ekstrem di Bali, Bungee Jumping. Saat liburan ke Bali, coba luangkan waktu Anda dengan melakukan olahraga memicu adrenalin, seperti bungee jumping. Di sini, Anda akan dilempar dari ketinggian 45 meter. Wow!

Namun, bagi Anda yang takut dan tidak cukup budget mengingat bungee jumping cukup mahal, Anda bisa menonton orang yang sedang bungee jumping secara gratis. Pergilah ke pantai seminyak, disini ada Bali Bungy yang berlokasi di depan night club Double Six. Anda juga bisa mengunjungi A. J Hackett Bungy di jalan Arjuna Seminyak, Bali.

Waktu yang asik dan pas untuk melihat Bungee Jumping ini adalah ketika sore hari menjelang matahari terbenam. Pada sore hari, pesona sunset akan menjadi latar yang cantik saat wisatawan melakukan bungee jumping. Penasaran bukan? Catet jangan sampai melewatkan aktivitas wisata di Bali yang satu ini.

10. Melihat Warna-Warni Perahu Layar Di Pantai Amed

Perahu Layar Di Pantai Amed

Perahu Layar Di Pantai Amed (Image : sonofmountmalang.wordpress.com)

Amed adalah salah satu dari beberapa tempat yang tersisa di Bali di mana penduduk setempat benar-benar menggunakan kapal layar indah berwarna warni yang biasa dikenal sebagai jukung. Jika di Sanur Anda hanya dapat melihat perahu-perahu kecil diparkir di pantai, maka lain halnya dengan pantai Amed, Anda akan bisa melihat nelayan setempat benar-benar menggunakan perahu mereka sehari-hari untuk memancing.

Di sepanjang pantai Amed ini, Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari cakrawala berbintik dengan kilatan terang dari layar warna-warni kapal nelayan. Datanglah ke pantai Amed sekitar bulan Agustus hingga Oktober, maka Anda akan melihat kapal layar di laut dalam jumlah yang banyak.

Bagaimana sobat traveler? Cukup banyak bukan aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Bali secara gratis? Liburan ke Bali tak harus mahal, banyak alternatif tempat wisata di Bali yang murah bahkan gratis, tanpa dipungut tiket masuk. Oya, bagi Anda yang punya info aktivitas wisata di Bali yang gratis, murah, dan menarik lainnya dapat berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>